おはようございます!

Kata di atas dibacanya adalah ohayou gozaimasu. Pasti kalian sudah pernah mendengar bahasa Jepang ini bukan? Artinya adalah “selamat pagi“, yang termasuk ke dalam salah satu salam sapa atau aisatsu dalam bahasa Jepang.

Melalui artikel ini, Kepo Jepang akan menjelaskan kapan waktu yang tepat, dan bagaimana cara pengucapan yang benar dalam beberapa situasi. Untuk lebih jelasnya, langsung simak saja penjelasan di bawah ini. Jangan lupa tonton juga video penjelasannya ya!

Penjelasan “Ohayou gozaimasu”

Ohayou gozaimasu merupakan salah satu aisatsu atau salam sapaan dalam bahasa Jepang. Artinya sama dengan “selamat pagi”. Salam sapaan ini bisa kalian ucapkan kepada siapapun, baik orang tua, teman, senior, guru, bos, rekan kerja maupun tetangga.

Ungkapan di atas adalah bentuk salam dalam nuansa formal dan sopan. Jika kalian hendak menggunakannua kepada teman atau orang-orang yang sudah akrab dan dekat dengan kalian, pengucapannya cukup dengan mengatakan ohayou saja. Namun, pastikan kalian menggunakan ohayou gozaimasu ketika mengucapkannya kepada orang yang lebih tua.

Sebagai tambahan, ohayou gozaimasu bisa juga diucapkan selain di pagi hari. Umumnya pengucapan ohayou gozaimasu di luar waktu pagi hari digunakan di lingkungan kerja. Di Jepang ada pekerjaan dengan jam kerja selama 24 jam, penggunaan salam sapa ohayou gozaimasu ini diucapkan sesuai dengan jam shift karyawan yang bersangkutan, baik itu mereka yang bekerja pada shift siang, sore atau malam. Ohayou gozaimasu digunakan sebagai bentuk sapaan yang maknanya sama dengan salam sapaan pertama saat masuk kerja!

Contoh Kalimat

Sensei, ohayou gozaimasu.
Minna, ohayou!
A : Ohayou, hiro. Yoku nemureta?
B : Ee, tappuri neta wa! Totemo choushi ga ii yo. 
Ohayou gozaimasu. Kyou mo ichi nichi yoroshiku onegaishimasu.
A : Ohayou, mika. Choushi wa dou?
B : Totemo genkidesu. Rika wa?
A : Ohayou gozaimasu. Kinou no purezen wa umaku ikimashitaka? 
B : Ohayou gozaimasu. Totemo umaku ikimashita! Sachou kara takusan home raremashita.
A : Sore wa yokatta! 

Kesimpulan

Bagaimana penjelasan salam sapaan “selamat pagi” di atas? Apakah bisa dengan mudah kalian pahami dan mengerti? Jadi dapat disimpulkan bahasa salam sapaan ohayou gozaimasu adalah salam dalam bentuk sopan dan formal yang bisa kalian gunakan dalam situasi dan nuansa apapun. Untuk penggunaan dalam nuanasa kasual, kalian cukup mengucapkan ohayou saja.

Semoga penjelasan aisatsu di atas mudah kalian pahami dan mengerti. Jangan lupa untuk mencoba mengaplikasikannya ya. Ikuti terus informasi terbaru seputar bahasa Jepang dan hal-hal menarik tentang Jepang, hanya di Kepo Jepang!