Sponsor LINK

alasan kenapa saya ambil jurusan bahasa Indonesia

Saya mahasiswa tahun ke-4 di Tokyo University of Foreign Studies dan mengambil jurusan Bahasa Indonesia. Saya sendiri tertarik akan bidang internasional, makanya berpikiran untuk belajar bahasa baru di Universitas, alasan memilih bahasa Indonesia sendiri karena saya pikir Indonesia memiliki potensi yang baik di bidang ekonomi, baik dilihat secara populasi penduduk maupun jumlah generasi muda pekerja.

Alasan tambahannya karena di Indonesia ada Sister Group AKB48 yaitu JKT48. Selama setahun belajar di Universitas di Yogyakarta sebagai pelajar asing, saya berkali-kali pergi ke Teater JKT48 di Jakarta. Saya juga suka penyanyi Indonesia lainnya seperti Tulus, Andmesh dan lainnya. Kalau makanan Indonesia, saya suka Nasi Uduk, Nasi Kuning, Nasi Rawon, Tumis Kangkung, Tempe Goreng, Ubi Goreng, Soto Ayam dan masih banyak lagi.

pengalaman saya di indonesia

Saya pertama kali datang ke Indonesia saat tahun pertama di Universitas, waktu itu saya ikut volunteer di salah satu panti asuhan di Bali. Walaupun latar belakang mereka sulit, mereka terlihat semangat dan saya mendapatkan energi yang besar dari anak-anak ini.
profile02Waktu itu saya menyadari kalau bahasa Indonesia saya masih sangat rendah, ini jadi motivasi buat belajar bahasa Indonesia. Saya juga terkesan dengan Bali yang punya banyak keindahan pariwisata.
profile03Musim panas tahun ke-2 di Universitas, saya tur backpacking bersama teman ke 5 Negara,Vietnam, Kamboja, Thailand, Malaysia dan Indonesia. Selama tur saya menikmatinya dengan sudut pandang yang sama dengan penduduk lokal bukan sebagai turis. Saya bisa merasakan keunikan negara-negara Asia Tenggara yang mungkin tidak bisa dirasakan ketika berada di Jepang.

Pertama kali sampai di Pulau jawa, kami berkeliling ke 5 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Malang. Ada yang membuat terkejut, yaitu mereka punya kepercayaan dan budaya yang berbeda dengan Bali, bukan hanya itu, meskipun satu negara mereka memiliki banyak perbedaan bahasa, budaya, agama, suku dan sebagainya, hal ini membuat saya semakin tertarik dengan Indonesia.

Dari pengalaman saat tingkat 1 dan 2, saya semakin ingin mengetahui tentang Indonesia dan memutuskan untuk belajar di Indonesia. Kurang lebih selama 1 tahun dari Agustus 2018 sampai Juli 2019 saya berkesempatan belajar di Jurusan Pariwisata Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gajah Mada di Yogyakarta. Saya berteman akrab dengan teman-teman Indonesia tapi sedikit bingung dengan bahasa Jawa dan tidak mengalami kemajuan.

Hampir 90% orang Indonesia adalah muslim, kebanyakan teman saya beragama Islam, tetapi tidak sedikit juga yang beragama Kristen. Saya juga mengikuti berbagai macam acara keagamaan sehingga saya bisa banyak mempelajari cara hidup dan berpikir mereka dengan mendengarkan perbincangan mereka yang memiliki perbedaan pandangan.

Puasa : Saya berkali-kali mencoba puasa dan berbuka dengan teman-teman Indonesia. Setelah puasa selesai ada Idul Fitri di mana kita berkunjung ke rumah teman. Saya juga pernah ikut Shalat Subuh dan bisa merasakan kekuatan agama ini.
profile07Acara Agama Kristen : Saya mengikuti acara Paskah dan Misa Mingguan. Di sini saya bisa mempelajari cara berpikir orang-orang Kristen yang hidup di Negara yang mayoritas Muslim.
profile08Di Jurusan Pariwisata, saya juga belajar bahasa Indonesia sebagai bagian dari Perkuliahan Dasar Jurusan Pariwisata bersama dengan mahasiswa setempat. Saya mulai tertarik dengan Industri Pariwisata karena pernah magang di salah satu perusahaan Star-Up Pariwisata di Jepang. Dengan benar-benar mempelajari pariwisata dan berkeliling ke berbagai tempat di Indonesia, saya merasakan Indonesia memiliki beberapa masalah tetapi juga potensi yang sangat besar di bidang pariwisata.

Kota-kota yang sudah saya kunjungi selama di Indonesia

  • Pulau Jawa : Jakarta, bandung, Yogyakarta, Cirebon, Dieng, Semarang, Solo, Boyolali, Kediri,
  • Surabaya, Malang, Banyuwangi
  • Pulau Sumatera : Pekanbaru, Bukit Tinggi, Padang Panjang, Padang
  • Pulau Sulawesi : Manado, Tomohon
  • Pulau Kalimantan : Bontang, Samarinda, Balikpapan
  • Pulau Bali, Nusa Lembongan, Raja Ampat – Papua

Pemandangan Malam Yogyakarta

Sumatera Barat

Pulau Kalimantan, Pemandangan di Pelabuhan Bontang

Pulau Sulawesi, Tomohon

Nusa Lembongan

Raja Ampat, Papua (1)

Raja Ampat, Papua (2)

cita-cita saya di masa depan

Selama satu tahun belajar, saya bisa memahami keindahan Indonesia dan di saat bersamaan saya bisa semakin fokus terhadap tujuan saya mempelajari hal ini. Setelah memahami Indonesia lebih dalam yang tidak bisa saya dapatkan saat tur pendek, saya semakin tertarik kepada Indonesia dan berharap di kemudian hari pun saya berharap bisa mendapatkan pekerjaan yang berhubungan dengan Indonesia. Saat ini, saya sedang mencari jalan tersebut. Saya memperdalam bidang yang saya minati ini melalui pembelajaran pariwisata dan ekonomi digital.


[instagram-feed]