KepoJepang Q&A

Pertama-tama, silakan cari pertanyaan yang menarik perhatian kalian di sini!

Jika pertanyaan yang ingin kalian tanyakan tidak ada di sini, silakan klik gambar di bawah ini ya!! Apapun pertanyaannya akan dijawab loh!

bahasajepang (119)belajarbahasajepang (122)budayajepang (8)idiom (1)jlpt (68)kanji (3)kehidupanjepang (11)kerjadijepang (7)kosakata (80)makananjepang (2)percakapan (11)sekolah (1)sekolahdijepang (11)tatabahasa (76)visajepang (3)

Pertanyaan Terbaru

Pertanyaan terbaru akan diperbarui dari waktu ke waktu.

Q) Min aku mau tanya dong mengenai kalimat bentuk lampau. Apa bedanya penggunaan ~ていました dengan ~ました Terima kasih

A) Secara sederhana, keduanya memang digunakan untuk kalimat dalam bentuk lampau. Namun, memang nuansanya sedikit berbeda. Untuk perbedaannya bisa langsung dibaca penjelasannya di halaman ini ya!

Q) Kak, apa perbedaan partikel wa dan ga?

A) Penggunaan partikel wa dan ga dalam tatabahasa Jepang memang terkadang membingungkan. Untuk penjelasannya bisa langsung dibaca di halaman ini ya!

Q) Sebenarnya, apa artinya もの di dlalam kalimat?そういうものです 冬は寒いだものだ 早く暖かくなって欲しいものだ 彼もなかなかやるものだね

A) Makna “mono” dalam tatabahasa Jepang cukup banyak tergantung konteks kalimat yang disampaikan. Untuk lebih jelasnya, silakan baca di halaman ini ya!

Q) Apa perbedaan祖父danおじいさん?

A) Dalam bahasa Indonesia, 祖父 (Sofu) dan おじいさん (Ojiisan) diartikan dengan “kakek”. Namun, dalam penggunaannya pada bahasa Jepang, kedua kata tersebut memiliki sedikit perbedaan ya. Untuk penjelasannya kamu bisa lihat di halaman ini.

Q) konnichiwa.shitsumon ga arundesuga. Penjelasan dari kata keterangan tokuni bagaimana ya kak ? Arigatou gozaimashita

A) Secara sederhana “toku ni” diartikan “khususnya” atau “terutama”. Untuk penjelasan bagaimana penggunaannya dalam kalimat, silakan baca halaman ini ya!

Pertanyaan populer

Pertanyaan yang sering diajukan! Pertama-tama, silakan cari pertanyaannya di sini.

Hal yang Berhubungan dengan Bahasa Jepang

Q) Apa arti kalimat ini? (やっぱり)我が家が一番 atau (やっぱり)うちが一番

A) Kedua kalimat di atas terdiri dari kosakata yang sama. Untuk lebih jelasnya, silakan baca di halaman ini ya!

Q) Apa perbedaan逃すdan逃げる?

A) Baik 逃す dan 逃げる ditulis dengan menggunakan huruf kanji yang sama, yaitu 逃(に‐げる、のが‐す、に‐がす・トウ)yang memiliki makna “kabur, bebas, melarikan diri, atau lepas”. Sedangkan makna dari 逃す(のがす) dan 逃げる(にげる) memiliki sedikit perbedaan dalam konteks pemakaiannya. Untuk penjelasan lengkapnya lihat di halaman ini ya!

Q) Apa perbedaan 潜める,匿う,隠す,隠れる,忍ぶ?

A) Kelima kata di atas secara sederhana artinyanya adalah “sembunyi” atau “menyembunyikan”. Namun, dalam penggunaannya masing-masing memiliki nuansa yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, silakan baca di halaman ini!

Q) Untuk belajar kaiwa itu gimana ya Kak ?

A) Kaiwa secara sederhana diartikan sebagai “percakapan” dalam bahasa Jepang. Saat mempelajari bahasa Jepang, berlatih kaiwa alias percakapan menjadi salah satu cara untuk menguasai bahasa Jepang dengan lebih mudah. Penjelasan lengkapnya di halaman ini ya!

Q) Bisakah Sensei jelaskan macam macam penggunaan じゃない selain digunakan dalam kalimat negatif?

A) Pada umumnya じゃない digunakan dalam kalimat negatif kasual, tetapi bisa juga digunakan dalam bentuk untuk mengekspresikan konfrimasi. Untuk lebih jelasnya, silakan baca halaman ini ya!

Q) Sensei, apa arti deru dalam dua kalimat ini? 新幹線は時速300km以上のスピードが​出る​。 最近お腹が出てきた。

A) Kata “deru” memiliki beberapa fungsi makna dalam bahasa Jepang, diantaranya adalah “pergi”, “keluar”, “muncul”, “mencapai”, dan lain-lain tergantung pada konteks kalimatnya. Sedangkan untuk arti “deru” pada kalimat yang ditanyakan, penjelasannya bisa dilihat di halaman ini ya!

Q) Apa perbedaan妙danおかしい?

A) Baik 妙 (myou) maupun おかしい (okashii) bisa diartikan “aneh”. Namun, nuansa makna “aneh” dari kedua kata ini sedikit berbeda. Untuk lebih jelasnya, silakan baca di halaman ini ya.

Q) Kapan waktu penggunaan perubahan kosakata saat membuat kalimat?

A) Dalam bahasa Jepang terdapat berbagai bentuk perubahan kosakata, baik kata kerja maupun kata sifat. Saat ingin mengungkapkan kalimat lampau, maka kita perlu menggunakan bentuk lampau (kata kerja : mashita, kata sifat i : katta desu, kata sifat na / kata benda : dewa arimasen deshita, dan lain-lain). Untuk penjelasan lebih lengkap silahkan lihat halaman ini.

Q) Saya belum hafal kata keterangan mohon dibantu

A) Kata keterangan / adverbia (fukushi) tentunya bisa dipahami jika kita belajar dari contoh kalimat dan mencoba membuat kalimat sendiri menggunakan adverbia yang telah dipelajari. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini.

Informasi Wisata

Q) Rekomendasikan oleh-oleh yang bisa dibeli di Yokohama.

A) Shiumai Kiyoken sangat terkenal. Kalian bisa membelinya di stasiun Yokohama.

Q) Apakah di Jepang ada restoran yang menyediakan makanan halal?

A) Di Jepang, perlahan-lahan restoran halal semakin banyak. Situs Halal Gourmet Japan , akan sangat membantu jika kalian ingin mencari restoran-restoran halal di Jepang.

Q) Mesjid terbesar di Jepang ada di mana?

A) Mesjid paling besar ada di Tokyo, yaitu Masjid Tokyo Camii .

Q) Tempat rekomendasi untuk melihat bunga sakura?

A) Hampir di seluruh Jepang banyak sekali tempat bagus untuk melihat sakura! Di Tokyo ada Meguro-gawa (Meguro river), yang sakuranya sangat indah!

Q) Saya ingin melihat momiji. Kapan musim terbaik untuk melihatnya?

A) Berbeda-beda tergantung tempatnya. Di Tokyo paling bagus melihat momiji itu sekitar awal November – awal Desember. Di tempat dingin seperti Hokkaido, munculnya lebih cepat sekitar pertengahan September – Oktober.

Budaya Jepang

Q) Halo admin Kepo Jepang. Saya mau tanya hal apa saja yang perlu diketahui oleh tour gaido Indonesia terhadap kebiasaan turis Jepang secara umum. Terima kasih

A) Ada kebiasaan-kebiasaan yang dimiliki para turis asing termasuk turis Jepang yang berbeda dengan kebiasaan dan budaya orang Indonesia sendiri. Beberapa kebiasaan orang Jepang yang mungkin perlu untuk diketahui sebagai seorang Tour Guide kurang lebihnya bisa kamu lihat di halaman ini ya!

Q) Makanan apa yang di rekomendasikan dan di atur oleh pemerintah Jepang untuk anak sekolah yang bagus untuk kesehatan dan kecerdasan anak ?

A) Pada dasarnya pemerintah Jepang, baik kementerian maupun lembaga pemerintahan dan sekolah tidak menetapkan apa yang harus dan wajib dimakan untuk kesehatan tubuh. Namun, pemerintah lebih menganjurkan untuk menerapkan pola makan yang baik (sesuai dengan jumlah yang diperlukan oleh tubuh dengan gizi yang seimbang). Penjelasan lengkapnya, silakan baca di halaman ini

Q) Kalau di Jepang ada tidak urban legendnya?

A) Tentunya ada, ya! Misalnya, yang disebut “kuchisake onna”, sumur “okiku”, boneka “okiku” dan masih banyak lagi. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini ya.

Q) Seijin shiki itu kapan ya?

A) Seijin shiki adalah upacara atau hari kedewasaan. Ini diperingati setiap hari senin pada minggu ke dua di bulan Januari. Orang Jepangyang telah berumur 20 tahun akan dianggap dewasa, dan mereka akan mengikuti upacara ini. Perempuan biasanya memakai kimono, dan laki-laki biasanya memakai jas, atau ada juga yang mungkin memakai hakama.

Q) Agama orang Jepang itu apa?

A) Di Jepang sebagian besar orang menganut ajaran Shinto dan agama Buddha.

Q) Bagaimana orang Jepang menyambut tahun baru?

A) Sebagian besar orang melewatkannya bersama keluarga di rumah. Banyak juga orang yang pergi untuk hatsumode (berdoa pertama kali di kuil di tahun baru) pada tanggal 1 Januari. Selain itu, orang Jepang juga makan Osechi dan Ozouni, yang merupakan hidangan khas tahun baru.

Lainnya

Q) Mau nanya, buku yang bagus untuk mempelajari N5 apa ya? apakah mina no nihonggo Cukup?

A) Buku Minna no Nihongo merupakan salah satu buku panduan belajar bahasa Jepang yang materinya lengkap. Tapi untuk belajar sendiri sepertinya sulit dan harus tetap ada guru yang mengajarkan ya… Selain itu kalau untuk latihan ujian JLPT juga perlu dari sumber lain. Lengkapnya bisa lihat di halaman ini ya.

Q) Mau nanya, kepo jepang itu ada khursusnya ga ya? Kalau misalnya ada boleh tau harganya? Sama mau nanya… kalo di jepang ada beasiswa s2 fakultas hubungan international ga ya?

A) Sebelumnya kami mohon maaf, karena Kepo Jepang saat ini belum menyediakan kursus untuk belajar bahasa Jepang… Tapi untuk membantu kalian belajar, materi kami cukup lengkap dan bisa kamu akses secara gratis lho! Lengkapnya lihat di halaman ini yaa. Kalau untuk beasiswa S2 jurusan Hubungan Internasional, penjelasannya bisa kamu cek di halaman ini ya.

Q) Apa ada kisi-kisi ujian JFT untuk program tokutei ginou?

A) Mohon maaf karena Kepo Jepang tidak menyediakan kisi-kisi ujian JFT. Namun, untuk ujian JFT dasar sendiri isinya kurang lebih seputar pemahaman “Huruf dan Kosakata”, “Percakapan dan Ungkapan”, “Pendengaran”, dan “Pemahaman Bacaan”. Beberapa kriteria ini bisa dicari di website Kepo Jepang. Untuk lebih jelasnya, silakan baca di halaman ini.

Q) Apakah bisa melanjutkan study di jepang jika berangkat dengan visa tokuteigino?

A) Berdasarkan beberapa ketentuan, pemegang Visa Tokutei-ginou bisa mengubah status izin tinggal di Jepang menjadi “Ryuugakusei” atau pelajar asing. Namun, ada beberapa persyaratan tertentu yang harus dipenuhi, seperti kemampuan akademik atau apakah tempat study yang dituju terkait dengan keterampilan atau pekerjaan tertentu. Untuk lebih jelasnya, silakan baca di halaman ini.

Q) Permisi saya mau tanya kalau ingin kuliah dan kerja di Jepang, apakah menguasai bahasa Jepang saja cukup atau harus ada skill skill lain? Dan nilai dokumen ijazah,raport SMA/sederajat harus tinggi ya? *Arigatou Gozhaimasu sensei*

A) Persyaratan untuk kuliah di Jepang sebagian besar berbeda-beda tergantung jurusan, fakultas, dan universitas masing-masing. Begitu juga untuk bekerja di Jepang, persyaratan mengenai kemampuan bahasa dan skil lainnya ditentukan sesuai jenis pekerjaan dan setiap perusahaan. Untuk lebih jelasnya, silakan baca di halaman ini.

Q) Info tentang kuliah kedokteran di Jepang? Apa mahasiswa asing bisa masuk? Prosedurnya bagaimana?

A) Penerimaan mahasiswa asing di Fakultas Kedokteran universitas di Jepang, berbeda-beda tergantung universitas masing-masing. Ada yang menerima mahasiswa asing ada juga yang tidak. Untuk penjelasan lebih lengkap, silahkan lihat halaman ini.  

Q) Untuk masa pandemi seperti ini siapa saja yang bisa masuk ke negara Jepang? Dan sampai kapan PSBB ditiadakan di Jepang??

A) Untuk masa pandemi seperti ini, hanya orang asing yang berasal dari beberapa negara tertentu yang diizinkan masuk ke Jepang. Kemudian mengenai PSBB, di Jepang digunakan istilah “deklarasi keadaan darurat”, yang setiap kali terus diperpanjang, sehingga akhir PSBB belum bisa diketahui secara pasti. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini.

Q) saya mau bertanya tentang beasiswa sekolah bahasa jepang di jepang, apakah ada beasiswa untuk sekolah bahasa di jepang kak? kalau ada mohon infonya kak terimakasih

A) Ada beberapa beasiswa yang disediakan untuk pelajar Sekolah Bahasa Jepang, baik setelah terdaftar sebagai siswa maupun sebelum keberangkatan ke Jepang. Untuk lebih detailnya, silakan baca halaman ini.

Q) Tolong rekomendasikan universitas untuk pelajar asing.

A) Informasi universitas swasta yang paling banyak dipilih pelajar asing untuk belajar bisa dibaca di halaman ini .

Q) Saya ingin kuliah di universitas Jepang, mohon berikan infromasi tentang beasiswa.

A) Informasi beasiswa bisa kalian temukan di artikel masing-masing universitas, silakan dicek di halaman ini .