こんばんは!
Konbanwa!

Pasti kalian tahu dong asisatsu (salam sapa) di atas artinya apa? Konbanwa adalah salam sapa yang bisa kalian ucapkan di malam hari, dengan kata lain bisa diartikan “selamat malam”.

Mengenal berbagai macam aisatsu dalam bahasa Jepang sangatlah penting, karena saling menyapa antar sesama merupakan bentuk sopan santun yang sudah menjadi budaya dalam kehidupan sehari-hari di Jepang.

Untuk lebih mengenal bagaimana makna dan pengggunakan salam sapa konbanwa ini, yuk langsung simak penjelasannya di bawah ini! Jangan lupa tonton juga video penjelasannya ya!

Penjelasan “Konbanwa”

Sama halnya dengan ohayou gozaimasu dan konnichiwa, konbanwa juga termasuk ke dalam salam sapaan atau aisatsu bahasa Jepang yang artinya “selamat malam”. Jika melihat waktu penggunaannya, umumnya konbanwa diucapkan di mulai dari setelah matahari terbenam atau keadaan sudah mulai gelap.

Dengan melihat rentang waktu penggunaannya, sama halnya dengan konnichiwa, konbanwa juga bisa diartikan dengan “selamat sore”, karena waktu selamat sore memang ada di antara “selamat siang” dan “selamat malam”, oleh karena itu, konnichiwa dan konbanwa pun bisa diartikan sebagai “selamat sore”.

Seperti halnya konnichiwa, konbanwa juga bisa kalian ucapkan ketika bertemu atau mengunjungi seseorang. Begitu juga lawan bicara yang bisa kalian ucapkan salam sapa konbanwa, yaitu orang yang tidak terlalu sering bertemu dengan kalian atau orang yang tidak terlalu akrab. Misalnya, tamu, tetangga dan orang yang belum atau baru kalian kenal.

Konbanwa berasal dari satu kalimat sapaan panjang yang diucapkan oleh orang-orang zaman dulu, yaitu :

今晩はご機嫌いかがですか?(Konban wa gokigen ikaga desuka?)
→ Bagaimana kabar Anda malam ini?

Konban” artinya “malam ini”, pengucapannya diperpendek jadi “konbanwa” saja yang dimaknai sebagai sapaan “selamat malam” saat bertemu seseorang di malam hari.

Contoh Kalimat

Berikut beberapa contoh penggunaan konbanwa dalam kalimat!

Tanaka-san, konbanwa.
Mina-san, konbanwa.
Konbanwa! Kyou no gakkou wa dou deshita ka?
Konbanwa! Kyou wa ichi nichi juu ame ga futteimashita ne!
Hashimoto Buchou, konbanwa. Kon’ya wa kanari hiemasu ne.
Yamazaki-san, konbanwa. Ima kara gaishutsu desuka?

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh penggunaan konbanwa dalam kehidupan sehari-hari. Mudah bukan?!
Jadi, konbanwa ini bisa kalian gunakan untuk menyapa siapapun yang kalian temui di malam hari. Semoga penjelasan di atas bisa kalian pahami dengan mudah dan tentunya bermanfaat untuk kalian!

Sampai di sini dulu penjelasannya, jangan lupa untuk membaca aisatsu (salam sapa) lainnya juga ya! Tetapi, sebelum itu yuk kita perhatikan dulu hal-hal berikut!

Apa artinya “konbanwa”?

Konbanwa artinya selamat malam atau selamat sore.

Jam berapa waktu yang tepat untuk mengucapkan “konbanwa”?

Umumnya “konbanwa” diucapkan di mulai dari setelah matahari terbenam atau keadaan sudah mulai gelap.

Bedanya “konbanwa” dan “oyasuminasai” apa? Dua-duanya artinya “selamat malam” kan?

Konbanwa digunakan sebagai sapaan “selamat malam” ketika kalian bertemu atau berpapasan dengan orang. Sedangkan “oyasuminasai” digunakan ketika kalian berpisah dengan orang yang kalian temui, dalam artian “selamat malam” sebagai salam perpisahan mengakhiri pertemuan di malam itu.

Mengapa “konbanwa” ditulis こんばんは? Kenapa tidak dibaca konbanha?

“Konbanwa” yang digunakan saat ini adalah kependekan dari sapaan panjang di zaman dulu yaitu “Konban wa gokigen ikaga desuka? (Bagaimana kabar Anda malam ini?)”. “Konban” artinya “malam ini”, pengucapannya diperpendek jadi “konbanwa” saja yang dimaknai sebagai sapaan “selamat malam” saat bertemu seseorang di malam hari.