よろしくおねがいします。
Yoroshiku onegaishimasu.

Kalian pasti sering mendengarkan ungkapan di atas ketika mendengar percakapan dalam bahasa Jepang, bukan? Tahukah kalian apa arti ungkapan di atas? Umumnya yoroshiku onegaishimasu diartikan “mohon bantuannya”. Tapi, ungkapan ini sebenarnya memiliki banyak makna tergantung situasinya.

Melalui artikel ini akan dijelaskan beberapa situasi dan nuansa yang bisa menggunakan ungkapan di atas. Kalian juga bisa lebih memahaminya lewat contoh kalimat yang akan diberikan. Langsung saja, simak penjelasannya di bawah ini ya!

PenjelasanYoroshiku Onegasihimasu

Yoroshiku onegaishimasu” merupakan sebuah ungkapan yang sebenarnya sulit diterjemahkan. Secara umum, ungkapan ini banyak digunakan dalam situasi dan nuansa formal. Adapun ungkapan yoroshiku onegaishimasu yang umumnya dipakain dalam percakapan bahasa Jepang, bisa diterjemahkan ke dalam ungkapan-ungkapan di bawah ini.

  • Senang bertemu dengan Anda / kamu.
  • Mohon bantuannya.
  • Mohon kerja samanya.
  • Mohon perhatiannya.
  • Mohon bersikap baik kepada (saya).
  • Saya berhutang budi kepada Anda.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ungkapan yoroshiku onegaishimasu digunakan dalam situasi formal dan resmi. Namun, kalian bisa menyingkatnya menjadi yoroshiku untuk suasana yang lebih kasual. Adapun maknanya tidak jauh dengan makna yang sudah disebutkan di atas.

Penggunaan “Yoroshiku Onegaishimasu

Dengan melihat makna penggunaan ungkapan yoroshiku onegaishimasu di atas, dapat disimpulkan bahwa ungkapan ini bisa digunakan dalam banyak situasi. Berikut adalah situasi-situasi yang umum menggunakan ungkapan yoroshiku onegasihimasu.

Saat memperkenalkan diri

Jikoshoukai atau perkenalan diri dalam bahasa Jepang adalah hal awal yang penting kalian palajari sebagai pembelajar bahasa Jepang. Perkenalan dalam bahasa Jepang umumnya diawali dengan mengucapkan salam hajimemashite, kemudian menyebutkan identitas diri seperti nama, dan terakhir ditutup dengan yoroshiku onegaishimasu atau yoroshiku, yang dalam situasi ini dapat diartikan “senang berkenalan dengan Anda” atau “mohon bantuannya”.

Langkah-langkah perkenalan diri dalam bahasa Jepang
  1. Hajimemashite.
  2. Nama kalian, misalnya “watashi wa Sakura desu”.
  3. Identitas lain (asal, pekerjaan, dan sebagainya), misalnya “Yokohama kara kimashita. / Daigakusei desu”.
  4. Yoroshiku onegaishimasu.

Jika kalian ingin tahu bagaimana cara memperkenalkan diri yang benar ketika bertemu dengan orang Jepang, apa saja yang harus diucapkan, dan bagaimana intonasi dan pelafalan yang benar, kalian bisa mendengarkan contoh percakapan perkenalan diri di halaman ini!

Menyampaikan salam kepada orang lain

Di Indonesia pun pasti ada kebudayaan ini. Menitipkan salam lewat seseorang untuk orang lain. Dalam bahasa Indonesia dapat diterjemahkan menjadi “mohon sampaikan salam saya kepada…”.

Dalam dunia kerja

Biasanya dalam dunia kerja, ungkapan yoroshiku onegaishimasu digunakan untuk diucapkan kepada teman kerja dalam situasi apapun, khususnya ketika satu sama lain membutuhkan bantuan, di mana bisa diartikan “mohon bantuannya” atau “mohon kerja samanya”.

Sebagai tambahan, di dunia kerja ungkapan yoroshiku onegaishimasu tidak hanya digunakan sebagai ucapan verbal tapi umum juga digunakan ketika menggunakan email. Adapun ungkapan yang lebih sopan dan umum digunakan kepada atasan adalah yoroshiku onegaiitashimasu.

Diucapkan saat tahun baru

Salam ucapan tahun baru yang umum digunakan oleh orang Jepang adalah akemashite omedetou gozaimasu. Biasanya, baik pembicara maupun lawan bicara akan saling mengucapkan yoroshiku onegasishimasu dengan artian, “(di tahun baru ini pun) mohon bantuannya”.

Saat bergabung dengan perkumpulan, klub, perusahaan, dan sebagainya

Merupakan hal umum untuk memohon bantuan dan kerja sama ketika kalian bergabung dalam perkumpulan baru. Oleh karena itu, yoroshiku onegaishimasu pun digunakan dalam situasi ini, di mana dapat diartikan, “saya akan melakukan yang terbaik di masa depan” atau “Mohon maaf, tapi saya mohon bantuannya”.

Contoh Kalimat

Untuk lebih memahami penggunaan ungkapan ini, mari perhatikan contoh-contoh kalimatnya secara langsung.

Hajimemashite, Sakura desu. Yoroshiku onegaishimasu.
Okaa-san ni yoroshiku otsutae kudasai.
Kyou mo yoroshiku onegaishimasu.
Kotoshi mo yoroshiku onegaishimasu.
Kyou mo yoroshiku!
Kongo tomo, otsukiai no hodo, yoroshiku onegaishimasu. 
Futsutsuka-mono desu ga, yoroshiku onegaishimasu.

Kesimpulan

Seperti yang ditunjukkan di atas, ada beberapa cara untuk menterjemahkan arti dari yoroshiku onegaishimasu, tetapi hal yang penting untuk diperhatikan adalah bahwa hal itu tidak dikatakan berkaitan dengan sesuatu yang telah terjadi, melainkan digunakan sebagai ungkapan syukur, pemohonan , penjelasan, atau ekspresi dari sesuatu yang akan terjadi di masa depan.

Selain itu, yoroshiku onegaishimasu juga adalah cara yang sangat nyaman untuk mengakhiri percakapan dan email tertulis. Mulai sekarang, perhatikan baik-baik situasi dan percakapan ketika kalian menggunakan ungkapan ini ya.

Semoga penjelasan di atas bisa dengan mudah kalian pahami. Sampai di sini dulu bahasa Jepang yang aku bagikan kali ini. Semoga selalu bermanfaat dan bisa kalian gunakan dalam kehidupan sehari-hari kalian.