Hikouki de nihon e ikimasu.
Pergi ke Jepang dengan (menggunakan) pesawat.

Kalian pasti sudah sering mendengar kata hikouki yang berarti pesawat. Namun, pernahkan kalian mendengar kata koukuuki yang juga berarti pesawat terbang tapi memiliki sedikit perbedaan makna dengan hikouki?

Artikel ini akan menjelaskan penggunaan kata hikouki yang bisa kalian mudah pahami lewat contoh-contoh kalimat, dan perbedaan maknanya dengan koukuuki. Untuk lebih jelasnya, langsung perhatikan saja penjelasannya di bawah ini.

Penjelasan “Hikouki

Hikouki secara sederhana diterjemahkan sebagai “pesawat” atau “pesawat terbang”. Adapun makna hikouki dijelaskan sebagai mesin pesawat yang dapat terbang di udara dengan dilengkapi unit tenaga dan memperoleh daya angkat dari sayap tetap. Oleh karena itu, hikouki ini merujuk kepada pesawat terbang yang umum digunakan orang-orang untuk pergi dari satu tempat ke tempat lainnya.

Perbedaan dengan “Koukuuki”

Kalian mungkin jarang mendengarkan kata ini, tetapi jika mencari “pesawat terbang” di kamus, maka selain hikouki akan muncul juga kata koukuuki. Jadi, apakah perbedaan hikouki dengan koukuuki?

Secara sederhana koukuuki dijelaskan sebagai istilah umum untuk kendaraan yang terbang di angkasa dan bisa dinaiki oleh orang. Dalam kamus digital bahasa Jepang Daijiten, istilah koukuuki merujuk pada hikouki, helikopter, glider (pesawat peluncur), balon udara, dan pesawat zeppelin.

Persamaan antara hikouki dan koukuuki adalah kendaraan bermesin yang bisa mengangkut orang dan terbang di udara. Perbedaannya, istilah koukuuki digunakan lebih luas dan mencakup beberapa kendaraan terbang lainnya. Berdasarkan pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa hikouki adalah bagian atau salah satu jenis koukuuki

Contoh Kalimat

Untuk lebih mudah memahami penggunaan istilah di atas, mari kita belajar melalui contoh-contoh kalimat di bawah ini.

Hikouki

Watashi wa rai-getsu hikouki de nihon e ikimasu.
Hikouki ni notta koto ga arimasuka?
Hikouki wa fune yori hayai desu.
Hikouki wa nan-ji ni shuppatsu shimasuka?
A : Mou hikouki no yoyaku wo tottan desuka?
B : Ee, asatte gogo yo-ji ni shuppatsu no yotei desu.
Hikouki wa Raito kyoudai ni yotte hatsumei saremashita.
Tanaka shachou wa shichi-ji no hikouki de Nyuuyooku e go-shuppatsu ni narimashita.
Hikouki wa hiru mae ni tsukimasu.
Hareta hi wa hikouki kara zentou ga mieru.
Sono hikouki wa teikoku-doori ni tobi tatta.
Ressha de iku no ka hikouki de iku no ka kimenasai. 
Arashi no tame ni hikouki wa ririku dekinakatta. 
Boku no hikouki no bin ga kekkou ni natte, ashita made shuppatsu dekinai nda.
Hajimete hikouki ni notta toki wa kinchou shita.
Sono hikouki wa Haneda ni kinkyuu chakuriku shita.

Koukuuki

Koukuuki wa mai-nichi tairyou no nenryou wo shouhi suru.
Koukuuki no hattatsu no okage de, sekai wa zutto semaku natta.
Sono koukuuki ni wa shin-gijutsu ga tekiyou sarete iru. 

Kesimpulan

Bagaimana penjelasan kosakata hikouki di atas? Semoga contoh-contoh kalimat yang diberikan bisa memudahkan kalian untuk memahami makna dan penggunaan kata hikouki. Dan tentunya kalian tidak perlu bingung lagi jika menemukan kata koukuuki karena sudah dijelaskan perbedaan antara kedua istilah ini.

Semoga bahasa Jepang yang dijelaskan di atas bisa bermanfaat dan bisa menambah perbendaharaan kosakata bahasa Jepang kalian. Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel lain seputar Jepang hanya di Kepo Jepang ya!

Sebelum lanjut ke artikel yang lain, yuk kita pelajari kembali kata hikouki yang sudah dijelaskan di atas!

Apa arti “hikouki”?

Hikouki adalah pesawat terbang.

Bagaimanakah cara menulis “hikouki”?

Hikouki ditulis dengan huruf kanji 飛行機 atau hiragana ひこうき.

Apa perbedaan “hikouki (pesawat terbang)” dan “koukuuki (pesawat terbang)”?

“Hikouki” adalah pesawat terbang umum yang dinaiki orang untuk bepergian. “Koukuuki” merupakan istilah umum untuk kendaraan yang terbang di angkasa termasuk hikouki, balon udara, glider, helikopter, dan pesawat zeppelin.

Masih ingin tahu lebih banyak tentang bahasa Jepang dan hal-hal yang berhubungan dengan Jepang? Pastikan kalian cek halaman ini juga ya!