KepoJepang Q&A

Pertama-tama, silakan cari pertanyaan yang menarik perhatian kalian di sini!

Jika pertanyaan yang ingin kalian tanyakan tidak ada di sini, silakan klik gambar di bawah ini ya!! Apapun pertanyaannya akan dijawab loh!

bahasajepang (43)belajarbahasajepang (39)budayajepang (1)idiom (1)jlpt (19)kanji (3)kerjadijepang (1)kosakata (28)makananjepang (1)percakapan (8)sekolahdijepang (2)tatabahasa (26)visajepang (1)

Pertanyaan Terbaru

Pertanyaan terbaru akan diperbarui dari waktu ke waktu.

Q) Kalau ingin mencatat materi bahasa Jepang di sini dari mana dulu untuk pemula?

A) Bagi para pemula yang ingin belajar bahasa Jepang, silahkan mulai belajar dari ungkapan paling sederhana, yaitu ungkapan salam, kemudian coba secara bertahap mempelajari huruf Jepang. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini ya.

Q) Saya punya pertanyaan 2 sensei 1.Tata cara pola kalimat 必要があるseperti apa sensei ? 2.sama Pola kalimatくせに dan 代わりに seperti apa sensei agar polanya benar, terimakasih itu saja 🙏

A) Penjelasan pola kalimat “~必要がある” bisa dilihat di halaman ini. Untuk pola kalimat “~くせに” di halaman ini. Dan pola kalimat “~代わりに” di halaman ini. Semoga penjelasannya membantu menjawab pertanyaannya ya.

Q) Apa jawaban yang sebaiknya diberikan kepada orang Jepang untuk pertanyaan 「貴方は毎日充実していますか」dan「毎日充実するために何かしてますか」?

A) Kata “juujitsu” memiliki beberapa makna, yang intinya menunjukkan “kepuasan” atau “kesempurnaan” menurut diri sendiri. Untuk pertanyaan seperti itu, kita bisa menjawabnya dengan beberapa cara. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini ya.  

Q) Bagaimana pola kalimat yang digunakan untuk menyebutkan beberapa hobi kita? Contoh kalimat : Hobi saya menari, menonton film dan menjahit.

A) Pola kalimat untuk menyebutkan beberapa hal bisa dengan pola “tari” atau “to”. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini.  

Q) Bagaimana menggunakan kata “imasu”?

A) Kata “imasu” digunakan untuk menyatakan “ada” untuk benda hidup seperti manusia dan hewan. Misalnya, “isu no shita ni neko ga imasu” artinya “di bawah kursi ada kucing”. Untuk penjelasan lebih lengkap silahkan lihat halaman ini.

Pertanyaan populer

Pertanyaan yang sering diajukan! Pertama-tama, silakan cari pertanyaannya di sini.

Hal yang Berhubungan dengan Bahasa Jepang

Q) Kapan waktu yang tepat untuk menggunakan pola kalimat と思います? dan kalimat negatifnya seperti apa?

A) Pola kalimat “to omoimasu” digunakan untuk menyatakan pendapat, sehingga bisa diartikan “menurut saya” atau “saya pikir”. Pola kalimat negatifnya adalah “to omoimasen” yang berarti “saya tidak berpikir bahwa”. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini ya.

Q) Gimana orang jepang membuat nama? kek maksudnya kan disana ada marga-marga, nah marga itu dikasih dibelakang atau didepan nama? dan tolong kasi contoh juga.

A) Nama marga orang Jepang umumnya didapat dari garis ayah. Walaupun untuk perempuan, marganya akan berubah mengikuti marga suami ketika menikah. Jawaban lebih lengkapnya bisa kamu lihat di halaman ini ya!

Q) apa arti atau makna bahasa jepang “tte”? contoh kalimatnya “tabe tte”.

A) Sebenarnya “tabe tte” itu tidak ada, mungkin salah ya? Tapi untuk penggunaan “~tte”dalam pola kalimat bahasa Jepang memiliki beberapa makna, di antaranya : Makna (1) Kutipan langsung dan tidak langsung. Makna (2) Membicarakan rumor / kabar angin. Makna (3) memastikan sesuatu. Untuk penjelasan lebih lengkap silahkan lihat halaman ini ya!

A) Bisa ditayangkan model pengajaran bahasa Jepang di Jepang oleh sensei orang Jepang?

A) Model pengajaran bahasa Jepang di Jepang oleh sensei orang Jepang, salah satunya adalah : kebanyakan sekolah bahasa Jepang / lembaga terkait pembelajaran bahasa Jepang di Jepang membuat kelas / course sesuai dengan tujuan siswanya belajar bahasa Jepang (misalnya untuk tujuan kuliah, kerja, menguasai percakapan sehari hari, untuk persiapan JLPT, dan lain-lain). Untuk penjelasan lebih lengkap silahkan lihat halaman ini ya!

Q) Saya belum hafal kata keterangan mohon dibantu

A) Kata keterangan / adverbia (fukushi) tentunya bisa dipahami jika kita belajar dari contoh kalimat dan mencoba membuat kalimat sendiri menggunakan adverbia yang telah dipelajari. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini.

Q) Cara cepat (bisa) bahasa Jepang?

A) Cara untuk bisa cepat menguasai bahasa Jepang tentu dengan semakin sering belajar dan berlatih bahasa Jepang. Hal yang terpenting adalah fokus dan konsisten untuk meluangkan waktu belajar dan berlatih bahasa Jepang. Penjelasan lebih lengkap silahkan lihat halaman ini ya.  

Q) Bagaimana cara agar tidak lupa berlatih kotoba dan perubahan kosakata?

A) Cara terbaik untuk berlatih kotoba (kosakata) dan bentuk perubahan kosakata dalam bahasa Jepang adalah dengan mengingatnya melalui kalimat. Selengkapnya lihat di halaman ini ya!

Q) Langkah yang mudah belajar bahasa jepang untuk pemula?

A) Untuk yang baru belajar bahasa Jepang, kalian bisa mulai dari belajar huruf Jepang, yaitu Hiraganadan Katakana. Kemudian coba pelajari ungkapan salam sederhana ya! Setelah itu, kamu bisa mulai belajar dan menghafal kosakata bahasa Jepang! Lebih lengkapnya lihat halaman ini ya! 

Q) Belajar bahasa Jepang awal mulanya lewat apa?

A) Belajar bahasa Jepang bisa dimulai dari ungkapan salam sederhana dan huruf Jepang seperti Hiragana dan Katakana, ya! Setelah itu, cobalah mulai mengingat berbagai kosakata bahasa Jepang ya.. Selengkapnya lihat halaman ini yuk! 

Q) Saya tidak mengerti tentang partikel.

A) Mari kita belajar bersama dimulai dari halaman ini !

Q) Saya ingin tahu tips agar bisa lulus JLPT.

A) Silakan baca halaman ini , dan coba ukur kemampuan JLPT kalian.

Informasi Wisata

Q) Rekomendasikan oleh-oleh yang bisa dibeli di Yokohama.

A) Shiumai Kiyoken sangat terkenal. Kalian bisa membelinya di stasiun Yokohama.

Q) Apakah di Jepang ada restoran yang menyediakan makanan halal?

A) Di Jepang, perlahan-lahan restoran halal semakin banyak. Situs Halal Gourmet Japan , akan sangat membantu jika kalian ingin mencari restoran-restoran halal di Jepang.

Q) Mesjid terbesar di Jepang ada di mana?

A) Mesjid paling besar ada di Tokyo, yaitu Masjid Tokyo Camii .

Q) Tempat rekomendasi untuk melihat bunga sakura?

A) Hampir di seluruh Jepang banyak sekali tempat bagus untuk melihat sakura! Di Tokyo ada Meguro-gawa (Meguro river), yang sakuranya sangat indah!

Q) Saya ingin melihat momiji. Kapan musim terbaik untuk melihatnya?

A) Berbeda-beda tergantung tempatnya. Di Tokyo paling bagus melihat momiji itu sekitar awal November – awal Desember. Di tempat dingin seperti Hokkaido, munculnya lebih cepat sekitar pertengahan September – Oktober.

Budaya Jepang

Q) Seijin shiki itu kapan ya?

A) Seijin shiki adalah upacara atau hari kedewasaan. Ini diperingati setiap hari senin pada minggu ke dua di bulan Januari. Orang Jepangyang telah berumur 20 tahun akan dianggap dewasa, dan mereka akan mengikuti upacara ini. Perempuan biasanya memakai kimono, dan laki-laki biasanya memakai jas, atau ada juga yang mungkin memakai hakama.

Q) Agama orang Jepang itu apa?

A) Di Jepang sebagian besar orang menganut ajaran Shinto dan agama Buddha.

Q) Bagaimana orang Jepang menyambut tahun baru?

A) Sebagian besar orang melewatkannya bersama keluarga di rumah. Banyak juga orang yang pergi untuk hatsumode (berdoa pertama kali di kuil di tahun baru) pada tanggal 1 Januari. Selain itu, orang Jepang juga makan Osechi dan Ozouni, yang merupakan hidangan khas tahun baru.

Lainnya

Q) Cara pengajuan visa designated activities , bagi warga negara asing yang tidak bisa bahasa Jepang bagaimana ? Bisakah di arahkan dengan jelas dan detail ?

A) Visa Designated Activities adalah aplikasi untuk status izin tinggal khusus yang bisa didapatkan hanya untuk orang asing tertentu yang sudah memiliki tempat penerimaan atau perwakilan orang di Jepang (baik itu tempat kerja, penyelenggara kegiatan, maupun keluarga yang menetap di Jepang), terlepas apakah orang tersebut fasih atau tidak dalam berbahasa Jepang. Penjelasan lengkapnya bisa lihat halaman ini ya! 

Q) Tolong rekomendasikan universitas untuk pelajar asing.

A) Informasi universitas swasta yang paling banyak dipilih pelajar asing untuk belajar bisa dibaca di halaman ini .

Q) Saya ingin kuliah di universitas Jepang, mohon berikan infromasi tentang beasiswa.

A) Informasi beasiswa bisa kalian temukan di artikel masing-masing universitas, silakan dicek di halaman ini .

Q) Saya berminat tinggal di Jepang. Mohon beritahu informasi mengenai Visa.

A) Ada berbagai macam jenis visa, dan jenisnya bisa berubah tergantung dari tujuannya. Untuk informasi mengenai Visa bisa kalian lihat dihalaman ini.