Artikel kali ini akan membahas kosakata kuufuku. Apa itu kuufuku? Yuk, langsung simak saja penjelasannya di bawah.

Penjelasan “Kuufuku

Dalam bahasa Jepang, kuufuku yang berarti lapar termasuk ke dalam golongan meishi (kata benda). Kuufuku menunjukkan keadaan perut yang kosong atau keinginan untuk mengisi perut yang kosong. Jika dilihat dari penulisan kanjinya sendiri, pengertian ini sesuai dengan penulisan huruf kanji kuufuku yang terdiri dari kanji aki (kosong) dan hara (perut). Dalam penggunaannya sendiri kuufuku berkesan lebih formal dan merupakan bahasa atau kata yang paling umum untuk “lapar”.

Istilah Bahasa Jepang Lain untuk “Lapar”

Ada banyak sekali istilah dan ungkapan yang sering digunakan untuk mengungkapkan lapar dalam bahasa Jepang. Sebagian besar istilah lain untuk menyatakan lapar memiliki arti harfiah “perut kosong”, yang menunjukkan keadaan perut seseorang saat lapar. Berikut adalah istilah dan ungkapan lain yang berarti “lapar”.

Sukibara

suki (kosong) + bara (hara, perut)

Harapeko

Hara (perut) + peko (kosong), bahasa kasual / harian. Bentuk lainnya adalah ohara ga peko-peko, ungkapan ini berkesan lebih feminim dan banyak digunakan perempuan dan anak kecil.

Ueru

Lapar, kelaparan. Bentuk kata kerja. Istilah ini tidak akan sering digunakan dalam ungkapan karena ini lebih merujuk pada hal-hal yang berhubungan dengan penderitaan kelaparan yang serius. Dan seringkali digunakan untuk mengungkapkan lapar di luar makanan seperti pada kalimat kare wa aijou ni ueteiru (dia kelaparan akan kasih sayang).

Onaka ga sukimashita

Secara harfiah artinya adalah “perut (saya) kosong”. Ungkapan sopan yang paling sering digunakan ketika merasa lapar. Bentuk kasualnya onaka ga suita.

Onaka ga heru / onaka ga hetta

Arti literalnya adalah “perut berkurang”, tapi ungkapan ini juga digunakan ketika mengatakan lapar. Nuansanya lebih non-formal dibandingkan onaka ga sukimashita.

Harahetta

Bentuk paling kasual ketika mengatakan “lapar”, dibentuk dari kata hara (perut) dan hetta (sudah kosong), tapi istilah ini memiliki kesan yang lebih maskulin dibandingkan istilah yang lain karena lebih banyak digunakan laki-laki.

Contoh Kalimat

Untuk lebih memahaminya, mari kita lihat penggunaan kata kuufuku pada contoh-contoh kalimat di bawah ini.

Karera wa kuufuku wo shinogu tame ni kukkii wo tabeta.
Kare wa kuufuku wo kanjita ga, taberu mono ga nani mo nakatta.
Hitokire no pan ga kuufuku wo iyashita.
Kamisama ni kansha subeki koto ni, watashi tachi wa kuufuku wo kanjita koto wa ichido mo arimasen deshita.
Me ga kurakura suru hodo kuufuku wo kanjiru.
Toriwake kuufuku ni sake wa ikenai.
Sono shokuji de kare wa kuufuku wo mitashita.
Choushoku wo tabenakatta kara, kuufuku da.
Kuufuku ni taerarezu kare wa nusumi wo hataraita.
Shokuji wo tsukuru nioi ga, watashi wo kuufuku ni suru.
Kesa, choushoku wo tabeteita nara, ima kuufuku dewanai darou.
Tsune ni kuufuku-kan ga arimasu.

Kesimpulan

Itulah penjelasan kosakata kuufuku (lapar) serta beberapa istilah dan ungkapan lain yang bisa digunakan ketika kalian ingin menyatakan lapar. Pastikan kalian menggunakan setiap istilah sesuai dengan keadaan dan situasi yang sesuai ya.

Semoga bahasa Jepang yang disampaikan kali ini pun bisa bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari kalian ya! Jangan lupa untuk terus berlatih agar semakin lancar bahasa Jepangnya dan ikuti terus informasi seputar bahasa Jepang dan Jejepangan lainnya, hanya di Kepo Jepang!