Apa Itu JLPT N5?

JLPT, singkatan dari Japanese Language Proficiency Test, merupakan tes bahasa Jepang resmi untuk mengukur kemampuan bahasa Jepang yang dimiliki oleh penutur asing. JLPT yang diselenggarakan oleh Japan Foundation dan Japan Educational Exchanges and Services ini terdiri dari lima level, yaitu N5 hingga N1.

JLPT N5 merupakan level yang paling rendah. Untuk level ini, peserta tes diharapkan telah memahami sekitar 821 kosakata bahasa Jepang dan 103 huruf kanji. Untuk bisa lulus tes dengan nilai yang memuaskan, peserta tes diharapkan telah belajar bahasa Jepang sekitar 300 jam.

Kapan Waktu Tes dan Masa Pendaftarannya?

JLPT pada dasarnya diadakan dua kali dalam setahun, yaitu pada hari minggu pertama di bulan Juli dan Desember.

Di Indonesia, pendaftaran tes biasanya dilakukan pada Maret-April untuk tes bulan Juli, kemudian pada bulan Agustus-September untuk tes bulan Desember. Pendaftaran dilakukan secara online di situs resmi, yaitu jlptonline.or.id.

Saat mendaftar, peserta biasanya akan diminta untuk menyiapkan foto, identitas, dan tentunya scan bukti pembayaran yang berisikan nama lengkap serta level ujian yang akan diambil. Jangan lupa untuk mencetak kartu ujian JLPT, karena kartu tes harus ditunjukkan saat mengikuti tes nantinya.

Perhatikanlah setiap prosedur pendaftarannya ya! Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan masa pendaftaran tes ya, supaya tidak terlambat untuk mendaftar!

Di Mana Lokasi JLPT di Indonesia?

JLPT tentunya diadakan di berbagai negara ya! Hingga tahun 2019, JLPT diadakan di sebanyak 75 negara. Kalau di Jepang, JLPT diadakan di setiap prefektur lho.

Namun, di Indonesia, lokasi tes hanya diadakan pada beberapa lokasi sebagai berikut:

  • Bulan Juli dan Desember: Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Medan, dan Padang
  • Hanya Bulan Juli: Semarang dan Makassar
  • Hanya Bulan Desember: Yogyakarta, Denpasar, Palembang, dan Manado

Tidak di setiap kota di Indonesia mengadakan tes JLPT. Oleh karena itu, pilihlah lokasi tes terdekat ya!

Berapa Biaya Mengikuti JLPT N5?

Perlu diketahui bahwa biaya tes JLPT berbeda tergantung level tes yang diambil. Selain itu, biaya tes juga cenderung berubah menjadi sedikit lebih mahal setiap tahunnya. Terakhir pada bulan Desember 2019, biaya tes JLPT N5 adalah Rp120.000. Dibandingkan dengan tes bahasa asing lainnya, tes bahasa Jepang termasuk murah kan?

Namun, kalau ambil tes di Jepang, biayanya cukup mahal lho! Untuk semua tes dari level N5 hingga N1 biayanya sama yaitu 5.000 yen, yang berarti sekitar 665.000 rupiah ya!

Sepertinya biaya tes akan berbeda tergantung negara penyelenggara tes, meski soal yang harus dijawab isinya sama!

Sesi dan Durasi JLPT N5

JLPT N5 terdiri dari tiga sesi dengan durasi waktu sebagai berikut:

  • Kosakata (gengo chishiki: moji&goi) dengan durasi tes 20 menit
  • Tata Bahasa dan Membaca (bunpou&dokkai) dengan durasi tes 40 menit
  • Mendengarkan (choukai) dengan durasi tes 30 menit

Perlu diketahui juga bahwa durasi tes telah dipersingkat mulai dari tahun 2020. Pada tahun sebelumnya, durasi tes untuk sesi kosakata adalah 25 menit, dan durasi tes untuk tata bahasa dan membaca adalah 50 menit. Tampaknya penyelenggara tes telah memperbarui standar untuk tes JLPT N5 ya!

Syarat Lulus Skor Minimal JLPT N5

Total skor untuk seluruh level JLPT adalah 180. Namun standar lulus setiap level berbeda. Untuk JLPT N5, skor minimal yang perlu diperoleh untuk dinyatakan lulus adalah 80.

Kemudian, perlu diperhatikan juga bahwa setiap sesi tes juga memiliki standar kelulusan lho! Artinya, meski bisa memperoleh skor di atas 80, peserta belum tentu dinyatakan lolos jika ada salah satu sesi yang nilainya di bawah standar minimal.

Untuk JLPT N5, standar kelulusan ada dibagi menjadi dua, yaitu dilihat skor:

  • Sesi kosakata, tata bahasa dan membaca: 38 (dari total 120)
  • Sesi mendengarkan: 19 (dari total 60)

Bisa dikatakan bahwa standarnya tidak terlalu tinggi ya! Artinya, jika peserta tes bisa menjawab soal setidaknya sekitar 50% dari total soal, peserta akan dinyatakan lulus lho!  

Hal yang Mungkin Mudah dan Sulit pada JLPT N5

Mengenai hal yang mudah atau sulit dalam JLPT N5, sebenarnya tergantung pada kemampuan setiap peserta. Ada yang mungkin merasa bahwa sesi mendengarkan cukup mudah, demikian pula sebaliknya.

Sebagai contoh kasus adalah siswa SMA yang belajar bahasa Jepang di sekolahnya. Karena materi yang diajarkan di sekolah cenderung mengarah pada tata bahasa, siswa mungkin akan lebih mudah menjawab bagian tata bahasa pada saat tes JLPT N5. Kemudian, bagi peserta yang kurang terbiasa dengan huruf kanji, ia mungkin akan merasa kesulitan saat menjawab soal kosakata berupa kanji.

Menurut pengalaman salah satu peserta JLPT N5 tahun 2014 yang belajar bahasa Jepang secara otodidak saat SMA, ia mengaku tidak merasa kesulitan saat menjawab bagian kosakata dan tata bahasa karena banyak belajar melalui buku pelajaran bahasa Jepang. Namun, ia merasa cukup kesulitan saat menjawab soal sesi membaca. Baginya, cukup sulit untuk menemukan referensi contoh soal membaca JLPT N5. Selain itu, ia juga merasa sangat kesulitan saat menjawab sesi mendengarkan. Hal itu ia sadari karena ia tidak terbiasa mendengarkan audio berbahasa Jepang, dan tentunya kurang latihan.

Namun, jangan khawatir ya, teman-teman! Kalian masih punya banyak waktu untuk persiapan JLPT N5! Kuncinya adalah banyak berlatih!

Di masa kini, kita sudah tidak kesulitan lagi dalam mencari referensi soal, karena ada banyak situs di internet yang menyediakan penjelasan mengenai kosakata dan tata bahasa JLPT N5, bahkan hingga contoh-contoh soal sesi membaca. Teman-teman juga bisa mencari latihan soal sesi mendengarkan, termasuk juga contoh soal sesi lainnya di YouTube.

Ada banyak lho orang Jepang yang mengajarkan bahasa Jepang level JLPT N5 di YouTube! Dengan mendengarkan penjelasan dari native, teman-teman bisa juga melatih diri agar terbiasa mendengarkan bahasa Jepang ya..

Contoh Soal JLPT N5 dan Kiat-Kiat Lulus JLPT N5

Pada intinya, soal JLPT dibuat dari soal yang paling mudah ke yang paling susah. Oleh karena itu, ada baiknya jika peserta berusaha menjawab tes dengan cepat dan tepat sejak awal, sehingga memiliki cukup banyak waktu untuk kembali menjawab pertanyaan yang dirasa sulit.

Karena tidak ada pengurangan nilai jika menjawab jawaban yang salah, sebaiknya isilah seluruh jawaban. Jangan sampai ada jawaban yang kosong!

Sebagai bentuk dari persiapan tes, ada baiknya untuk memahami seluruh materi dan berbagai contoh soal JLPT N5 ya! Ketahuilah jenis soal yang muncul di setiap sesi tes!

Contoh Soal dan Persiapan untuk Sesi Kosakata

Contoh Soal Sesi Kosakata

Cobalah perhatikan dan jawab contoh soal sesi kosakata berikut ini!

  • Contoh pertanyaan huruf kanji

Contoh 1

そのちいさいかばんをください。

  1. 少さい
  2. 少い
  3. 小さい
  4. 小い
  • Contoh pertanyaan cara baca huruf kanji

Contoh 2

外国へ行きたいです。

  1. かいこく
  2. がいこく
  3. かいごく
  4. がいごく
  • Contoh pertanyaan kosakata

Contoh 3

まいにち、でんしゃに(     )。

  1. あがります
  2. おります
  3. はいります
  4. のります
  • Contoh pertanyaan mencari arti serupa

Contoh 4

けさ、ともだちとあいました。

  1. きのうのあさ、ともだちとあいました。
  2. きのうのひる、ともだちとあいました。
  3. きょうのあさ、ともだちとあいました。
  4. きょうのひる、ともだちとあいました。

Bagaimana? Apa kalian bisa menjawabnya? Berikut ini adalah jawaban soal di atas ya!

Contoh 1 adalah 3 (kanji chiisai: kecil)

Contoh 2 adalah 2 (dibaca gaikoku: luar negeri)

Contoh 3 adalah 4 (densha ni norimasu: naik kereta)

Contoh 4 adalah 3 (kesa sama dengan kyou no asa: pagi tadi)

Untuk bisa menjawab soal seperti itu, berikut ini adalah saran untuk kalian ya!

Tips 1. Rutin Menghafal Kosakata

Menghafal kosakata bahasa asing tentunya memerlukan waktu. Meski telah mencoba menghafal kosakata, mungkin saja di hari berikutnya kita lupa dengan kosakata tersebut. Apa kalian pernah merasa demikian? Hal itu sangat wajar ya!

Untuk bisa mengingat banyak kosakata bahasa Jepang, yang terpenting adalah teman-teman harus rutin belajar. Ada baiknya jika menghafal kosakata melalui contoh kalimat, sehingga teman-teman akan lebih mudah memahami penggunaan kosakata tersebut.

Tips 2. Membiasakan Diri dengan Huruf Kanji

Bagi sebagian orang, huruf kanji mungkin menjadi sesuatu yang paling mengerikan dalam bahasa Jepang. Jangan khawatir, semua bisa dipelajari ya!

Sambil belajar kosakata bahasa Jepang, kalian bisa coba juga belajar huruf kanji sekaligus. Setiap orang punya cara belajar yang berbeda, ada yang belajar huruf kanji dengan terus berlatih menulis huruf kanji berulang kali, ada pula yang bisa menghafal kanji hanya dengan sering melihat huruf kanji tersebut dari buku atau internet, dengan cara yang menyenangkan. Coba cari tahu cara belajar kalian masing-masing ya!

Tips 3. Mencari Referensi Kosakata N5 Melalui Buku atau Internet

Mungkin banyak yang belum paham, kosakata N5 sebenarnya sampai mana sih?

Teman-teman bisa cari kumpulan kosakata N5 di buku atau internet, untuk mengetahui seberapa jauh kosakata yang harus dikuasai, dan materi yang harus dipelajari untuk menghadapi JLPT N5!

Belajar bisa juga dengan cara lain yang lebih menyenangkan, seperti melalui game, media sosial, YouTube, dan sebagainya. Pastinya ada banyak yang belajar bahasa Jepang dengan cara menyenangkan seperti itu!

Contoh Soal dan Persiapan untuk Sesi Tata Bahasa dan Membaca

Contoh Soal Sesi Tata Bahasa dan Membaca

Perhatikanlah contoh soal berikut ini, dan cobalah dijawab sebisa kalian!

Contoh pertanyaan tata bahasa

Contoh 5

きのうは(   )です。

  1. すずしい
  2. すずしだった
  3. すずしかった
  4. すずしいかった

Contoh 6

がっこう(  )いきます

Contoh pertanyaan tata bahasa menyusun kalimat

Contoh 7

ゆうべ、____ __☆__ ____ ____。

  1. みに
  2. にほんの
  3. えいがを
  4. いきました

Contoh pertanyaan membaca teks yang paling singkat

Contoh 8

田中さんがミラーさんにメッセージをおくりました。

ミラーさん、

らいしゅうはしごとがおおいから、とてもいそがしいです。

さらいしゅうのすいようびにあいましょう。

田中さんはいつじかんがありますか。

  1. らいしゅうのすいようび
  2. こんしゅうのどようび
  3. さらいしゅうのすいようび
  4. らいしゅう

Bagaimana dengan soal tata bahasa dan membaca di atas? Apakah susah? Ini jawaban soal di atas ya!

Contoh 5 adalah 3 (suzushikatta: sejuk untuk bentuk lampau)

Contoh 6 adalah 2 (partikel ‘e’ untuk keterangan tujuan atau ‘ke’)

Contoh 7 adalah 3 (urutannya adalah nihon no eiga wo mi ni ikimashita: pergi menonton film Jepang)

Contoh 8 adalah 3 (saraishuu no suiyoubi. Tanaka hanya ada waktu pada hari rabu 2 minggu depan)

Untuk bisa menjawab soal seperti itu, berikut ini adalah kiat-kiat untuk bisa lulus JLPT N5 ya!

Tips 1. Menguasai Materi Tata Bahasa

Tata bahasa JLPT N5 tentunya adalah yang paling sederhana di antara level JLPT. Teman-teman sebaiknya benar-benar mulai belajar dari awal, dan mengikuti suatu buku panduan N5 atau melihat situs yang mengajarkan tata bahasa N5.

Pelajarilah penggunaan partikel sederhana, seperti wa, wo, de, ni, e, to, mo, ga, kara, dan sebagainya. Pahamilah konsep perubahan bentuk kata kerja, kata sifat, dan bentuk tata bahasa seperti:

  • ~(kk bentuk masu) tai: ingin~  
  • ~(kk bentuk masu) ni iku: pergi untuk melakukan~  
  • ~(kk bentuk masu) nagara: sambil~ 
  • ~(kk bentuk te) kara: setelah melakukan~ 
  • ~(kk bentuk kamus) mae ni: sebelum melakukan~ 
  • ~dakara: karena~ 
  • ~kunai/dewa nai: bukan (tergatung kata sifat, ~i atau ~na)

dan tentunya masih banyak lagi.

Jika ada yang tidak dipahami, tanyakanlah kepada orang di sekitar kalian yang lebih memahami bahasa Jepang. Bisa juga dengan bertanya di media pembelajar bahasa Jepang di media sosial.

Tips 2. Membiasakan Diri dengan Teks Bahasa Jepang

Tentunya, agar nantinya tidak terkejut dengan soal sesi membaca, teman-teman harus membiasakan diri dengan teks berbahasa Jepang. Mulailah belajar dari bacaan yang paling sederhana, termasuk teks percakapan sederhana.

Tips 3. Saat Menjawab Soal Sesi Membaca, Bacalah Soal Terlebih Dahulu

Ini adalah tips ketika menjawab soal sesi membaca. Waktu tes sangatlah terbatas, sehingga ada baiknya jika teman-teman membiasakan diri untuk selalu membaca soal dan pilihan jawaban terlebih dahulu. Kemudian, bacalah teks di soal membaca. Jika ada banyak waktu, tentu akan lebih baik jika kalian bisa membaca teks secara keseluruhan.

Tips 4. Perbanyak Latihan Soal Tata Bahasa dan Membaca

Hal yang paling penting dalam persiapan tes tentunya adalah banyak berlatih. Semakin banyak berlatih, kalian pasti akan semakin terbiasa menjawab soal bahasa Jepang. Ada banyak contoh latihan soal di internet, baik di situs tertentu, di media sosial, maupun di YouTube. Dengan itu, kalian bisa banyak belajar, bahkan secara gratis, bukan?  

Contoh Soal dan Persiapan untuk Sesi Mendengarkan

Contoh Soal Sesi Mendengarkan

Berikut ini adalah contoh soal dalam sesi mendengarkan! Dalam sesi mendengarkan, ada beberapa jenis soal, misalnya soal percakapan, soal ungkapan atau respon dari suatu kalimat, dan sebagainya. Biasanya, peserta tes diperbolehkan untuk menulis di kertas soal, saat ujian mendengarkan. Kali ini akan dibahas soal tentang ungkapan dan respon dari suatu hal ya.

Contoh 9

Dalam audio akan dibacakan teks sebagai berikut:

ともだちのペンをつかいたいです。なんといいますか。

  1. このペン、ありがとうございます。
  2. このペン、いいですね。
  3. このペン、借りてもいいですか。

Contoh 10

Dalam audio akan dibacakan teks sebagai berikut:

女性:おくにはどちらですか。

男性:

  1. そちらです
  2. イギリスです
  3. がっこうです

Bagaimana teman-teman? Apakah tahu jawabannya?

Contoh 9 adalah 3 (ungkapan untuk meminjam pulpen yang tepat adalah “kono pen, karite mo ii desuka?”)

Contoh 10 adalah 2 (hal yang ditanya adalah negara asal, sehingga jawabannya adalah Igirisu)

Audio hanya akan diputar sekali, oleh karena itu harus fokus ya saat sesi ini! Ini adalah beberapa cara supaya kalian bisa lebih siap menghadapi JLTP N5!

Tips 1. Membiasakan Diri untuk Sering Mendengar Audio Berbahasa Jepang

Dari sekarang, mulailah membiasakan diri dengan sering mendengarkan audio berbahasa Jepang. Teman-teman bisa saja mulai membiasakan diri dengan cara yang menyenangkan, seperti dengan sering mendengar lagu, drama, anime, YouTube, dll dalam bahasa Jepang.

Namun, perlu diperhatikan juga bahwa soal sesi mendengarkan JLPT N5 tentu berbeda dari audio bahasa Jepang pada umumnya. Kalian perlu banyak latihan agar terbiasa dengan soal JLPT N5 ini. Soal latihan bisa didapatkan dengan mudah di YouTube. Pada tes N5, soal akan cenderung dibacakan dengan perlahan, tetapi kembali lagi, jika belum terbiasa dengan soal mendengarkan N5, teman-teman mungkin akan kesulitan dalam menjawab soal.

Tips 2. Mendengarkan Baik-Baik Pertanyaan di Awal

Ketika menjawab soal sesi mendengarkan, simak baik-baik soal yang dibacakan di awal. Memang tidak ada pengulangan dalam sesi mendengarkan, tetapi untungnya, soal akan dibacakan dua kali, yaitu di awal percakapan dan di akhir percakapan. Untuk itu, perhatikanlah pertanyaan yang disampaikan dengan baik.

Kesimpulan

Bagaimana teman-teman? Apakah sudah ada gambaran mengenai JLPT N5?

Intinya, teman-teman harus fokus dan berusaha meluangkan untuk belajar bahasa Jepang ya! Walau mungkin tidak sempat belajar setiap hari, setidaknya kalian harus rutin meluangkan waktu!

Jika rutin belajar, tampaknya hanya dalam waktu 6 bulan, teman-teman bisa lulus N5 lho! Namun, belajarnya harus rutin setiap hari ya. Karena menghafal huruf bahasa Jepang juga tentunya memerlukan waktu…

Ada banyak media yang memperkenalkan materi bahasa Jepang di internet termasuk di media sosial dan YouTube. Cobalah gunakan berbagai media tersebut untuk meningkatkan kemampuan bahasa Jepang kalian ya!