Kosakata yang akan dibahas kali ini adalah sakana (ikan). Langsung simak aja penjelasan lengkapnya di bawah ini ya.

PenjelasanSakana

Sakana (ikan) termasuk ke dalam golongan meishi (kata benda). Sakana bisa dikatakan istilah modern atau terbaru yang digunakan sejak abad pertengahan untuk menyebut “ikan”. Sebelum muncul kata sakana, ikan disebut uo (kanjinya sama, dan masih digunakan sampai saat ini). Kata sakana sendiri muncul dari kebiasaan orang Jepang yang suka menjadikan ikan sebagai teman makan ketika minum sake, atau disebut saka no na atau sakana. Saka (kanji sake, minuman alkohol) + na (teman makan). Seiring berjalannya waktu, kata sakana menjadi kata yang umum digunakan untuk menyebutkan “ikan”. Penulisan kanjinya pun disamakan dengan uo.

Uo mungkin asal mula kata “ikan” dalam bahasa Jepang, tapi saat ini penggunaanya lebih sempit. Biasanya uo digunakan untuk istilah-istilah yang secara spesifik berhubungan dengan “ikan”, seperti uo-ichiba (pasar ikan), uo-za (pisces, zodiak berlambang ikan), uo-gashi (pasar ikan tepi sungai), uo-tsuri (memancing), dan sebagainya.

Sebagai tambahan, penulisan kanji untuk sebagian besar jenis ikan dalam bahasa Jepang ditulis dengan menggunakan kanji dasar ikan loh! 

Contoh Kalimat

Berikut contoh-contoh kalimat yang menggunakan kata sakana.

Kusatta sakana wo tabete, onaka wo kowashite shimatta.
Sakana wa toretate no shinsen-na uchi ni taberu no ga ichi-ban desu.
Q : Sakana wa nanbiki tsuremashitaka.
A : Tatta san-biki desu.
Ooki-na sakana ga kakatta ga, ito ga kirete nigerareta.
Kono shurui no sakana wa taberarenai.
Nihon-jin wa sakana wo nama de taberu no ga suki da.
Kono kawa ni wa sakana ga ooi.
Shinsen-na sakana wo tabetai.
Kono mise wa sakana ya niku wo utteiru.
Neko wa niku yori sakana wo konomu.
Q : Niku to sakana, dochira ga suki desuka.
A : Watashi wa sakana no hou ga suki desu.
Q : Nama no sakana wo tabeta koto ga arimasuka.
A : Tabeta koto wa arimasu ga, kuchi ni aimasen deshita.

Kesimpulan

Itulah penjelasan sederhana tentang kosakata sakana (ikan) dalam bahasa Jepang. Jadi, sekarang kalian tahu kan kalau kata sakana ini adalah kosakata baru dari kata uo yang sebelumnya digunakan untuk menyebut ikan.

Semoga bahasa Jepang yang aku bagikan kali ini pun mudah dimengerti dan menarik ya. Jangan lupa untuk mencoba membuat kalimat sendiri menggunakan kata sakana dan terus ikuti info-info menarik seputar bahasa Jepang di blog Kepo Jepang!