頭が切れる人。
Atama ga kireru hito.

Pernahkah kalian mendengar idiom di atas? Kalimat di atas secara sederhana bisa diartikan “orang cerdas”. Tentu saja, jika dilihat arti harfiahnya akan sangat jauh berbeda.

Oleh karena itu, melalui artikel ini Kepo Jepang akan menjelaskan makna dari idiom atama ga kireru dan kapan bisa kalian gunakan. Selain itu, kalian juga bisa memahami idiom ini dengan mudah melalui contoh-contoh kalimat yang akan diberikan.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak selengkapnya di bawah ini.

Penjelasan “Atama ga Kireru”

Idiom merupakan kata kiasan yang dibentuk dari perpaduan kata yang jika diartikan akan menciptakan makna yang mungkin menjadi aneh. Sama halnya dengan idiom atama ga kireru. Mari kita perhatikan arti setiap kata dari idiom ini.

  • Atama: kepala
  • Kireru: potong 

Atama ga kireru” digunakan untuk menyebut orang yang “memiliki pemikiran yang tajam”, atau sederhananya bisa juga diartikan “pintar” atau “cerdas”. Jika dijelaskan lebih terperinci, selain mampu berpikir dengan tajam terhadap segala sesuatu, orang tersebut juga dianggap mampu menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat.

Secara umum kita memang akan lebih sering mendengarkan orang Jepang menggunakan kata “atama ga ii” yang juga berarti “pintar”. Hal yang membedakan adalah pada kata “kireru” yang berarti “tajam”. Kita bisa memakai keduanya untuk mengungkapkan kata “pintar”. Namun, perlu diperhatikan bahwa “atama ga ii” lebih cenderung ke “pintar” dalam arti secara umum, sedangkan “atama ga kireru” cenderung ke “pemikiran yang tajam, sehingga bisa melakukan segala hal dengan cepat dan baik”.

Contoh Kalimat

Untuk lebih mudah memahaminya, mari kita lihat beberapa contoh kalimat berikut ini!

Kon’na toki wa atama ga kireru kare ni soudan shite miyou.
Otouto wa atama ga kireru kara, shourai wa oote kigyou de hataraku koto ga dekiru deshou!
Ano daigaku ni wa atama ga kireru yuushuu na gakusei shika inai yo!
Yamada san wa atama ga kireru kara, tsugi no chiimu no riidaa toshite fusawashii desu ne.
Kare wa atama ga kireru node, chiimu no riidaa ni tekinin da ne.
Ano kaisha ni wa atama ga kireru jinzai ga ooi to kikimashita.
Kare wa itsumo namaketeiru you ni mieru ga, jitsu wa atama ga kireru hito da.
Matsumoto san wa watashi ga totemo sonkei shite iru joushi desu. Shigoto ga hayakute, nandemo dekiru shi, hontou ni atama ga kiremasu.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan, “atama ga kireru” secara sederhana berarti “pintar” agtau “cerdas”, tetapi lebih merujuk pada orang yang memiliki pemikiran yang tajam.

Sebagai tambahan, sebagai pujian terhadap orang lain, kita bisa hanya menggunakan “atama ga kireru ne!” yang artinya “kamu memiliki pemikiran yang tajam ya!”

Bagaimana teman-teman? Apakah sudah bisa memahami idiom “atama ga kireru”? Jika ada waktu, cobalah untuk membuat contoh kalimat dengan dengan kata ini ya!

Untuk memahami pengertian idiom atama ga kireru, yuk kita perhatikan kembali beberapa hal di bawah ini.

Q) Apa arti idiom “atama ga kireru”?

A) Secara sederhana “atama ga kireru” bisa diartikan “cerdas” dan “pintar”, tetapi lebih merujuk pada orang yang memiliki pemikiran yang tajam.

Q) Apa bedanya “atama ga ii” dan “atama ga kireru”?

A) “Atama ga ii” hanya menunjukkan kepintaran seseorang saja, sedangkan “atama ga kireru” menunjukkan bahwa orang tersebut selain pintar, juga memiliki pemikiran yang tajam, sehingga bisa melakukan segala hal dengan cepat dan baik

Q) Contoh penggunaan idiom “atama ga kireru”?

A) -1- Atama ga kireru hito (Orang berpikiran tajam / cerdas.) / -2- Kare wa atama ga kireru node, chiimu no riidaa ni tekinin da ne. (Dia (laki-laki) pantas menjadi pemimpin tim karena memiliki pemikiran tajam. ) / -3- Atama ga kireru ne! (Kamu cerdas ya / Kamu memiliki pemikiranyang tajam ya.)

Semoga penjelasan di atas bisa dengan mudah kalian pahami. Jangan lupa terus ikuti informasi-informasi terbaru di Kepo Jepang. Untuk kalian yang masih penasaran dengan pertanyaan lainnya seputar Jepang dan bahasa Jepang, langsung cek di halaman ini saja ya!