Oyasumi…

Tahukah kalian apa arti dari ungkapan “oyasumi” di atas? Dalam bahasa Indonesia, secara sederhana “oyasumi” diartikan “selamat tidur”. Namun, nuansa maknanya lebih dari sekadar salam ucapan selamat tidur loh.

Melalui artikel ini, Kepo Jepang akan mencoba menjelaskan makna “oyasumi”, dan kapan ungkapan ini bisa kalian gunakan.

Untuk lebih jelasnya, langsung simak saja penjelasan di bawah ini. Jangan lupa tonton juga video penjelasannya ya!

Penjelasan “Oyasuminasai”

Sebenarnya “oyasuminasai” memiliki arti yang sama dengan “konbanwa“, yaitu “selamat malam”. Namun, waktu pengucapannya yang sedikit berbeda. “Konbanwa” digunakan ketika kita bertemu orang lain di malam hari, sedangkan “oyasuminasai” diucapkan ketika kita akan berpisah untuk pulang ke rumah setelah bertemu di malam hari.

Oleh karena itu, selain “selamat malam”, “oyasuminasai” juga bisa diartikan “selamat beristirahat” atau “selamat tidur”. Aisatsu ini bisa kalian ucapkan kepada siapapun, baik keluarga, teman, orang terdekat atau rekan kerja kalian.

Kalian cukup mengucapkan “oyasumi” saja kepada orang yang sudah kenal dekat dengan kalian. Seperti keluarga, teman sekolah atau teman akrab di kantor. Namun, sebagian besar orang jepang tetap menggunakan “oyasuminasai” ketika mengucapkannya kepada orang tua, sebagai bentuk rasa sopan.

Contoh Kalimat

Berikut contoh penggunaan salam sapa oyasuminasai.

Otousan, okaasan, oyasuminasai.
Minna, oyasumi!

Kesimpulan

Aisatsu ini bisa digunakan secara langsung sebagai bahasa lisan maupun bahasa tulisan seperti chat, email, atau sns kalian untuk mengucapkan selamat beristirahat! Yang perlu diingat pastikan kalian menghindari mengucapkan oyasuminasai kepada atasan.

Semoga penjelasan di atas bisa dengan mudah kalian pahami dan mengerti. Jangan lupa baca artikel lainnya seputar Jepang dan bahasa Jepang di Kepo Jepang, Jangan sungkan untuk bertanya jika ada hal yang ingin kalian tanyakan ya.