Kore wa ani no kuruma desu.
Ini adalah mobil kakak laki-laki saya.

Kuruma adalah istilah bahasa Jepang untuk mobil yang paling umum digunakan. Namun, ada istilah lain yang bisa juga digunakan untuk menunjukkan “mobil” loh.

Melalui artikel ini, Kepo Jepang akan menjelaskan pengertian istilah kuruma dan memperkenalkan istilah lain yang juga memiliki makna “mobil”.

Untuk lebih jelasnya, langsung simak saja penjelasan di bawah ini.

Penjelasan “Kuruma

Kuruma adalah kosakata bahasa Jepang paling umum yang digunakan untuk menyebutkan jenis mobil apa pun. Kuruma dijelaskan sebagai istilah umum yang digunakan untuk sebuah benda yang menggunakan roda berputar untuk maju. Kata kuru pada kuruma melambangkan perputaran (kurukuru) suatu benda.

Kanji kuruma yang digunakan saat ini merupakan shoukeimoji, yaitu karakter kanji yang lahir berdasarkan gambaran atau bentuk benda aslinya. Kanji kuruma diambil dari gambaran kendaraan beroda yang digunakan manusia pada zaman dulu yaitu jinrikisha (kendaraan untuk menarik orang yang menggunakan tenaga manusia). Selain itu, disebutkan juga bahwa kanji kuruma (yang on’yominya dibaca sha) adalah jenis kendaraan di China yang menarik orang dengan tenaga kuda.

asal mula kanji kuruma

Kuruma merupakan istilah spesifik yang digunakan untuk mobil. Namun, kuruma juga termasuk ke dalam golongan jidousha (kendaraan bermotor, termasuk truk, mobil kecil, motor, dan sebagainya). Kendaraan beroda dengan mesin.) dan sharyou (kendaraan beroda, baik itu mobil, motor, sepeda maupun gerobak, benda apapun yang bisa dinaiki atau digunakan untuk mengangkut sesuatu, yang memiliki roda, baik yang bermesin maupun tidak). Oleh karena itu, mobil juga seringkali disebut jidousha atau sharyou.

Contoh Kalimat

Berikut contoh-contoh kalimat yang menggunakan kata kuruma.

Ie no mae no michi wo, kuruma ga ittari kitari shimasu.
Okane ga attara, atarashii kuruma wo kaitai desu.
Kare wa kuruma wo motte irushi, ookii ie ni sunde iru kara, kitto okanemochi da to omoimasu.
“Chuusha-Kinshi” wa koko ni kuruma wo tomeruna to iu imi desu.
Roku-ji ni kuruma de mukae ni ikimasu.
Senshuu, oosaka e kuruma de ikimashita.
Soko wa kuruma wo tomeru basho ga nai.
Koko kara yamanashi made kuruma de ichi-jikan nijuppun gurai kakarimasu.
Kare ga kuruma de ie made okutte kureta.
Kuruma no unten ni wa jiko wo okosanai you ni saishin no chuui ga hitsuyou desu.
Kuruma de itte mo, densha de itte mo, jikan-teki ni wa ottsukattsu da.
Inaka ni sunde iru to kuruma wa hitsujuhin da. 

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang kuruma (mobil) yang digunakan secara umum untuk menunjukkan jenis mobil apa pun. Namun, mobil dalam bahasa Jepang juga bisa disebut jidousha (kendaraan bermotor) atau sharyou (kendaraan beroda).

Semoga belajar bahasa Jepang kali ini pun menarik dan bermanfaat buat kalian ya. Jangan lupa terus berlatih untuk memperlancar kemampuan bahasa kalian. Terus ikuti info-info seputar bahasa Jepang di blog Kepo Jepang ya!

Untuk mengingat kembali penjelasan di atas, coba perhatikan beberapa hal di bawah ini.

Q) Apa bahasa Jepangnya “mobil”?

A) Ada beberapa istilah yang bisa kamu gunakan untuk menyebut “mobil” dalam bahasa Jepang, yaitu 車 (kuruma), 自動車 (jidousha), atau 車両 (sharyou). Tetapi yang paling umum adalah 車 (kuruma).

Q) Apa artinya 車 (kuruma)?

A) 車 (kuruma) artinya “mobil”.

Q) Apa artinya 自動車 (jidousha)?

A) 自動車 (jidousha) secara harfiah artinya kendaraan beroda. Jadi selain “kuruma (mobil)” kendaraan lain seperti truk, mobil kecil, motor, dan kendaraan beroda lainnya pun bisa disebut “jidousha”.

Untuk melihat pertanyaan lainnya seputar bahasa Jepang dan info-info menarik tentang Jepang, langsung saja baca di halaman ini ya.