Kuliah di Universitas Doshisha

Universitas Doshisha

Pendiri Universitas Doshisha (DouDai) adalah Niijima Jou, seorang pakar pendidikan yang pada usia 21 tahun pergi meninggalkan Jepang ke Amerika Serikat secara diam-diam ketika Jepang masih ada pada masa samurai.

Ketika menjadi pelajar asing. Nijiima kemudian menganut agama Kristen, lalu dia kembali ke Jepang dengan membawa mimpi “ingin mengimplementasikan pendidikan agama Kristen yang berlandaskan kebebasan dan hati nurani di Jepang”. Pada tahun 1875, dia membuka Sekolah Studi Inggris Doshisha (Doshisha Eigakkou) di Kyoto yang merupakan pendahulu Universitas Doshisha. “Doshisha” berarti “Onaji kokorozashi wo motsu mono ga tsukuru kessha, lembaga yang dibuat oleh orang-orang yang memiliki tujuan yang sama”.

Selanjutnya, pada tahun 1912 Doshisha Eigakkou menciptakan sistem baru, melakukan pengintegrasian dan mengubah namanya menjadi Universitas Doshisha. Pada tahun 1920, Universitas Doshisha menjadi universitas swasta pertama di daerah Kansai yang diakui secara hukum sebagai “universitas” setelah Universitas Waseda dan Universitas Keio yang berada di Tokyo. Pada saat itu, Universitas Doshisha terdiri dari program sarjana untuk Fakultas Sastra (Jurusan Teologi, Jurusan Sastra Inggris), Fakultas Hukum (Jurusan Politik, Jurusan Ekonomi) dan program pascasarjana.  

Saat ini, terdapat 14 program sarjana dan 16 program pascasarjana, di mana jumlah mahasiswa mencapai 30.000 orang, menjadikan Doshisha sebagai universitas berskala besar yang mewakili daerah Kansai. Selain itu, sebagai pendahulu sekolah ilmu Inggris, Doshisha juga berperan aktif dalam globalisasi dan memiliki hubungan yang erat dengan universitas-universitas yang ada di Amerika Serikat dan Jerman. Pada tahun 2011, dibuka program khusus (Institut Pendidikan Global)yang hanya bisa diselesaikan dengan bahasa Inggris saja.

Lokasi Universitas Doshisha

Universitas Doshisha terletak di 2 wilayah yang berada di Prefektur Kyoto, di mana terdapat beberapa kampus di setiap wilayah. Sebagian besar fakultas-fakultas seni liberal terletak di kampus-kampus yang ada di wilayah Imadegawa yang ada di pusat kota Kyoto dan fakultas-fakultas sains berada di kampus-kampus yang terletak di wilayah Kyotanabe.

Imadegawa

  • Alamat : Karasuma-higashi-iru, Imadegawa-dori, Kamigyo-ku, Kyoto-shi, Prefektur Kyoto,  602-8580
  • Jalur Kereta (Kampus Imadegawa) :
    Kyoto City Subway-Karasuma Line (Stasiun Imadegawa, 1 menit jalan kaki)
    Keihan Electric Railway (Stasiun Demachiyanagi, 15 menit jalan kaki)
  • Kampus :
    Kampus Imadegawa, Kampus Muromachi, Kampus Shinmachi, Kampus Karasuma
  • Fakultas :
    Fakultas Teologi, Fakultas Sastra, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Bisnis, Fakultas Ilmu Politik, Fakultas Kajian Budaya Global dan Regional 

Kyotanabe

  • Alamat : 1-3 Tatara Miyakodani, Kyotanabe-shi, Prefektur Kyoto, 610-0394
  • Jalur Kereta (Kampus Kyotanabe) :
    Kintetsu Railway (Stasiun Shintanabe, 10 menit dengan bus)
    Kintetsu Railway (Stasiun Miyamaki, 7 menit dengan bus)
    JR Gakkentoshi Line (Stasiun Doshisha, 10 menit jalan kaki) 
  • Kampus :
    Kampus Kyotanabe, Kampus Tatara, Kampus Gakkentoshi
  • Fakultas
    Fakultas Ilmu Budaya dan Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ilmu Kedokteran dan Biomedis, Fakultas Psikologi, Fakultas Komunikasi Global 

Tingkat Kesulitan dan Ketenaran Universitas Doshisha

Universitas Doshisha dikenal bukan hanya di daerah Kyoto, Osaka dan wilayah Kansai saja, tapi dikenal di seantero Jepang, bahkan dianggap sebagai salah satu universitas swasta tersulit di Jepang. 

Nilai standar ujian masuk yang diperlukan untuk bisa lulus ujian masuk Universitas Doshisha berkisar antara 55,0-65,0. Fakultas Komunikasi Global, Fakultas Kajian Budaya Global dan Regional serta Fakultas Sains dan Teknologi (beberapa jurusan) menjadi fakultas yang tingkat kelulusannya paling sulit, ditambah sebagian besar fakultas dan jurusan di bidang seni liberal seperti Fakultas Sastra, Fakultas Bisnis, Fakultas Hukum, dan Fakultas Ilmu Sosial yang nilai standar kelulusannya melebihi angka 65. 

Biaya Pendidikan untuk Mahasiswa Asing

Berikut biaya pendidikan Universitas Doshisha untuk 1 tahun pertama berdasarkan tahun ajaran 2020.

  • Biaya Masuk : 200.000 yen (semua fakultas)
  • Biaya Kuliah :
    870.000 yen / 925.000 yen (Fakultas Ilmu Kesehatan dan Olahraga) / 973.000 yen (Fakultas Psikologi, Fakultas Komunikasi Global) / 1.231.000 yen (Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ilmu Kedokteran dan Biomedis)  
  • Biaya Peningkatan Pendidikan :
    149.000 yen / 160.000 yen (Fakultas Ilmu Kesehatan dan Olahraga) / 1.168.000 yen (Fakultas Psikologi, Fakultas Komunikasi Global) / 225.000 (Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ilmu Kedokteran dan Biomedis)
  • Biaya Lab (pelatihan dan eksperimen) :
    25.000 – 78.000 yen (Fakultas Ilmu Budaya dan Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ilmu Kedokteran dan Biomedis, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Olahraga, Fakultas Psikologi)
  • Biaya Keanggotaan : 2.000 – 8.000 yen (semua fakultas)
  • Biaya Asosiasi Orang Tua Murid : 4.000 – 7.000 yen (fakultas tertentu)
  • Total biaya 1 tahun pertama : 1.222.000 – 1.743.000 yen

Di antara biaya-biaya yang disebutkan di atas, biaya masuk dan biaya pendidikan semester musim semi (setengah dari biaya setahun/1 semester) dibayarkan pada saat melakukan prosedur registrasi masuk kuliah. Biaya tahun kedua dan tahun-tahun berikutnya hanya tinggal mengurangi biaya masuk, tetapi beberapa fakultas biasanya memiliki perbedaan biaya setiap tahunnya untuk biaya kuliah, biaya peningkatan pendidikan dan biaya lab.  

Jumlah Mahasiswa Asing dan Kewarganegaraan

Di antara universitas swasta komprehensif yang ada di Jepang, Universitas Doshisha merupakan salah satu universitas yang menerima banyak mahasiswa asing. Pada bulan Mei 2020, jumlah mahasiswa asing yang sedang mengenyam pendidikan di Universitas Doshisha mencapai 1.298 orang. 

Adapun urutan negara berdasarkan jumlah mahasiswa terbanyak yaitu, China (516 orang), Korea Selatan (456 orang), Taiwan (44 orang), Amerika Serikat (30 orang), Vietnam (20 orang), Jerman (20 orang), dan negara-negara lainnya.  

Seleksi Masuk Universitas Doshisha

Dokumen yang Diperlukan untuk Pendaftaran

  • Slip Konfirmasi Pendaftaran ※ dibuat saat pendaftaran online kemudian dicetak
  • Esai tentang alasan mengajukan pendaftaran ※ format bisa diunduh di homepage 
  • Ijazah Kelulusan atau Surat Keterangan Lulus SMA Asli
  • Transkrip Nilai SMA Asli
  • Fotokopi Kartu Peserta atau Laporan Nilai Ujian EJU
    ※ Mohon mengikuti ujian EJU dengan memilih mata pelajaran yang sesuai dengan pilihan fakultas pada waktu dan periode yang memenuhi syarat pendaftaran.
  • Sertifikat Asli Kemampuan Bahasa Inggris (Sertifikasi yang memuat nilai ujian)
    ※ Ujian Bahasa Inggris yang Diakui : Test TOEFL iBTⓇ (hanya Test Date), Test TOEFL ITPⓇ (Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Kajian Budaya Global dan Regional), Test TOEIC®LISTENING AND READING, IELTS (Academic Module)
  • Surat Rekomendasi ※ format bisa diunduh di homepage, hanya untuk Fakultas Teologi
  • Fotokopi Paspor
  • Pas Foto
  • Bukti Pembayaran Pendaftaran Ujian Masuk

※ Untuk pembayaran menggunakan kartu kredit : email konfirmasi pembayaran dari pihak universitas atau print-out gambar screenshot penyelesaian pembayaran
※ Untuk transfer dari luar negeri : bukti transfer yang sudah dilegalisir lembaga keuangan, formulir permohonan pengiriman uang ke luar negeri dan dokumen sejenis lainnya

Mengirimkan Dokumen Pendaftaran

Dokumen pendaftaran terdiri dari dokumen-dokumen yang disiapkan sendiri dan beberapa formulir yang dibuat dan dicetak secara online di website pendaftaran atau diunduh melalui homepage Universitas Doshisha. Setelah menyelesaikan semua pendaftaran online, keseluruhan dokumen dikirim bersamaan via pos ke Pusat Internasional-Bagian Penerimaan Mahasiswa Asing Universitas Doshisha sebelum batas waktu pendaftaran. 

Kriteria Pemeriksaan dan Seleksi Dokumen

Tidak ada kriteria khusus atau poin kelulusan tertentu untuk semua dokumen nilai yang dikirimkan saat pendaftaran seperti hasil ujian EJU, Ujian Kemampuan Bahasa Inggris dan sebagainya.

Jenis Ujian (Tertulis, wawancara)

Untuk ujian masuk mahasiswa asing di Universitas Doshisha, beberapa fakultas ada yang hanya menyelenggarakan seleksi dokumen saja, ada juga beberapa fakultas yang melaksanakan ujian mandiri.

Fakultas dengan Seleksi Dokumen Saja

  • Periode I :
    Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Ilmu Politik, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ilmu Kedokteran dan Biomedis, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Olahraga
  • Periode II :
    Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Ekonomi, Fakultas Bisnis, Fakultas Ilmu Politik, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ilmu Kedokteran dan Biomedis, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Olahraga

Fakultas dengan Ujian Mandiri

  • Fakultas Teologi, Fakultas Hukum, Fakultas Bisnis : wawancara
  • Fakultas Sastra, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Budaya dan Informasi, Fakultas Kajian Budaya Global dan Regional : ujian lisan
  • Fakultas Psikologi : menulis esai singkat dan ujian lisan
  • Fakultas Komunikasi Global (Program Bahasa Jepang) : ujian bahasa Jepang (membaca, mengarang), ujian lisan

Kelulusan “dinilai secara komprehensif”, dan tidak ada ketentuan untuk poin atau nilai standar kelulusan, kecuali untuk beberapa fakultas yang melaksanakan ujian mandiri. 

Jadwal Pendaftaran, Seleksi Hingga Pengumuman Kelulusan

  1. Berikut adalah rincian waktu dan ujian untuk ujian masuk tahun ajaran 2021.
  2. pendaftaran ujain secara online (periode I : pertengahan Agustus – awal September / periode II : awal – pertengahan November)
  3. pembayaran biaya pendaftaran ujian masuk (periode I : pertengahan Agustus – awal September / periode II : awal – pertengahan November) 
  4. mengirimkan dokumen pendaftaram via pos (periode I : pertengahan Agustus – awal September / periode II : awal – pertengahan November)
  5. penerimaan Kartu Peserta Ujian (periode I : akhir September / periode II : akhir Desember)
  6. melaksanakan ujian mandiri di kampus masing-masing fakultas (periode I : pertengahan Oktober / periode II : awal Januari)
  7. pengumuman kelulusan (periode I : akhir Oktober / periode II : akhir Januari)

※ biaya pendaftaran ujian masuk berkisaran antara 10.000 yen atau 15.000 yen, tergantung masing-masing fakultas, apabila peserta mendaftar untuk beberapa fakultas dan jurusan, pembayaran dilakukan secara terpisah untuk setiap fakultas dan jurusan. Apabila peserta tinggal di luar Jepang, pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan kartu kredit atau transfer uang dari luar negeri.
※ tempat ujian di luar Jepang diselenggarakan di Korea Selatan (Seoul) dan Taiwan (Taipei). (Kecuali Fakultas Ekonomi. Untuk ujian masuk tahun ajaran 2021.)

Beasiswa dari Universitas Doshisha

Beasiswa yang Tersedia

Untuk mahasiswa asing yang mendanai biaya kuliah secara pribadi, Universitas Doshisha menyediakan beasiswa mandiri dari Universitas Doshisha, beasiswa Monbukagakusho/MEXT, beasiswa dari organisasi daerah, dan beasiswa dari organisasi swasta lainnya.

Jumlah Beasiswa yang Didapatkan

Di antara beasiswa mandiri yang disediakan Universitas Doshisha, biasanya mahasiswa dari Indonesia hanya bisa menerima 1 jenis beasiswa, yaitu “beasiswa pembebasan atau pengurangan biaya kuliah dari Universitas Doshisha bagi mahasiswa yang memiliki nilai akademik yang sangat baik dan mendanai biaya kuliah secara pribadi”. 

Beasiswa ini membebaskan biaya kuliah bagi mahasiswa asing yang mendanai biaya kuliah sendiri dan nilai akademiknya memenuhi kriteria tertentu dalam ujian masuk (periode I dan II). Pemberitahuan jumlah pengurangan dan pembebasan biaya kuliah akan dilampirkan bersamaan dengan hasil seleksi ujian masuk Universitas Doshisha. Beasiswa ini berlaku selama 2 tahun, tetapi setiap mahasiswa diperbolehkan untuk memperbaruinya (umumnya bisa menerima sampai 4 tahun) setelah periode standar penerimaan beasiswa berakhir. 

Berikut jumlah beasiswa dan jumlah penerima untuk setiap fakultas. 

Mahasiswa Asing Fakultas Komunikasi Global Program Bahasa Jepang

  • Pembebasan biaya kuliah 100% (10% dari jumlah mahasiswa asing)
  • Pembebasan biaya kuliah 50% (20% dari jumlah mahasiswa asing)
  • Pembebasan biaya kuliah 20% (60% dari jumlah mahasiswa asing)

※ adapun 10% dari jumlah mahasiswa asing yang tersisa tidak termasuk ke dalam mahasiswa yang memenuhi persyaratan. 

Mahasiswa Asing Fakultas Lain

  • Pembebasan biaya kuliah 100% (10% dari jumlah mahasiswa asing)
  • Pembebasan biaya kuliah 50% (20% dari jumlah mahasiswa asing)
  • Pembebasan biaya kuliah 20% (30% dari jumlah mahasiswa asing)

※ adapun 40% dari jumlah mahasiswa asing yang tersisa tidak termasuk ke dalam mahasiswa yang memenuhi persyaratan. 

Proses Seleksi

Mahasiswa tidak perlu mendaftar “beasiswa pembebasan atau pengurangan biaya kuliah dari Universitas Doshisha bagi mahasiswa yang memiliki nilai akademik yang sangat baik dan mendanai biaya kuliah secara pribadi”, karena penerima beasiswa akan diseleksi langsung oleh pihak universitas berdasarkan hasil ujian masuk universitas. 

Untuk beasiswa lain dari organisasi swasta dan sebagainya, periode penerimaan umumnya dimulai pada awal semester baik semester musim semi maupun semester musim gugur, dikarenakan sudah diatur secara terpisah, pastikan kalian memeriksa informasi-informasi terbaru setelah masuk kuliah. Banyak beasiswa yang tersedia, baik beasiswa yang didaftarkan secara pribadi maupun beasiswa yang membutuhkan seleksi dan rekomendasi oleh pihak kampus.

Informasi Universitas Doshisha untuk Mahasiswa Asing (Website)