日・空・花

Ketiga Kanji di atas dibaca hi (matahari), sora (langit) dan hana (bunga). Sebelumnya, Kepo Jepang sudah memberikan beberapa tips untuk mempelajari dua huruf bahasa Jepang, yaitu Hiragana dan Katakana. Kali ini yang akan dibahas adalah tips mempelajari huruf Kanji.

Banyak pembelajar bahasa Jepang yang mengatakan bahwa mempelajari huruf Kanji itu sulit, selain jumlahnya yang banyak, bentuk huruf dan cara tulisnya pun lebih rumit dibandingkan Hiragana dan Katakana.

Untuk itu, di artikel ini Kepo Jepang akan coba membagikan beberapa tips mempelajari huruf Kanji untuk pemula. Untuk lebih jelasnya simak langsung penjelasan di bawah ini.

Tips dan Cara Belajar Huruf Kanji

Sebelum memahami cara belajar Kanji, yuk terlebih dahulu mengenal tentang Kanji di halaman ini!

Dalam mempelajari bahasa Jepang, keberadaan huruf Kanji sangatlah penting. Namun, sebelum mempelajari Kanji itu sendiri kalian harus terlebih dahulu menguasai Hiragana. Hal ini dikarenakan, Hiragana dan Kanji digunakan bersamaan dalam kalimat bahasa Jepang, ditambah penggunaan Katakana sesuai dengan fungsinya. Penggunaan huruf-huruf Jepang secara bersamaan bisa kalian lihat pada contoh kalimat di bawah ini.

Watashi wa Indonesia kara kimashita.
私はインドネシアから来ました。
Saya datang (berasal) dari Indonesia

Perlu kalian ingat bahwa jumlah huruf Kanji sangat banyak sekali dan cara penulisannya pun jauh lebih rumit dibandingkan Hiragana dan Katakana. Bisa dikatakan Kanji bukanlah suatu hal yang harus dihafal melainkan perlu kita pahami. Oleh karena itu, dalam mempelajari Kanji ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan.

Memahami Konsep Huruf Kanji

Huruf-huruf Kanji dalam bahasa Jepang merupakan karakter huruf yang diadopsi dari sistem penulisan huruf Cina (Hanzi). Ada karakter huruf yang ditulis sama persis dengan Hanzi, ada juga karakter-karakter yang penulisannya disederhanakan atau dimodifikasi. 

Banyak yang berpendapat bahwa hal yang paling sulit dalam belajar bahasa Jepang adalah mempelajari huruf Kanji. Hal ini mungkin dikarenakan jumlah huruf kanji yang banyak dan cara tulisnya yang jauh lebih rumit dibandingkan Hiragana dan Katakana.

Namun, berbeda dengan cara mempelajari Hiragana dan Katakana di mana satu karakter Hiragana sama dengan satu suku kata, mempelajari Kanji bisa dilakukan bersamaan dengan mempelajari kosakata. Oleh karena itu, salah satu cara cepat mempelajari Kanji adalah dengan mempelajari kosakata terlebih dahulu. Sebagai contoh, perhatikan contoh di bawah ini.

HiraganaKanji
み (mi) 花 (hana)
mi memiliki banyak makna, sehingga hanya dengan huruf Hiragana saja arti dan maknanya menjadi tidak jelasbunga

Selain mempelajari kosakata, huruf Kanji bisa mempermudah ketika membedakan kosakata-kosakata homofon seperti di bawah ini.

Kanji hashiArti
jembatan
ujung
sumpit

Memahami Cara Baca Kanji

Dikarenakan huruf Kanji merupakan huruf yang diadopsi dari huruf Cina, ada dua cara baca yang diterapkan dalam bahasa Jepang, yaitu onyomi yang merupakan cara baca yang diambil dari pengucapan bahasa Cina yang disesuaikan. Yang kedua adalah kunyomi yang merupakan cara baca asli yang dibuat oleh orang Jepang.

Bahasa Jepang adalah bahasa yang sangat sederhana dalam hal pengucapan kosakata, berbeda dengan bahasa Cina yang pelafalannya jauh lebih rumit. Oleh karena itu, Jepang mengubah bacaan asli Cina menjadi sesuatu yang dapat diucapkan dalam bentuk vokal bahasa Jepang. Jadi, bisa dikatakan pelafalannya terkadang mirip, tetapi tidak persis sama dengan bahasa Cina yang asli.

KanjiArtiOnyomiKunyomi
apiカ (KA)ひ (hi)
negaraコク (KOKU)くに (kuni)
gunungサン (SAN)やま (yama)
luarガイ (GAI)そと (soto)
dalamナイ (NAI)うち (uchi)

Dikarenakan onyomi adalah cara baca sesuai dengan pelafalan bahasa Cina, maka penulisannya menggunakan Katakana, dan umumnya menggunakan huruf kapital ketika dituliskan dalam romaji.

Tabel di atas hanya menampilkan sebagian cara baca saja, pada dasarnya satu Kanji bisa memiliki onyomi dan kunyomi lebih dari satu. Sebagai tambahan, apabila sebuah Kanji digunakan sebagai kata, biasanya Kanji tersebut dibaca dengan kunyomi. Sedangkan, pembacaan onyomi umumnya digunakan ketika dua Kanji digabungkan untuk membentuk sebuah kosakata, misalnya :

KanjiArtiCara Baca
火山Gunung merapiカザン (kazan)
国内Dalam negeriコクナイ (kokunai)
外国Luar negeriガイコク (gaikoku)

Selain itu, ada juga beberapa Kanji yang hanya memiliki onyomi saja atau kunyomi saja. Penggunaan onyomi saja biasanya dikarenakan Kanji tersebut tidak memiliki padanan kata yang tepat, sehingga cara baca Cinanyalah yang dipertahankan. 

Kanji yang hanya memiliki kunyomi saja biasanya merupakan karakter Kanji yang dibuat di Jepang. Dengan kata lain, para elit atau cendekiawan Jepang di masa lalu mengambil beberapa bagian dari beberapa Kanji dan menggabungkannya menjadi satu untuk menciptakan Kanji yang baru. Jenis Kanji ini disebut kokuji (huruf nasional). Berikut beberapa di antaranya :

KanjiArtiCara Baca
sawah, ladangはたけ (hatake)
putriひめ (hime)
lintasan gunung (yang sulit)とうげ (touge)
daun bambuささ (sasa)
layanganたこ (tako)

Memahami Arti dan Makna Kanji dengan Kosakata

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ketika kalian mempelajari Kanji bukan berarti kalian perlu mengingat dan menghafal sekian jumlah Kanji. Hal yang paling penting ketika mempelajari Kanji adalah memahami arti dari bacaan Kanji tersebut. Namun, mempelajari cara baca Kanji satu persatu akan menghabiskan waktu kalian. Oleh karena itu, hal yang paling baik adalah mempelajarinya melalui kosakata.

Ketika hendak belajar kanji dengan cara memahami arti dan maknanya, hal yang paling mudah adalah mempelajari kosakata yang menggunakan Kanji. Selain memperkuat konsep pemahaman masing-masing Kanji, mempelajari Kanji dengan kosakata akan mempermudah kalian mengingat arti dan makna setiap Kanji, dan tentunya memperbanyak perbendaharaan kosakata kalian.

Sebagai contoh, dibandingkan mencoba menghafal Kanji 学 (gaku), jauh lebih mudah jika kalian mencoba menghafal kosakata-kosakata yang dibentuk dari Kanji ini, misalnya :

KanjiArtiCara Baca
学校sekolahがっこう (gakkou)
学生pelajarがくせい (gakusei)
大学universitasだいがく (daigaku)
学年tahun di sekolah, kelas di sekolahがくねん (gakunen)
学費biaya sekolahがくひ  (gakuhi)

Dengan mempelajari beberapa kosakata yang menggunakan Kanji 学 (gaku), kalian akan bisa memahami bahwa Kanji ini memiliki makna “sekolah” atau sesuatu yang berhubungan dengan “sekolah”. Selain itu, kalian juga bisa mempelajari dan memahami arti serta makna dari huruf Kanji lainnya dalam setiap kosakata, sehingga akan mempermudah kalian untuk mempelajari dan memahami lebih dari satu Kanji.

Memahami dan Mempelajari Kanji Melalui Radikal atau Akar Kanji

Apa itu radikal dalam Kanji? Radikal atau akar Kanji adalah pola dan simbol karakter yang muncul dalam setiap Kanji. Pola dan simbol karakter ini diambil dari beberapa huruf Kanji dan mengalami perubahan bentuk ketika digabungkan dengan huruf Kanji lainnya. Ada 214 radikal dalam Kanji bahasa Jepang yang dijadikan karakter dasar untuk membentuk sebuah Kanji. Sebagai contoh, kanji 木 (moku; pohon, kayu). Kanji ini merupakan salah satu karakter dasar atau radikal Kanji Jepang yang disebut ki-hen, beberapa Kanji yang terbentuk dari ki-hen adalah :

KanjiArtiCara Baca
bukuホン (hon)
timurひがし (higashi)
Hutan belukarはやし (hayashi)
hutanもり (mori)
jembatanはし (hashi)

Coba kalian perhatikan, huruf-huruf Kanji yang menggunakan ki-hen ini berhubungan dengan dasar Kanji itu sendiri, yaitu 木 (moku) yang artinya pohon atau kayu. Dengan memahami setiap radikal dalam satu karakter Kanji maka akan mempermudah kalian memahami arti dan makna dari Kanji tersebut.

Memahami Aturan Menulis Kanji

Salah satu cara terbaik dalam mempelajari Kanji adalah menulisnya secara berulang-ulang. Sama halnya dengan Hiragana dan Katakana, huruf Kanji ditulis berdasarkan urutan garis tertentu. Aturan dasar penulisan Kanji secara umum adalah :

  1. Coretan horizontal dibuat dari kiri ke kanan
  2. Coretan vertikal dibuat dari atas ke bawah
  3. Huruf yang berupa coretan horizontal bersusun, ditulis dari atas ke bawah.
  4. Huruf yang berupa coretan vertikal ditulis dari kiri ke kanan.

Sama halnya dengan mempelajari cara baca setiap Kanji, mempelajari Kanji dengan menulisnya mungkin akan menghabiskan waktu, tetapi jika kalian mempelajari Kanji dengan menulis sesuai urutan garis akan mempermudah kalian dalam mengingat Kanji tersebut. 

Belajar Cara Mengetik Kosakata dengan Kanji 

Dalam era digital ini, penulisan Kanji dengan tangan mungkin sudah jarang dilakukan. Oleh karena itu, salah satu cara yang bisa kalian gunakan untuk mempelajari Kanji adalah dengan belajar mengetik Kanji. Kalian bisa menggunakan aplikasi belajar Kanji atau sekadar mengetik kosakata-kosakata yang sudah kalian pelajari di note smartphone atau laptop. Dengan terbiasa melakukan hal ini, selain kalian bisa mengingat kosakata, kalian juga bisa mempelajari Kanji secara bersamaan. Selain itu, jika kalian mempunyai teman Jepang atau teman yang sama-sama belajar bahasa Jepang, kalian bisa memanfaatkan komunikasi chat dengan menggunakan bahasa Jepang yang ditulis dengan Kanji.

Membaca Bacaan Bahasa Jepang Sebanyak Mungkin

Terbiasa membaca kalimat-kalimat yang berisi tulisan Kanji akan mempermudah kalian dalam mempelajari dan mengingat Kanji. Yang menjadi tantangan adalah menemukan bahan bacaan yang menarik dan tidak membosankan. Oleh karena itu, kalian bisa melakukan latihan ini dengan membaca manga, berita, atau novel-novel sederhana dalam bahasa Jepang. Dengan terbiasa membaca Kanji yang ada di dalamnya, maka seiring berjalannya waktu huruf-huruf Kanji tersebut akan tersimpan dalam memori kalian.

Mencari Referensi Latihan Melalui Buku dan Internet

Ada banyak sekali buku belajar Kanji untuk pemula yang di dalamnya menyediakan latihan-latihan Kanji dari level dasar sampai level mahir. Atau kalian juga bisa menggunakan kemajuan teknologi dengan mencari bahan latihan melalui internet. Kalian akan dengan mudah menemukan berbagai macam bahan latihan belajar bahasa Jepang termasuk Kanji. Baik itu media blog belajar bahasa Jepang, media sosial, cara mempelajari kanji lewat YouTube, dan sebagainya.

Download Aplikasi Belajar Kanji di Smartphone

Selain media internet, kalian bisa menggunakan aplikasi belajar bahasa Jepang di smartphone. Ada banyak aplikasi belajar Kanji di mana mereka menyediakan berbagai macam Kanji flashcards untuk memudahkan pembelajaran, seperti Duolingo, Kanji Cards, dan sebagainya. Dengan konsep games yang menarik, tentu kalian akan lebih santai dan belajar Kanji pun akan semakin menyenangkan.

Kesimpulan

Kanji mungkin tampak rumit dan membingungkan, terutama jika kalian membayangkan banyaknya guratan dan banyaknya jumlah Kanji yang ada dalam bahasa Jepang. Namun, seperti yang sudah disampaikan di atas, kalian tidak wajib mengingat keseluruhan Kanji yang ada. Belajarlah dengan cara yang menurut kalian paling cocok dan mudah untuk dimengerti.

Semoga penjelasan cara dan tips belajar kanji di atas bisa bermanfaat untuk kalian. Semangat terus belajar bahasa Jepangnya. Jangan lupa ikuti terus informasi terbaru seputar Jepang dan bahasa Jepang di Kepo Jepang ya.

Untuk mengingat kembali tips belajar Kanji di atas, yuk kita simak beberapa hal di bawah ini.

Q) Bagaimana cara mudah belajar kanji?

A) Mempelajari kosakata akan mempermudah kalian dalam mempelajari huruf-huruf kanji dalam bahasa Jepang. Selain itu, kalian juga bisa melakukan latihan menulis kosakata-kosakata dalam kanji secara berulang-ulang. Menggunakan aplikasi belajar Kanji di smartphone pun akan memudahkan kalian belajar Kanji.

Q) Cara seru belajar kanji?

A) Di era digital ini kalian bisa memanfaatkan teknologi melalui internet. Cobalah gunakan aplikasi-aplikasi belajar kanji, games yang berhubungan dengan kanji dan bahasa Jepang, atau menonton tutorial menulis huruf-huruf kanji di YouTube. Dengan begitu belajar kanji akan lebih menarik dan menyenangkan.

Q) Bagaimana cara mengingat kanji dengan mudah?

A) Selain sering melakukan latihan menulis dan menghafal kosakata-kosakata yang ditulis dengan kanji, bacalah bahan-bahan bacaan dalam bahasa Jepang sebanyak mungkin. Seperti manga, koran, berita-berita di internet. Semakin sering kalian melatih membaca dan melihat kalimat-kalimat yang ditulis dengan kanji, makan kalian akan semakin mudah mengingatnya.

Untuk melihat pertanyaan lainnya seputar bahasa Jepang dan info-info menarik tentang Jepang, langsung saja baca di halaman ini ya.