Simak satu ungkapan bahasa Jepang yang bisa digunakan di kehidupan sehari-hari yuk!!

Bahasa Jepang yang aku ajarin hari ini yaitu ohayo gozaimasu(おはようございます) ini bisa juga lho diucapkan selain di pagi hari.

Apa sih makna dari “ohayou gozaimasu”?

“Ohayou gozaimasu” merupakan salah satu aisatsu atau salam sapaan dalam bahasa Jepang. Artinya sama dengan “selamat pagi”. Bisa kalian ucapkan kepada siapapun, baik orang tua, teman, senior, guru, bos, rekan kerja maupun tetangga. Kalau sama teman, kalian bisa aja ngucapinnya cuman “ohayou” aja. Tapi pastikan pakai “Ohayou gozaimasu” yah kalau sama orang yang lebih tua.

Contohnya :

先生、おはようございます
Sensei, ohayou gozaimasu.
Selamat pagi, bapak/ibu guru.

Contoh informalnya,
みんな、おはよう!
Minna, ohayou!
Pagi teman-teman!

Oh iya, “ohayou gozaimasu” bisa juga loh diucapkan selain di pagi hari. Biasanya sih dipakai di lingkungan kerja. Di Jepang ada pekerjaan yang 24 jam, nah karyawan yang punya shift siang, sore atau malam, pas masuk kerja biasanya akan mengucapkan “ohayou gozaimasu”, sebagai bentuk sapaan yang maknanya sama dengan salam sapaan pertama saat masuk kerja!

Gimana, udah ngerti kan? Jadi selain punya arti “selamat pagi”, “ohayou gozaimasu” juga bisa dipakai sebagai sapaan awal kalau kalian memulai bekerja pada jam berapa pun! Semoga bahasa Jepang yang aku ajarin hari ini bermanfaat ya!