KepoJepang Q&A

Pertama-tama, silakan cari pertanyaan yang menarik perhatian kalian di sini!

Jika pertanyaan yang ingin kalian tanyakan tidak ada di sini, silakan klik gambar di bawah ini ya!! Apapun pertanyaannya akan dijawab loh!

bahasajepang (88)belajarbahasajepang (88)budayajepang (7)idiom (1)jlpt (43)kanji (3)kehidupanjepang (6)kerjadijepang (4)kosakata (60)makananjepang (2)percakapan (9)sekolah (1)sekolahdijepang (7)tatabahasa (57)visajepang (3)

Pertanyaan Terbaru

Pertanyaan terbaru akan diperbarui dari waktu ke waktu.

Q) Apa arti dan penggunaan dari kata tteba? Kata ini sering kali diucapkan dalam anime seperti Naruto tteba yo ダンスは下手だって聞いたよ。 踊れるってば!

A) Kata tteba digunakan untuk menyampaikan penekanan kalimat dalam percakapan kasual, sehingga jika diartikan dalam bahasa Indonesia, maknanya dekat dengan kata “kok”. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini ya.

Q) Apa perbedaan内緒dan秘密

Q) Baik 内緒 (naisho) maupun 秘密 (himitsu) dalam bahasa Indonesia diartikan “rahasia”. Kedua istilah ini digunakan sebagai makna dari “sebuah informasi atau hal yang hanya diketahui oleh satu orang atau beberapa orang dan tidak boleh diberitahukan kepada orang lain”. Penjelasan tentang perbedaannya bisa dilihat di halaman ini

Q) Ketika digunakan dengan waktu (waktu + に​なる, apa artinya ni naru?

A) Dalam bahasa Jepang, waktu termasuk ke dalam kata benda. Adapun penggunaan kata benda + ni naru artinya adalah “sudah (menjadi) waktu”. Namun, makna keseluruhan kalimat bahasa Jepang akan sangat dipengaruhi oleh komponen apa saja yang ada dalam kalimat tersebut, Untuk penjelasan lebih lengkapnya, silakan baca di halaman ini

Q) Alasan dan sebab kenapa “ikimasu” menjadi pengecualian khusus? いきます いって・いった

A) Alasan dan sebab kata kerja “ikimasu” perubahannya menjadi “itte/itta” adalah untuk kemudahan dalam pengucapan atau pelafalannya. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini ya. 

Q) Ketika saya ingin mengatakan “bulannya indah” dalam bahasa Jepang, partikel apa yang seharusnya digunakan wa atau ga?

A) Partikel “ga” terkesan lebih baik untuk digunakan mengatakan “bulannya indah” dalam bahasa Jepang. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini ya.

Pertanyaan populer

Pertanyaan yang sering diajukan! Pertama-tama, silakan cari pertanyaannya di sini.

Hal yang Berhubungan dengan Bahasa Jepang

Q) Ohayou gozaimasu. apa itu godan verb, intransitive verb, transitive verb, interjection, ichidan verb, suffix, suru verb? Arigatou gozaimasu.

A) Di Kepo Jepang ada beberapa artikel yang menjelaskan kata kerja apa saja yang ada dalam bahasa Jepang. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini ya.

Q) Apa arti tamaranai dalam kalimat ini? たまらないね. 仕事の後のビールはたまらない。 彼女の笑顔はたまらない。

A) Dalam bahasa Indonesia たまらない (tamaranai) diartikan “tak tertahankan”. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, bisa dibaca di halaman ini.

Q) Kapan waktu penggunaan perubahan kosakata saat membuat kalimat?

A) Dalam bahasa Jepang terdapat berbagai bentuk perubahan kosakata, baik kata kerja maupun kata sifat. Saat ingin mengungkapkan kalimat lampau, maka kita perlu menggunakan bentuk lampau (kata kerja : mashita, kata sifat i : katta desu, kata sifat na / kata benda : dewa arimasen deshita, dan lain-lain). Untuk penjelasan lebih lengkap silahkan lihat halaman ini.

Q) Saya belum hafal kata keterangan mohon dibantu

A) Kata keterangan / adverbia (fukushi) tentunya bisa dipahami jika kita belajar dari contoh kalimat dan mencoba membuat kalimat sendiri menggunakan adverbia yang telah dipelajari. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini.

Q) Cara cepat (bisa) bahasa Jepang?

A) Cara untuk bisa cepat menguasai bahasa Jepang tentu dengan semakin sering belajar dan berlatih bahasa Jepang. Hal yang terpenting adalah fokus dan konsisten untuk meluangkan waktu belajar dan berlatih bahasa Jepang. Penjelasan lebih lengkap silahkan lihat halaman ini ya.  

Q) Bagaimana cara agar tidak lupa berlatih kotoba dan perubahan kosakata?

A) Cara terbaik untuk berlatih kotoba (kosakata) dan bentuk perubahan kosakata dalam bahasa Jepang adalah dengan mengingatnya melalui kalimat. Selengkapnya lihat di halaman ini ya!

Q) Langkah yang mudah belajar bahasa jepang untuk pemula?

A) Untuk yang baru belajar bahasa Jepang, kalian bisa mulai dari belajar huruf Jepang, yaitu Hiraganadan Katakana. Kemudian coba pelajari ungkapan salam sederhana ya! Setelah itu, kamu bisa mulai belajar dan menghafal kosakata bahasa Jepang! Lebih lengkapnya lihat halaman ini ya! 

Q) Belajar bahasa Jepang awal mulanya lewat apa?

A) Belajar bahasa Jepang bisa dimulai dari ungkapan salam sederhana dan huruf Jepang seperti Hiragana dan Katakana, ya! Setelah itu, cobalah mulai mengingat berbagai kosakata bahasa Jepang ya.. Selengkapnya lihat halaman ini yuk! 

Q) Saya tidak mengerti tentang partikel.

A) Mari kita belajar bersama dimulai dari halaman ini !

Q) Saya ingin tahu tips agar bisa lulus JLPT.

A) Silakan baca halaman ini , dan coba ukur kemampuan JLPT kalian.

Informasi Wisata

Q) Rekomendasikan oleh-oleh yang bisa dibeli di Yokohama.

A) Shiumai Kiyoken sangat terkenal. Kalian bisa membelinya di stasiun Yokohama.

Q) Apakah di Jepang ada restoran yang menyediakan makanan halal?

A) Di Jepang, perlahan-lahan restoran halal semakin banyak. Situs Halal Gourmet Japan , akan sangat membantu jika kalian ingin mencari restoran-restoran halal di Jepang.

Q) Mesjid terbesar di Jepang ada di mana?

A) Mesjid paling besar ada di Tokyo, yaitu Masjid Tokyo Camii .

Q) Tempat rekomendasi untuk melihat bunga sakura?

A) Hampir di seluruh Jepang banyak sekali tempat bagus untuk melihat sakura! Di Tokyo ada Meguro-gawa (Meguro river), yang sakuranya sangat indah!

Q) Saya ingin melihat momiji. Kapan musim terbaik untuk melihatnya?

A) Berbeda-beda tergantung tempatnya. Di Tokyo paling bagus melihat momiji itu sekitar awal November – awal Desember. Di tempat dingin seperti Hokkaido, munculnya lebih cepat sekitar pertengahan September – Oktober.

Budaya Jepang

Q) Makanan apa yang di rekomendasikan dan di atur oleh pemerintah Jepang untuk anak sekolah yang bagus untuk kesehatan dan kecerdasan anak ?

A) Pada dasarnya pemerintah Jepang, baik kementerian maupun lembaga pemerintahan dan sekolah tidak menetapkan apa yang harus dan wajib dimakan untuk kesehatan tubuh. Namun, pemerintah lebih menganjurkan untuk menerapkan pola makan yang baik (sesuai dengan jumlah yang diperlukan oleh tubuh dengan gizi yang seimbang). Penjelasan lengkapnya, silakan baca di halaman ini

Q) Kalau di Jepang ada tidak urban legendnya?

A) Tentunya ada, ya! Misalnya, yang disebut “kuchisake onna”, sumur “okiku”, boneka “okiku” dan masih banyak lagi. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini ya.

Q) Seijin shiki itu kapan ya?

A) Seijin shiki adalah upacara atau hari kedewasaan. Ini diperingati setiap hari senin pada minggu ke dua di bulan Januari. Orang Jepangyang telah berumur 20 tahun akan dianggap dewasa, dan mereka akan mengikuti upacara ini. Perempuan biasanya memakai kimono, dan laki-laki biasanya memakai jas, atau ada juga yang mungkin memakai hakama.

Q) Agama orang Jepang itu apa?

A) Di Jepang sebagian besar orang menganut ajaran Shinto dan agama Buddha.

Q) Bagaimana orang Jepang menyambut tahun baru?

A) Sebagian besar orang melewatkannya bersama keluarga di rumah. Banyak juga orang yang pergi untuk hatsumode (berdoa pertama kali di kuil di tahun baru) pada tanggal 1 Januari. Selain itu, orang Jepang juga makan Osechi dan Ozouni, yang merupakan hidangan khas tahun baru.

Lainnya

Q) Bagaimana perceraian WN Jepang dengan WN Indonesia ? Apakah sama dengan tata cara perceraian di Indonesia ?

A) Pada dasarnya proses perceraian WN Jepang dan WNI disesuaikan dengan peraturan hukum tempat kedua pasangan ini menetap. Untuk lebih jelasnya, silakan baca halaman ini.

Q) Info tentang kuliah kedokteran di Jepang? Apa mahasiswa asing bisa masuk? Prosedurnya bagaimana?

A) Penerimaan mahasiswa asing di Fakultas Kedokteran universitas di Jepang, berbeda-beda tergantung universitas masing-masing. Ada yang menerima mahasiswa asing ada juga yang tidak. Untuk penjelasan lebih lengkap, silahkan lihat halaman ini.  

Q) Untuk masa pandemi seperti ini siapa saja yang bisa masuk ke negara Jepang? Dan sampai kapan PSBB ditiadakan di Jepang??

A) Untuk masa pandemi seperti ini, hanya orang asing yang berasal dari beberapa negara tertentu yang diizinkan masuk ke Jepang. Kemudian mengenai PSBB, di Jepang digunakan istilah “deklarasi keadaan darurat”, yang setiap kali terus diperpanjang, sehingga akhir PSBB belum bisa diketahui secara pasti. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini.

Q) saya mau bertanya tentang beasiswa sekolah bahasa jepang di jepang, apakah ada beasiswa untuk sekolah bahasa di jepang kak? kalau ada mohon infonya kak terimakasih

A) Ada beberapa beasiswa yang disediakan untuk pelajar Sekolah Bahasa Jepang, baik setelah terdaftar sebagai siswa maupun sebelum keberangkatan ke Jepang. Untuk lebih detailnya, silakan baca halaman ini.

Q) Kira kira gimana ya cara kita bisa tinggal di Jepang dengan jangka waktu yang lama,atau jadi warga negara, ada berapa aja kak caranya, contoh nikah ama orang jepang, terus ada lagi kak cara lain?

A) Selain menikah dengan orang Jepang, ada beberapa cara untuk bisa tinggal di Jepang dalam jangka waktu yang lama, misalnya adalah dengan bekerja atau kuliah. Untuk penjelasan lebih lengkap silahkan lihat halaman ini.

Q) Semisal sudah punya sertifikat JLPT N2, bagaimana caranya step by step melamar pekerjaan “kantor” di Jepang?

A) Bagi yang sedang berada di luar Jepang, mulailah dengan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai Job Fair. Meski jumlahnya tidak banyak, ada job fair perusahaan Jepang yang diadakan di Indonesia, atau yang diadakan khusus untuk orang asing yang bisa bahasa Jepang. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini

Q) Apakah lulusan S1 dari “luar” bisa mencari pekerjaan di Jepang? Contoh pekerjaan seperti pekerjaan kantoran misalnya

A) Lulusan S1 dari universitas di luar Jepang tentu bisa saja mendapatkan pekerjaan di Jepang, misalnya sebagai pekerja kantoran di Jepang, selama mereka memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini ya!

Q) Apakah di Jepang ada biro jodoh? Aku ingin nikah sama orang Jepang dan tinggal di Jepang selamanya. 

A) Di Jepang, ada beberapa tempat layanan konsultasi menikah / mencari pasangan, dan orang asing pun bisa mendaftar di sana. Namun, sepertinya ada banyak syarat dan ketentuan. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini ya. 

Q) Cara pengajuan visa designated activities, bagi warga negara asing yang tidak bisa bahasa Jepang bagaimana ? Bisakah di arahkan dengan jelas dan detail ?

A) Visa Designated Activities adalah aplikasi untuk status izin tinggal khusus yang bisa didapatkan hanya untuk orang asing tertentu yang sudah memiliki tempat penerimaan atau perwakilan orang di Jepang (baik itu tempat kerja, penyelenggara kegiatan, maupun keluarga yang menetap di Jepang), terlepas apakah orang tersebut fasih atau tidak dalam berbahasa Jepang. Penjelasan lengkapnya bisa lihat halaman ini ya! 

Q) Tolong rekomendasikan universitas untuk pelajar asing.

A) Informasi universitas swasta yang paling banyak dipilih pelajar asing untuk belajar bisa dibaca di halaman ini .

Q) Saya ingin kuliah di universitas Jepang, mohon berikan infromasi tentang beasiswa.

A) Informasi beasiswa bisa kalian temukan di artikel masing-masing universitas, silakan dicek di halaman ini .

Q) Saya berminat tinggal di Jepang. Mohon beritahu informasi mengenai Visa.

A) Ada berbagai macam jenis visa, dan jenisnya bisa berubah tergantung dari tujuannya. Untuk informasi mengenai Visa bisa kalian lihat dihalaman ini.