Memperkenalkan diri selalu penting dalam memulai hubungan yang baik dengan seseorang : teman, teman sebaya, pelajar, rekan kerja, tetangga, dan sebagainya. Karenanya, penting untuk mempelajari hal-hal seperti cara mengatakan “Nama saya adalah” dalam bahasa Jepang.

Artikel berikut akan menjelaskan bagaimana cara kalian memperkenalkan nama kalian dalam bahasa Jepang.

Penjelasan “Watashi no Namae wa___desu

Watashi no namae wa___ (nama saya adalah___). Ungkapan ini adalah cara paling umum dan paling sering digunakan ketika kalian memperkenalkan nama kalian. Mari kita lihat arti masing-masing kata tersebut.

  • Watashi : Saya
  • no : partikel dengan fungsi kepemilikan
  • Namae : nama
  • wa : partikel dengan fungsi penunjuk topik (watashi no namae)
  • ___ : di isi dengan nama kalian
  • desu : akhiran kalimat yang menunjukkan kesopanan.

Nah, mudah bukan cara memperkenalkan nama kalian dalam bahasa Jepang. Namun, dalam beberapa situasi kalian bisa menggunakan ungkapan lain ketika memperkenalkan nama kalian. Yuk, kita lihat penjelasan di bawah ini.

Ungkapan Lain untuk Menyatakan “Nama Saya___.”

Onamae wa___desu

  • Awalan o- di sini menunjukkan kesopanan. Ungkapan yang satu ini jarang sekali digunakan.

Watashi wa___desu

  • Namae tidak dicantumkan, namun ungkapan ini juga paling umum digunakan. 

Watashi wa___to iimasu

  • Secara harfiah artinya adalah “saya disebut___”. Ungkapan ini sedikit lebih sopan dari ungkapan yang lain. Jika kalian ingin menggunakan bentuk yang lebih sopan untuk menggunakannya di acara resmi, kalian bisa mengganti iimasu dengan moushimasu (bentuk hormat dari iimasu), jadi watashi wa___to moushimasu, ungkapan ini paling sering digunakan dalam dunia bisnis dan kerja.

___desu

  • Menyebutkan langsung nama kalian + desu sering juga digunakan saat berkenalan, namun, hanya digunakan untuk situasi yang lebih akrab, misalnya saat berkenalan dengan teman sekolah, atau orang yang dikenalkan oleh teman kalian

___to yonde kudasai

  • “panggil saya___”. Biasanya digunakan ketika kalian memperkenalkan nama panggilan kalian. Jadi perkenalkan dulu nama asli kalian baru gunakan ini jika kalian ingin dipanggil dengan sebutan lain.

Menanyakan Nama Lawan Bicara

Ketika kalian mau menanyakan nama seseorang, kalian bisa menggunakan ungkapan-ungkapan di bawah ini.

  • Onamae wa nan desuka : paling umum dan sopan
  • Onamae wa? : lebih kasual dan akrab
  • Onamae wa nanto osshaimasuka : lebih formal dan sopan
  • Onamae wo ukagatte mo yoroshii deshouka : sangat sopan sekali, biasanya digunakan ketika menanyakan nama kostumer
  • Onamae wo oshiete itadakemasuka : sangat sopan dan formal. Biasa digunakan dalam dunia kerja dan bisnis

Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Jepang

Dalam mempelajari bahasa Jepang, jikoshoukai atau perkenalan diri adalah hal pertama yang akan kalian pelajari. Adapun langkah-langkah memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang bisa kalian lihat di bawah ini.

Saat memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang, kalian wajib mengawalinya dengan salam sapa hajimemashite. Setelah mengucapkan hajimemashite, kalian bisa menyebutkan nama kalian, dari mana kalian berasal, atau pekerjaan kalian.

Setelah menyebutkan identitas kalian, seperti nama, asal dan pekerjaan, hal terakhir yang dilakukan ketika memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang adalah menutupnya dengan salam sapaan yoroshiku onegaishimasu, douzo yoroshiku atau yoroshiku (kasual), yang bisa diartikan “senang berkenalan dengan Anda” atau “mohon bantuannya”.

Langkah-langkah perkenalan diri dalam bahasa Jepang
  1. Hajimemashite.
  2. Nama kalian, misalnya “watashi wa Sakura desu”.
  3. Identitas lain (asal, pekerjaan, dan sebagainya), misalnya “Yokohama kara kimashita. / Daigakusei desu”.
  4. Yoroshiku onegaishimasu.

Jika kalian ingin tahu bagaimana cara memperkenalkan diri yang benar ketika bertemu dengan orang Jepang, apa saja yang harus diucapkan, dan bagaimana intonasi dan pelafalan yang benar, kalian bisa mendengarkan contoh percakapan perkenalan diri di halaman ini!

Contoh Kalimat

Biar lebih jelasnya, yuk kita lihat contoh-contoh berikut!

A : Hajimemashite, watashi wa Yamazaki desu. Douzo yoroshiku.
B : Watashi wa Sato desu. Kochira koso yoroshiku.
Hajimemashite, Watashi no namae wa Yamada desu.
A : Onamae wa nan desuka?
B : Watashi no namae wa Michiko desu.
Konnichiwa, Tanaka to iimasu.
A : Onamae wa?
B : Satomi desu.
Sakura to moushimasu. Yoroshiku onegaishimasu.
Hajimemashite, watashi no namae wa Erika desu. Erippe to yondekudasai.

Kesimpulan

Mempelajari cara mengucapkan nama adalah aspek penting dari perkenalan bahasa Jepang, terutama ketika memperkenalkan diri untuk wawancara (kerja maupun sekolah). Menggunakan hajimemashite di awal sangat umum ketika menyatakan nama kalian untuk memulai perkenalan dalam bahasa Jepang.

Ada beberapa tip yang perlu diingat saat memperkenalkan diri kalian di Jepang, dari perspektif budaya. Misalnya, kalian biasanya harus menggunakan gaya bahasa Jepang yang formal dan sopan saat memperkenalkan diri, dan lebih baik jangan terlalu banyak membicarakan diri sendiri atau memberikan terlalu banyak detail pribadi secepatnya.

Sampai di sini dulu bahasa Jepang yang aku bagikan kali ini. Semoga selalu bermanfaat dan bisa kalian gunakan dalam kehidupan sehari-hari kalian.