Kuukou ni touchaku shimashita.

Tahukah kalian apa arti dari kalimat di atas? Artinya adalah “saya sudah tiba di bandara”. “Bandara” merupakan salah satu kata yang sering digunakan. Untuk itu, kali ini Kepo Jepang akan menjelaskan istilah bahasa Jepang untuk “bandara”, yaitu kuukou.

Kalian juga bisa mempelajari penggunaan istilah kuukou melalui contoh-contoh kalimat yang akan diberikan di akhir artikel. Untuk lebih jelasnya, langsung simak saja penjelasan di bawah ini.

Penjelasan “Kuukou

Kuukou merupakan istilah bahasa Jepang yang digunakan untuk menunjukkan bandara secara umum. Istilah kuukou merupakan terjemahan secara langsung dari istilah bahasa Inggris untuk “bandara” atau “airport”. Coba perhatikan Kanji kuukou di bawah ini :

KanjoOn’yomiKun’yomiArti
KUUAki, aku, akeru, sora, kara, sukasu, suku, munashiiKosong, terbuka, langit, angkasa, kosong, ruang hampa
KOUMinatoPelabuhan 

Kata “airport” menunjukkan “pelabuhan yang ada di udara”, begitu juga dengan kuukou yang secara harfiah berarti “pelabuhan yang ada di langit atau angkasa”.

Penyebutan suatu bandara dalam bahasa Jepang umumnya didahului dengan nama bandara kemudian kata kuukou. Misalnya bandara Haneda bahasa Jepangnya adalah haneda kuukou. Selain kuukou ada juga istilah eapooto yang diambil dari kata “airport”. Namun, istilah ini masih jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Informasi Tambahan

Kuukou merupakan istilah bahasa Jepang yang secara umum digunakan untuk “bandara”. Namun, ada istilah bahasa Jepang lainnya yang bisa diartikan “bandara”, yaitu hikoujou yang secara harfiah berarti “tempat terbang” atau “lapangan terbang”. 

Perbedaannya adalah, kuukou merujuk pada bandara di mana pesawat penumpang dan barang beroperasi dan terdapat fasilitas seperti terminal untuk penumpang. Umumnya kuukou juga merupakan bagian dari hikoujou.

Hikoujou memiliki arti yang lebih luas karena termasuk fasilitas penerbangan dan heliport di mana hanya pesawat kecil yang dapat lepas landas dan mendarat, atau area lapangan terbang yang di dalamnya merupakan pangkalan yang digunakan oleh pesawat militer atau pesawat non-komersial.

Contoh Kalimat

Untuk lebih memahami penggunaan istilah kuukou, coba perhatikan beberapa contoh kalimat di bawah ini.

Ima kara, narita kuukou wo ririkushimasu.
Kuukou ni iku mae ni, yuubinkyoku ni tachiyotte moraemasuka?
Gomen, kuukou e haha wo mukae ni ikanakucha ikenai node, mou sorosoro ikanakya.
A : BTS no menbaa ni attatte kiita kedo! Hontou na no? ! 
B : Un, kuukou de mita nda yo.
A : Kono ato karaoke ni ikanai?
B : U~n, dou shiyou? Tomodachi wo kuukou made mukae ni ikanakucha ikenai kara kagirareta jikan shika nai nda.
A : Dou yatte kuukou made iku no?
B : Densha ni noru tsumori da. Kuukou made no densha wa hinpan ni kurukara ne. 
Ashita, anata wo kuukou made miokuru yo. Sabishiku naru na.
Kuukou shokuin ni kaban wo shiraberareta.
Doko no kuukou de hikouki ni norimasuka?
Kuukou ni iku ni wa nan-ban no basu ni noranakereba ikemasenka.
Ashita no asa ni kuukou e iku takushii wo, yoyaku shite moraemasuka.

Kesimpulan

Itulah penjelasan kata kuukou yang merupakan istilah umum untuk “bandara” dalam bahasa Jepang. Kuukou merujuk pada bandara umum di mana pesawat penumpang dan barang beroperasi dan menyediakan fasilitas khusus penumpang. Adapun “bandara” untuk pesawat non-komersial atau pesawat-pesawat kecil biasanya disebut hikoujou.

Semoga penjelasan istilah bahasa Jepang di atas mudah dimengerti, dipahami, dan bermanfaat bagi teman-teman yang sedang belajar bahasa Jepang. Jangan lupa simak terus informasi bahasa Jepang dan berita seputar Jepang di web maupun sosial media Kepo Jepang.

Untuk mengingat kembali penjelasan di atas, coba perhatikan beberapa hal di bawah ini.

Q) Apa bahasa Jepangnya “bandara”?

A) Bahasa Jepangnya “bandara” adalah 空港 (kuukou).

Q) Apa artinya 空港 (kuukou)?

A) 空港 (kuukou) artinya bandara.

Q) Apa bahasa Jepangnya “saya sudah sampai di bandara XX”?

A) Bahasa Jepangnya “saya sudah sampai di bandara XX” adalah 私はXX空港に到着しました。(Watashi wa XX-kuukou ni touchaku shimashita.)

Q) Apa bahasa Jepangnya “bagaimana caranya pergi ke bandara?”?

A) Bahasa Jepangnya “bagaimana caranya pergi ke bandara?” adalah どうやって空港までいきますか。(Douyatte kuukou made ikimasuka?)

Untuk melihat pertanyaan lainnya seputar bahasa Jepang dan info-info menarik tentang Jepang, langsung saja baca di halaman ini ya.