Bagi teman-teman yang baru pertama kali mengenal bahasa Jepang, mungkin kalian sudah tahu kata-kata umum seperti ohayou gozaimasu (selamat pagi) atau konnichiwa (selamat siang). Namun, ketika kalian berniat untuk mulai mempelajari bahasa Jepang mungkin kalian bingung dari mana harus memulainya.

Langkah-langkah pertama yang kalian pelajari adalah hal yang penting untuk membangun pondasi dalam mempelajari bahasa apapun. Semakin kalian berhati-hati dan bersungguh-sungguh, semakin mudah kalian melangkah menuju step selanjutnya.

Langkah Awal Belajar Bahasa Jepang Bagi Pemula

Langkah dasar merupakan pondasi utama dalam mempelajari apapun, termasuk bahasa Jepang. Oleh karena itu yang paling utama adalah luangkan waktu kalian untuk memahami langkah-langkah dasar ini. Mungkin akan terasa lambat sekarang, tetapi sebenarnya akan mempercepat langkah kalian di kemudian hari.

Lalu, bagaimanakah memulai belajar bahasa Jepang yang baik dan benar?

Dimulai dengan Mempelajari Hiragana

Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa yang menggunakan huruf non-alfabet. Ada tiga huruf yang digunakan oleh orang Jepang, Hiragana, Katakana dan Kanji. Bagi pemula mulailah dari huruf dasar dan paling mudah, yaitu Hiragana.

Kemampuan membaca Hiragana akan menjadi pondasi utama untuk mempelajari bahasa Jepang melalui buku teks dan sumber belajar bahasa Jepang lainnya bagi pemula. Jika kalian belajar dengan sungguh-sungguh dan rajin, kalian bisa menghabiskan waktu kurang lebih satu bulan penuh untuk belajar Hiragana.

Tentu saja mempelajari Hiragana bukan hanya sekadar mengenali cara baca huruf-hurufnya saja, tetapi juga penting bagi kalian untuk mempelajari bagaimana cara menuliskan Hiragana. Untuk memahami tata cara penulisan Hiragana yang baik dan benar silakan baca di halaman ini.

Sebagai tambahan, mempelajari Hiragana sama dengan mempelajari bagaimana pelafalan suku kata dalam bahasa Jepang. Sehingga dengan menyelesaikan langkah pertama ini dengan baik akan mempermudah kalian mempelajari bahasa Jepang menuju tahapan berikutnya.

Pelajari Huruf Katakana dan Pahami Penggunaannya

Pada dasarnya Katakana dalam bahasa Jepang digunakan untuk penggunaan kata-kata yang diserap dari bahasa asing. Jumlah huruf dasar dan pelafalannya hampir sama dengan Hiragana, hanya saja dengan bentuk huruf yang sedikit lebih tegas.

Mempelajari Katakana akan mempermudah kalian dalam mempelajari kosakata dasar dalam bahasa Jepang. Selain mengenal tulisannya, pastikan kalian memahami aturan penggunaan Katakana untuk memudahkan kalian dalam menggunakannya di kemudian hari.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja pelajari huruf Katakana di halaman ini.

Mempelajari Aisatsu (Salam Sapa) Dasar

Dalam bahasa Jepang ada istilah aisatsu, yaitu salam sapa. Ada banyak sekali salam sapaan dalam bahasa Jepang. Namun, sebagai pembelajar baru kalian bisa mulai mempelajari aisatsu dasar yang digunakan dalam percakapan harian seperti :

dan sebagainya.

Mempelajari aisatsu sangatlah penting karena ini merupakan salah satu budaya Jepang yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memahami aisatsu dasar, kalian juga bisa memahami sopan santun dan perilaku yang harus dilakukan ketika berhadapan dengan orang Jepang.

Sebagai tambahan, pada tahap ini kalian juga bisa mempelajari bagaimana cara memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang. Untuk lebih jelasnya, silakan lihat ungkapan salam perkenalan bahasa Jepang yang ada di halaman ini.

Mengenal Kosakata Dasar dan Harian

Memperbanyak hafalan kosakata (kotoba) ketika belajar bahasa asing akan semakin meningkatkan kemampuan dan penguasaan kalian terhadap bahasa tersebut. Begitu pula ketika belajar bahasa Jepang.

Cobalah mulai mempelajari dan menghafal kosakata-kosakata yang paling mudah. Kalian bisa memulainya dengan kosakata-kosakata yang digunakan dalam JLPT N5 dan N4, baik itu dimulai dari kata benda, kata kerja maupun kata sifat

Cara terbaik menghafal kosakata adalah dengan mengingatnya melalui kalimat. Cobalah pelajari berbagai kosakata melalui contoh kalimat yang ada di artikel kosakata JLPT N5/N4. Jangan lupa juga buatlah catatan kosakata pribadi yang sedang kalian pelajari dan mencoba membuat kalimat sendiri dengan kosakata-kosakata tersebut. Lakukan hal ini secara rutin sampai kalian merasa telah menguasai setiap kosakata yang sedang dipelajari.

Latihan Mendengarkan, Berbicara, Membaca dan Menulis dengan Cara yang Menyenangkan

Di zaman serba teknologi saat ini, kalian akan jauh lebih dimudahkan ketika mempelajari bahasa asing, termasuk bahasa Jepang. Ada banyak metode untuk belajar bahasa Jepang dengan cara yang lebih menyenangkan.

Misalnya, mempelajari kosakata melalui lirik lagu bahasa Jepang atau komik Jepang, atau memahami pelafalan bahasa Jepang melalui film, drama atau anime, atauh video-video belajar bahasa Jepang yang ada di Youtube, seperti yang dimiliki oleh Kepo Jepang.

Selain itu, kalian bisa belajar kosakata bahasa Jepang melalui “games” atau aplikasi belajar bahasa Jepang seperti “Duolingo”. 

Sebagai tambahan, kalian bisa juga menggunakan media sosial seperti Instagram dan Twitter untuk belajar menulis dalam bahasa Jepang. Menulis diary dengan bahasa Jepang pun bisa menjadi alat menyenangkan untuk mengasah kemampuan kalian dalam menulis kalimat bahasa Jepang. Dengan menggunakan alat dan material yang menarik seperti ini, tentu kalian akan lebih santai dan belajar bahasa Jepangnya akan menjadi menyenangkan.

Belajar Menggunakan Kamus Online, Materi Belajar Online dan Buku Teks yang Sesuai

Ada banyak sekali aplikasi kamus online bahasa Jepang yang bisa kalian gunakan. Kamus online tentu saja banyak kelebihannya, selain praktis kalian bisa menggunakannya kapanpun dan di manapun. Misalnya, ketika kalian menemukan kosakata baru, kalian akan bisa dengan mudah langsung mencari tahu artinya. 

Selain menggunakan kamus online, kalian juga bisa belajar bahasa Jepang melalui media online belajar bahasa Jepang seperti Kepo Jepang. Di Kepo Jepang kalian bisa mempelajari bahasa Jepang dari mulai huruf, kosakata, tatabahasa, percakapan sehari-hari, sampai materi untuk JLPT.

Walaupun sudah banyak aplikasi dan website yang menyediakan materi pembelajaran, ada baiknya kalian juga memiliki buku teks yang sesuai dengan kemampuan bahasa Jepang kalian. Kalian bisa menggunakan buku seperti “Minna no Nihongo” atau “Marugoto”.

Mempelajari Dasar Huruf Kanji

Bagi pemula mungkin cukup dengan mempelajari Hiragana dan Katakana saja. Tetapi, ada baiknya juga kalian mencoba memahami Kanji dasar yang digunakan dalam bahasa Jepang.

Belajar Kanji jauh lebih mudah dibarengi dengan belajar kosakata. Tentunya kalian yang baru belajar bahasa Jepang cukup dengan menghafal huruf-huruf Kanji yang ada di JLPT N5 atau JLPT N4. Untuk mengenal huruf Kanji sendiri kalian bisa membacanya di halaman ini.

Pelajari Materi Secara Berulang-ulang

Poin penting dalam belajar bahasa asing adalah mempelajarinya secara berulang-ulang. Misalnya, ketika mempelajari huruf Hiragana dan Katakana, lakukan pengulangan baik latihan menulis maupun melafalkan. Begitu juga ketika menghafal kosakata, lakukanlah pengulangan dengan mencoba membuat kalimat menggunakan kosakata yang sama secara berulang-ulang. Untuk latihan mendengar, cobalah untuk mendengarkan contoh-contoh percakapan secara berulang-ulang agar kalian terbiasa dengan pelafalan bahasa Jepang.

Kesimpulan

Setiap orang memiliki cara dan periode waktu yang berbeda-beda dalam mempelajari bahasa Jepang. Cara di atas pun hanyalah rekomendasi dari Kepo Jepang untuk mempermudah kalian yang mungkin baru belajar bahasa Jepang dan merasa bingung harus memulainya dari mana. Intinya luangkanlah waktu kalian untuk belajar dan berlatih setiap materi bahasa Jepang yang ingin kalian kuasai. Lakukanlah secara bertahap untuk mempermudah pemahaman kalian dan lakukan secara rutin agar kalian dengan cepat bisa memahami dan menguasai bahasa Jepang.

Sampai di sini dulu tips belajar bahasa Jepang yang bisa Kepo Jepang sampaikan. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat bagi teman-teman yang baru mulai belajar bahasa Jepang. Jangan lupa simak terus informasi bahasa Jepang dan berita seputar Jepang di web maupun sosial media Kepo Jepang.

Untuk mengingat kembali tips-tips di atas, coba perhatikan beberapa hal di bawah ini.

Q) Belajar bahasa Jepang awal mulanya lewat apa?

A) Belajar bahasa Jepang bisa dimulai dari ungkapan salam sederhana dan huruf Jepang seperti Hiragana dan Katakana, ya! Setelah itu, sambil mengingat berbagai kosakata, pelajari juga penggunaan partikel serta tata bahasa sederhana yang mencakup materi tata bahasa JLPT N5. Kemudian, setelah mulai terbiasa dengan tata bahasa dan kosakata sederhana dalam bahasa Jepang, lanjut pelajari kosakata JLPT N5/N4 yaa.. Hal yang terpenting adalah mempelajarinya secara rutin dan bertahap ya! Jadi, sederhananya bisa mulai dari salam, lalu secara bertahap belajar huruf, kosakata, dan tata bahasa Jepang.

Q) Langkah awal belajar bahasa Jepang yang baik seperti apa?

A) Dikarenakan bahasa Jepang memiliki huruf sendiri, cobalah mulai dari mempelajari huruf Hiragana yang paling mudah. Setelah itu mulailah pelajari aisatsu (salam sapaan) dasar yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti ohayou gozaimasu, konnichiwa dan sebagainya.

Q) Apakah yang baru belajar bahasa Jepang harus langsung tahu huruf Kanji?

A) Huruf Kanji adalah salah satu huruf yang mungkin sulit untuk dipelajari secara langsung. Oleh karena itu, belajarlah huruf Kanji sesuai dengan kemampuan bahasa Jepang kalian. Pelajarilah Kanji melalui kosakata agar lebih mudah mengingatnya.

Q) Bagaimana agar fasih dalam melafalkan bahasa Jepang?

A) Pada dasarnya pelafalan bahasa Jepang hampir sama dengan bahasa Indonesia, jadi tidak akan terlalu sulit dalam mempelajarinya. Untuk mempermudah gunakanlah media yang menarik seperti menonton film, anime atau drama Jepang. Selain menambah perbendaharaan kosakata, kalian juga secara langsung bisa mempelajari pelafalan yang baik dan benar.

Untuk melihat pertanyaan lainnya seputar bahasa Jepang dan info-info menarik tentang Jepang, langsung saja baca di halaman ini ya.