Q) Apa arti dari penggunaan ~no desu? 日本語を勉強しているんですか? どうしましたか?お腹が痛いのです。今、食べているんです。彼と別れたんです。

A) Pola “no desu” atau “n desu”, seperti pada kalimat di atas digunakan untuk penekanan kalimat atau untuk menunjukkan ungkapan percakapan yang terkesan akrab, sehingga bisa dikatakan tidak bisa diartikan ke dalam bahasa Indonesia. Misalnya, kalimat “nihongo wo benkyou shite irun desuka?” terkesan lebih ada penekanan yang kuat dibandingkan dengan “nihongo wo benkyou shite imasuka?”. Demikian pula pada kalimat lainnya seperti “onaka ga itai no desu”, “tabete irun desu”, serta “wakaretan desu” menunjukkan penekanan dan juga ada kesan digunakan dalam suasana akrab. Silahkan lihat kembali fungsi partikel “no” ya.  

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Alasan dan sebab kenapa “ikimasu” menjadi pengecualian khusus? いきます いって・いった

A) Alasan dan sebab kata kerja “ikimasu” perubahannya menjadi “itte/itta” adalah untuk kemudahan dalam pengucapan atau pelafalannya. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini ya. 

Q) Ohayou gozaimasu. apa itu godan verb, intransitive verb, transitive verb, interjection, ichidan verb, suffix, suru verb? Arigatou gozaimasu.

A) Di Kepo Jepang ada beberapa artikel yang menjelaskan kata kerja apa saja yang ada dalam bahasa Jepang. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini ya.