Setelah mempelajari keterangan waktu sebelumnya, pasti kalian juga penasaran kan dengan istilah bahasa Jepang lainnya yang berhubungan dengan waktu. Kosakata yang akan dibahas kali ini adalah asa (pagi), yang merupakan bagian dari istilah jikantai (rentang waktu). Dalam bahasa Indonesia ada banyak istilah rentang waktu yang berhubungan dengan “pagi”, seperti subuh, fajar, dini hari, dan sebagainya. Begitu juga dalam bahasa Jepang. Nah, di artikel ini, selain membahas kata asa, akan dibahas juga istilah-istilah rentang waktu di pagi hari yang tentunya akan menambah perbendaharaan kosakata bahasa Jepang kalian.

Kalian juga akan bisa lebih memahami setiap kosakata melalui contoh-contoh kalimat yang akan diberikan di akhir artikel ini. Untuk lebih jelasnya, langsung simak saja penjelasan lengkapnya di bawah ini ya!

Penjelasan “Asa

Asa termasuk ke dalam golongan meishi (kata benda). Dalam kamus digital bahasa Jepang Daijiten, pengertian asa adalah rentang waktu tertentu antara matahari terbit hingga waktu siang hari. Waktu di mana umumnya manusia melakukan aktivitas. Berdasarkan ramalan cuaca, asa biasanya dimulai dari pukul 6 – 9, walaupun di beberapa wilayah ada yang menganggap “pagi hari” dimulai sejak pukul setengah 5. Namun, jika digunakan dalam ramalan cuaca seperti “ashita asa no saitei kion (suhu terendah besok pagi)”, “pagi” yang dimaksud di sini biasanya merujuk dari tengah malam (0:00) sampai pukul 9 pagi.

Istilah Bahasa Jepang untuk Rentang Waktu di Pagi Hari

Akegata / Yoake 

Secara harfiah akegata dan yoake dalam bahasa Indonesia bisa diartikan dengan kata yang sama, yaitu fajar, dini hari, atau subuh. Kedua kata ini merujuk pada rentang waktu sekitar fajar menjelang matahari terbit di mana langit mulai terlihat cerah. Menurut ramalan cuaca mengacu pada sekitar jam 3 pagi sampai jam 6 pagi. 

Yoake bisa juga diartikan sebagai “awal dari” era baru, budaya, seni dan sebagainya.

Souchou

Dalam bahasa Indonesia diartikan “pagi-pagi”, “pagi yang lebih awal” dan “pagi sekali”. Rentang waktu souchou tidak diungkapkan secara jelas. Tetapi, souchou umumnya merujuk pada waktu sebelum orang-orang pada umumnya memulai aktivitas. Sekitar 1 – 2 jam setelah memasuki waktu fajar.

Contoh Kalimat

Untuk lebih memahaminya, mari kita lihat penggunaan istilah-istilah rentang waktu pagi hari di atas melalui contoh-contoh kalimat di bawah ini.

Asa

Onee-san wa mai asa shichi-ji ni okimasu.
Q : Mai asa, nani de gakkou e ikimasuka?
A : Densha de ikimasu.
Jogingu wo shita ato de, asa gohan wo tabemasu.
Uchi no okaa-san wa asa gata desu.
Asa kara shitsuu ni nayamasarete iru.
Asa hachi-ji no densha ni nori okureta.
Tanaka sensei no jugyou wa asa hachi-ji san’juppun ni hajimaru.
Asa wa gohan dewa naku, pan-shoku ni shiteimasu.
Douro wa asu no asa made ni fukkyuu sareru deshou.
Kono famiresu de, nichi-youbi no asa ni wa koohii to ocha ga muryou saabisu saremasu.

Akegata / Yoake

Kanojo wa akegata ni dekaketa.
Akegata chikaku, ame ga futta.
Sono jiko wa akegata ni okotta.
Ane no akachan wa akegata chikaku ni umareta.
Akegata ni samukatta node, moufu wo mou ichimai kaketa.
Okaa-san wa itsumo yoake to tomoni okiru.
Yoake mae ni mokutekichi ni tsuku darou.
Watashi tachi wa yoake ni sanchou ni tsuita.
Watashi wa, totsuzen yoake mae ni okosareta.
Ashita, yoake mae ni okinakereba naranai.

Souchou

Kare wa wakai koro, souchou kara yoru made hataraiteita mono datta.
Souchou kara ame ga furi tsuzuite imasu.
Souchou sanpo suru koto wa ii koto desu.
Ane wa souchou shuppatsu suru tsumori datta ga, nesugoshita.
Karera wa souchou ni kyanpu-ba wo tatta, shougo mae ni machi ni tsuita.
Kono machi wa nichiyou no souchou wa totemo shizuka da.
Souchou ni tsuyu ga oriru.

Kesimpulan

Itulah penjelasan istilah rentang waktu di pagi hari dalam bahasa Jepang. Tentu saja istilah-istilah ini akan sering kalian temui dalam percakapan sehari-hari atau dalam buku-buku teks pelajaran bahasa Jepang lainnya. Semoga dengan penjelasan istilah-istilah di atas, akan menambah perbendaharaan kata yang sudah kalian pelajari selama ini.

Semoga penjelasan di atas pun bisa kalian pahami dengan mudah dan membantu kalian dalam mempelajari bahasa Jepang. Jangan lupa untuk terus berlatih agar semakin lancar bahasa Jepangnya dan ikuti terus informasi seputar bahasa Jepang dan Jejepangan lainnya, hanya di Kepo Jepang!