Apa Itu JLPT N3?

Japanese Language Proficiency Test, atau biasa disingkat dengan JLPT merupakan ujian untuk mengukur kemampuan bahasa Jepang penutur asing. JLPT diselenggarakan oleh Japan Foundation dan Japan Educational Exchanges and Services secara berkala setiap tahunnya. Ujian JLPT terdiri dari lima tingkatan, yaitu dari yang terendah (level N5) hingga yang tertinggi (level N1).

Ujian JLPT N3 tergolong sebagai level menengah, dan tentunya merupakan level yang lebih sulit dari N4. Peserta ujian JLPT N3 ini diharapkan telah menguasai sekitar 3.500 kosakata bahasa Jepang, sekitar 700 huruf kanji, dan pernah belajar bahasa Jepang selama kurang lebih 500 jam.

Kapan Waktu Tes dan Masa Pendaftarannya?

Ujian JLPT diadakan dua kali dalam setahun, yaitu hari pada minggu pertama bulan Juli dan Desember.

Untuk tes di Indonesia, pendaftaran tes biasanya dilakukan pada Maret-April untuk ujian bulan Juli, dan pada bulan Agustus-September untuk ujian bulan Desember. Pendaftaran dilakukan secara online pada situs resmi jlptonline.or.id.

Ketika melakukan pendaftaran secara online, biasanya kalian perlu menyiapkan identitas, foto, dan scan bukti pembayaran yang berisikan nama lengkap serta level tes JLPT yang akan diambil. Kalian juga harus mencetak kartu ujian JLPT, karena itu perlu ditunjukkan saat mengikuti ujian. Catat tanggal pentingnya dengan rajin melihat situs resminya, ya!

Di Mana Lokasi JLPT di Indonesia?

Ujian JLPT diselenggarakan di berbagai negara di dunia. Ada sebanyak 75 negara penyelenggara tes ini hingga tahun 2019. JLPT juga tentunya diadakan di setiap prefektur di Jepang.

Ujian JLPT di Indonesia hanya diadakan di beberapa daerah, seperti:

  • Bulan Juli dan Desember: Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Medan, dan Padang
  • Hanya Bulan Juli: Semarang dan Makassar
  • Hanya Bulan Desember: Yogyakarta, Denpasar, Palembang, dan Manado

Karena ujian JLPT tidak diadakan di setiap kota di Indonesia, silakan pilih lokasi ujian yang diinginkan ya!

Berapa Biaya Tes JLPT N3?

Biaya pendaftaran ujian JLPT di Indonesia berbeda tergantung level ujian yang diambil. Dilihat dari informasi terbaru, biaya ujian JLPT N3 adalah Rp170.000. Setuju tidak bahwa ujian JLPT lebih murah dibandingkan ujian bahasa asing lainnya?

Akan tetapi, sekadar informasi bahwa seandainya ingin mengikuti ujian JLPT di Jepang, biaya yang diperlukan untuk setiap level ujian sama, yaitu 5.000 yen (sekitar 665.000 rupiah).

Sesi dan Durasi JLPT N3

Terdapat tiga sesi dalam JLPT N3, yaitu:

  • Kosakata dan Kanji (moji&goi) dengan durasi tes 30 menit
  • Tata Bahasa dan Membaca (bunpou&dokkai) dengan durasi tes 70 menit
  • Mendengarkan (choukai) dengan durasi tes 40 menit

Tentunya, dibandingkan ujian JLPT N5 maupun N4, ujian JLPT N3 memiliki durasi waktu yang lebih lama. Untuk itu, peserta harus bisa terus menjaga konsentrasi selama ujian berlangsung ya. Jangan khawatir, karena akan ada waktu istirahat ya!

Syarat Lulus Skor Minimal JLPT N3

Skor minimal yang diperlukan untuk bisa dianggap lulus ujian JLPT berbeda antara setiap levelnya. Skor minimal yang harus didapat agar bisa dinyatakan lulus JLPT N3 adalah 95 dari total skor 180.

Selain bisa memenuhi nilai tersebut, perlu diperhatikan juga bahwa setiap sesi ujian juga memiliki standar kelulusan. Jika salah satu sesi mendapat skor di bawah syarat kelulusan, peserta ujian akan dianggap tidak lulus. Untuk ujian JLPT N3, standar kelulusan dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • sesi kosakata dan kanji: minimal 19 dari total skor 60
  • sesi tata bahasa dan membaca: minimal 19 dari total skor 60
  • sesi mendengarkan: minimal 19 dari total skor 60

Apakah menurut kalian standar kelulusannya tinggi? Sebenarnya tidak terlalu tinggi ya, karena jika bisa menjawab 55% dari total soal, kalian bisa lulus, kan?!

Hal yang Mungkin Mudah dan Susah pada JLPT N3

Ujian JLPT N3 akan jauh lebih sulit dibandingkan dengan ujian JLPT N4. Pada ujian JLPT N3, ada banyak bagian yang mungkin dianggap mudah dan sebaliknya mungkin sulit.

Seluruh soal sesi ujian, baik dari sesi kosakata, kanji, tata bahasa, membaca, dan mendengarkan, akan lebih beragam dan sulit dibandingkan level dasar (N5 dan N4). Jika bisa lulus JLPT N4 dengan nilai yang terlalu dekat dengan standar kelulusan, ada baiknya jika kalian benar-benar mempersiapkan diri lebih baik dengan meluangkan waktu untuk belajar bahasa Jepang lebih banyak lagi.

Menurut salah seorang peserta tes JLPT N3 tahun 2016, hal yang mungkin masih terasa mudah adalah pada sesi mendengarkan. Dalam artian, jika bisa menjawab soal sesi mendengarkan pada ujian JLPT N4 dengan sangat baik, kemungkinan besar peserta tidak akan kesulitan untuk menjawab sesi mendengarkan ujian JLPT N3. Namun, hal yang mungkin sulit adalah pada sesi selain mendengarkan. Dari soal kanji hingga bagian membaca, semuanya jauh lebih rumit daripada soal N4, sehingga peserta sebaiknya perlu untuk berlatih lebih giat lagi dibandingkan saat persiapan N5 maupun N4.

Bagian yang mudah dan sulit itu tentu tergantung setiap peserta ujian, ya! Jika kalian merupakan pembelajar bahasa Jepang yang jago dalam hal mendengarkan, kalian pasti tidak akan kesulitan untuk menjawab soal sesi tersebut untuk level berapa pun, demikian pula sebaliknya.

Contoh Latihan Soal dan Kiat-Kiat Lulus JLPT N3

Berikut ini akan dijelaskan gambaran mengenai level soal yang mungkin akan muncul pada ujian JLPT N3. Perlu diingat bahwa dalam menjawab soal ujian JLPT, sebaiknya jawablah seluruh soal karena tidak ada pengurangan nilai.

Supaya bisa lulus JLPT N3 dengan nilai yang memuaskan, marilah banyak berlatih soal-soal, bahkan jika memungkinkan, ayo berlatih lebih banyak lagi dibandingkan saat melakukan persiapan tes JLPT N5 maupun N4! Berikut ini adalah beberapa contoh level JLPT N3.

Contoh Soal dan Persiapan untuk Sesi Kosakata

Contoh Soal Sesi Kosakata

Mari simak contoh soal sesi kosakata JLPT N3 berikut ini!

Contoh pertanyaan huruf kanji

Contoh 1

新しい単語を覚えるのに時間がかかります。

  1. ひとご
  2. だんご
  3. たんご
  4. ひとりご

Contoh 2

インドネシアでは交通渋滞がひどいです。

  1. じゅだい
  2. じゅたい
  3. じゅうたい
  4. じゅうだい

Contoh pertanyaan cara baca huruf kanji

Contoh 3

ヨーロッパをかんこうしたいです。

  1. 観輝
  2. 歓光
  3. 歓輝
  4. 観光

Contoh pertanyaan mencari arti serupa

Contoh 4

同じ実験をやり直した

  1. 最初からもう一度やった
  2. やるのをやめた
  3. やり方を教える
  4. やり方を探す

Contoh pertanyaan mencari kalimat yang tepat

Contoh 5

かわいがる

  1. 彼女は大事な人からもらった手紙をかわいがっています。
  2. 田中さんは娘をかわいがっています。
  3. 彼は親をかわいがっています。
  4. 山田さんはパソコンをかわいがっています。

Contoh pertanyaan mengisi kosakata

Contoh 6

昨日は_______寝ましたした。

  1. ぽっかり
  2. うっかり
  3. くっすり
  4. ぐっすり

Bagaimana teman-teman? Bisakah menjawab soal ujian JLPT N3 seperti di atas? Inilah jawaban soal di atas!

Contoh 1 adalah 3 (kanji tan’go: kosakata)

Contoh 2 adalah 3 (kanji juutai: macet)

Contoh 3 adalah 4 (dibaca kankou: berwisata)

Contoh 4 adalah 1 (yarinaoshita: mengulangi kembali)

Contoh 5 adalah 2 (kawaigaru: menyayangi, biasanya sayang dari orang tua ke anaknya)

Contoh 6 adalah 4 (gussuri: dengan nyenak)

Supaya bisa menjawab soal seperti contoh di atas, cobalah perhatikan beberapa tips di bawah ini!

Tips 1. Perbanyak Pengetahuan Kosakata

Jika kalian sudah mulai mempersiapkan diri untuk ujian JLPT N3, artinya kalian telah merasa memiliki kemampuan lebih dari level N4, bukan? Dengan kata lain, kalian mungkin sudah tidak akan kesulitan dalam mempelajari dan mengingat kosakata baru dengan cara kalian masing-masing. Namun, bagi yang biasa menghafal kosakata satu per satu, cobalah juga untuk mulai mengingat kosakata dari contoh kalimat, karena dengan itu, teman-teman tampaknya akan lebih mudah dalam memahami penggunaan kosakata tersebut. Kuncinya adalah harus tetap rutin menambah pengetahuan tentang kosakata bahasa Jepang, ya!

Tips 2. Semakin Rutin Mengingat Huruf Kanji

Menurut kalian, apakah huruf kanji menjadi hal yang paling sulit ketika belajar bahasa Jepang? Untuk kalian yang merasa seperti itu, cobalah cari cara menyenangkan untuk belajar huruf kanji, dan percayalah bahwa huruf kanji bisa dipelajari.

Bagi yang mulai mempersiapkan diri untuk tes JLPT N3, kalian tentu sudah menguasai huruf kanji level dasar, baik N5 maupun N4. Hal yang perlu dilakukan hanyalah untuk mulai belajar huruf lainnya, terutama kanji dalam level N3. Gunakan cara belajar yang paling menyenangkan menurut kalian! Ada yang mungkin senang mencatat banyak kanji, ada juga yang mungkin membiasakan diri untuk sering melihat kanji N3 melalui media internet, termasuk melalui game, YouTube, dan lain-lain. Jika sudah biasa melihat huruf kanji yang ingin diingat, kalian pasti akan semakin cepat mengingat huruf tersebut.

Tips 3. Mencari Kumpulan Kosakata JLPT N3

Kosakata JLPT N3 jauh lebih banyak dibandingkan N4. Cobalah cari tahu kumpulan kosakata N3, misalnya dengan memanfaatkan media sosial dan berbagai situs gratis di internet. Ada banyak media di internet yang memperkenalkan kosakata untuk persiapan JLPT N3, termasuk untuk latihan JLPT N3. Dengan mencari tahu batasan kosakata N3, teman-teman pasti akan bisa lebih siap dalam mengikuti ujian JLPT N3, karena dengan semakin tahu banyak kosakata, akan semakin mudah juga menjawab soal di setiap sesi tes.

Contoh Soal dan Persiapan untuk Sesi Tata Bahasa dan Membaca

Simak contoh soal berikut ini dan coba jawab semampu teman-teman!

Contoh Soal Sesi Tata Bahasa dan Membaca

Contoh pertanyaan tata bahasa

Contoh 7

このお店は男性(   )化粧品はありますか。

  1. 向きに
  2. 向けに
  3. 向けの
  4. に向けて

Contoh 8

彼は地球温暖化(    )レポートを書いています。

  1. にとって
  2. に関する
  3. によると
  4. に反して

Contoh pertanyaan tata bahasa menyusun kalimat

Contoh 9

日本酒は___ __☆_ ___ ___ですか。

  1. 高ければ
  2. ほど
  3. 美味しい
  4. 高い

Contoh pertanyaan membaca teks singkat

Contoh 10

これはA社から田中太郎さんに届いたメールです。

田中太郎様

この度は、ABCジョブフェアにおきまして当社にご興味を持っていただき、ありがとうございます。

当社では現在、2020年3月卒業の学生を対象に説明会を行っております。

当社にご興味を持っていただいた方は、まず、こちらの公式サイトより再登録をお願いいたします。

www.a-kabushiki-gaisha/saiyou/

よろしくお願いいたします。

A 株式会社

人事部採用グループ

このメールのなかの情報について、正しいのはどれか。

  1. 田中さんはABCジョブフェアにまた参加しなければならない。
  2. 田中さんはA株式会社に興味があれば公式サイトからもう一度登録しなければならない。
  3. 田中さんはABCジョブフェアに参加しなかった。
  4. 田中さんはA株式会社に興味があれば公式サイトから再登録をしてはいけない。

Apa menurut kalian soal sesi ini sulit? Berikut ini pembahasan soal di atas ya!

Contoh 7 adalah 3 (polanya adalah A muke no B: B yang dirancang untuk A, yaitu dansei muke no keshouhin: produk kecantikan untuk laki-laki)

Contoh 8 adalah 2 (ni kan suru: tentang, menulis laporan tentang pemanasan global)

Contoh 9 adalah 4 (polanya adalah takakereba takai hodo oishii: semakin mahal semakin enak)

Contoh 10 adalah 2 (pilihan yang benar dalam informasi email adalah: Tanaka harus mendaftar ulang pada situs resmi perusahaan A jika tertarik bekerja di perusahaan A)

Berikut ini kiat-kiat agar dapat menjawab soal pada sesi tata bahasa dan membaca JLPT N3!

Tips 1. Kuasai Pola Tata Bahasa JLPT N3

Bentuk tata bahasa JLPT N3 pastinya jauh lebih sulit dari tata bahasa JLPT N4. Oleh karena itu, mari belajar berbagai pola tata bahasa JLPT N3, seperti contoh berikut ini:

  1. ~ippou de: di sisi lain~
  2. ~kawari ni: sebagai pengganti~
  3. ~kesshite ~nai: tidak akan~
  4. ~kirenai: tidak habis untuk~
  5. ~muke: untuk~
  6. ~ni chigai nai: tidak salah lagi~
  7. ~ni taishite: terhadap~
  8. ~ni yoru to: menurut~
  9. ~no aida ni: saat~
  10. ~ppanashi: berbiarkan sesuatu tetap dalam keadaan~
  11. ~saichuu ni: ketika sedang~
  12. ~wake dewa nai: bukan berarti~
  13. ~wake ni wa ikanai: tidak bisa untuk~
  14. ~wari ni: meski hanya~
  15. ~wo chuushin ni: fokus pada~

dan lain-lain.

Pada artikel ini hanya tertulis sebanyak 15 jenis pola tata bahasa yang tergolong dalam level N3. Tentunya masih ada sangat banyak lagi tata bahasa dalam level ini. Untuk itu, mulai sekarang cari tahu dan pelajarilah lebih dalam lagi mengenai tata bahasa JLPT N3! Akan lebih baik jika memahami pola tata bahasa melalui contoh kalimat, karena terkadang ada beberapa tata bahasa yang memiliki arti yang mirip.  

Tips 2. Sering Membaca Teks Bahasa Jepang

Cara terbaik untuk bisa menjawab soal dalam sesi membaca adalah untuk sering membaca teks dalam bahasa Jepang, agar semakin terbiasa. Kalian bisa menemukan referensi bacaan dalam bahasa Jepang melalui berbagai media, terutama melalui internet. Dari rutin membaca teks, kalian juga bisa belajar kosakata, huruf kanji, dan tentunya pola tata bahasa Jepang, ya!

Tips 3. Saat Ujian, Baca Soal Terlebih Dahulu

Ketika ujian sedang berlangsung, bacalah soal terlebih dahulu, baru kemudian mulai membaca teks. Ini menjadi salah satu tips yang sangat penting dalam menjawab soal karena waktu yang tersedia untuk menjawab tes sangatlah singkat. Jika bisa menjawab bagian tata bahasa dengan cepat, tentu peserta tes bisa memiliki waktu yang lebih banyak untuk menjawab soal sesi membaca. Intinya, kalian harus bisa memanfaatkan waktu yang singkat untuk menjawab keseluruhan soal, ya.

Tips 4. Semakin Rutin Latihan Soal Tata Bahasa dan Membaca

Tidak hanya terbatas pada sesi ini dan juga level ujian ini, dengan semakin sering berlatih menjawab soal-soal JLPT, kemungkinan untuk semakin siap dalam menghadapi tes, termasuk kemungkinan untuk lulus, juga akan semakin tinggi. Terutama dalam persiapan ujian sesi membaca, berlatih soal akan sangat membantu, karena dengan banyak berlatih, kalian pasti akan memiliki kemampuan membaca teks bahasa Jepang dengan cepat. Jika bisa menjawab tes dengan cepat dan tepat, kalian tentu tidak akan khawatir kekurangan waktu, bukan?

Contoh Soal dan Persiapan untuk Sesi Mendengarkan

Contoh Soal Sesi Mendengarkan

Terakhir adalah mengenai beberapa variasi soal yang mungkin muncul saat ujian sesi mendengarkan. Dalam sesi ini, ada bermacam-macam soal seperti soal percakapan, soal ungkapan serta balasan dari suatu ungkapan, dan masih banyak lagi. Peserta ujian biasanya boleh membuat catatan di kertas soal ya.

Ayo kita lihat contoh soal berikut ini!

Contoh pertanyaan dari percakapan

Contoh 11

Dalam audio akan didengar teks sebagai berikut

男の人と女の人が事務所で話しています。女の人は明日、何時までに会議の準備をしなければなりませんか。

男の人:明日の会議は11時だから、それまでに会議室や会議の資料などを準備してください。

女の人:わかりました。

男の人:しかし、会議が始まる30分前にみんなが来るから。。

女の人:じゃ、10時半前までで大丈夫でしょうか。

男の人:そうですね。。あっ、明日、会議に参加する社員が多いから、余裕を持って会議の1時間前までににしたほうがいいかもしれませんね。

女の人:了解です。そうします。

女の人は明日、何時までに会議の準備をしなければなりませんか。

Pada soal tertulis empat pilihan jawaban sebagai berikut

  1. 11時。
  2. 11時半。
  3. 10時。
  4. 10時半。

Contoh pertanyaan balasan dari suatu ungkapan

Baik soal maupun tiga pilihan jawaban akan dibacakan, sehingga tidak akan ada tulisan apa pun di dalam soal.

Contoh 12

Dalam audio akan didengar teks sebagai berikut

先生に日本語の原稿を直してもらいたいです。何と言いますか。

  1. すみません、日本語の原稿を直さなくても大丈夫でしょうか。
  2. すみません、日本語の原稿を直してもらえませんか。
  3. すみません、日本語の原稿を直させていただきませんか。

Apakah bisa dijawab? Berikut ini jawaban soal di atas ya!

Contoh 11 adalah 3 (persiapan rapat harus dilakukan sampai 1 jam sebelum rapat dimulai, berarti sampai jam 10)

Contoh 12 adalah 2 (ketika ingin meminta orang lain memperbaiki teks kita, dari pilihan di atas yang paling tepa dikatakan adalah “~naoshite moraemasenka?”)

Audio hanya akan diputar sekali, sehingga peserta tes harus bisa terus fokus pada saat sesi mendengarkan ini ya! Berikut ini adalah sedikit saran/tips agar mampu menjawab soal pada sesi mendengarkan JLPT N3!

Tips 1. Rutin Latihan Mendengar Audio Bahasa Jepang

Rutin meluangkan waktu untuk mendengarkan audio dalam bahasa Jepang merupakan sepertinya menjadi cara terbaik untuk bisa menjawab soal sesi mendengarkan di level berapa pun. Seperti yang sudah diketahui, level N4 dan N3 memiliki perbedaan tingkat kesulitan yang cukup signifikan. Ujian N3 merupakan level menengah dalam ujian kemampuan bahasa Jepang, sehingga pertanyaan yang muncul juga akan semakin rumit. Untuk itu, mulai dari sekarang kalian perlu banyak berlatih mendengarkan bahasa Jepang, ya! Kalian harus meluangkan waktu terutama untuk langsung berlatih soal mendengarkan N3 misalnya melalui YouTube, agar terbiasa dengan jenis soal yang mungkin akan keluar dalam tes.

Tips 2. Fokus dan Jaga Konsentrasi Sejak Awal Soal Dibacakan

Karena sesi mendengarkan adalah sesi terakhir dalam tes JLPT, mungkin konsentrasi kalian bisa saja tidak sebaik saat menjawab tes sesi sebelumnya. Namun, sebelum sesi ini dimulai, kalian punya waktu istirahat, untuk bisa mengembalikan konsentrasi ya.

Sejak tes sesi mendengarkan dimulai, usahakan untuk selalu fokus dan menjaga konsentrasi, karena soal hanya akan dibacakan satu kali. Untuk bagian awal, bacalah pilihan jawaban dengan cepat, agar saat mendengarkan audio, kalian hanya perlu fokus pada hal yang ditanyakan pada soal. Namun, untuk soal yang Untuk bagian yang percakapan dan pilihan jawabannya dibacakan, catatlah poin penting yang disampaikan, karena kalian bisa menulis catatan di kertas soal, jika merasa perlu. Hal yang terpenting adalah untuk bisa fokus atau jaga konsentrasi, ya!

Kesimpulan

Bagaimana teman-teman? Setelah membaca penjelasan yang cukup panjang mengenai JLPT N3 di artikel ini, apakah sudah ada gambaran tentang ujian JLPT N3?

Setelah lulus pada ujian JLPT N4, tentu kini kalian tertarik mencoba ujian JLPT N3, kan? Kalian harus fokus dan banyak meluangkan waktu untuk belajar ya! Level ujian JLPT N3 memiliki perbedaan atau tingkat kesulitan yang cukup signifikan dengan JLPT N4. Untuk itu, kalian harus bisa benar-benar lebih banyak lagi untuk meluangkan waktu dan lebih giat lagi untuk belajar.

Jika gagal dalam tes JLPT N3 yang pertama, tidak masalah ya! Jangan bersedih… Kalian pasti bisa lulus JLPT N3 jika terus belajar dengan rajin! Semoga informasi ini bisa jadi referensi untuk kalian yang akan menghadapi ujian JLPT N3 ya!