Kuliah di Universitas Gakushuin

Universitas Gakushuin

Pada tahun 1877, di Tokyo dibuka lembaga pembelajaran untuk keluarga kerajaan dan bangsawan (ningrat). nama “Gakushuin” diambil dari lembaga pembelajaran yang sebelumnya didirikan oleh Kaisar di Istana Kekaisaran di Kyoto. Oleh karena itu, hingga saat ini tahun 1877 dijadikan sebagai tahun peringatan berdirinya Gakushuin.    

Awalnya Gakushuin adalah sekolah swasta yang didirikan oleh keluarga kerajaan, akan tetapi, selanjutnya dikelola oleh Kementerian Rumah Tangga Kekaisaran, sehingga anak-anak dari keluarga bangsawan lainnya pun bisa masuk sekolah dengan gratis. Beberapa orang di luar keluarga kerajaan dan bangsawan pun ada yang bersekolah di sini, tetapi, mereka mendapatkan perlakuan yang berbeda dari anak-anak keluarga kerajaan dan para bangsawan, salah satunya adalah mereka harus membayar biaya sekolah.  

Setelah Perang Dunia II, sistem keluarga kerajaan dan bangsawan dihilangkan, kemudian disusunlah undang-undang yang menjadi dasar sistem sekolah yang ada saat ini. Pada akhirnya, Gakushuin diakui secara hukum sebagai “Sekolah Swasta”, dan menjadi lembaga pembelajaran yang terbuka untuk masyarakat umum. Dengan adanya latar belakang sejarah sebagai sekolah untuk keluarga kerajaan, sampai sekarang pun masih banyak anggota keluarga kerajaan yang berkuliah di Universitas Gakushuin atau bersekolah di sekolah-sekolah afiliasi Gakushuin, dan kebiasaan khusus untuk menerima keluarga kerajaan pun masih dipertahankan. 

Sebagai tambahan, Kampus Mejiro Universitas Gakushuin memiliki sejarah kurang lebih 100 tahun, di mana bangunan-bangunan berharga masih utuh, di antara 7 bangunan berharga, salah satunya adalah gerbang utama yang terdaftar sebagai warisan kekayaan budaya nasional.   

Tingkat Kesulitan dan Ketenaran Universitas Gakushuin

Diperlukan nilai standar antara 60 sampai 64 untuk bisa masuk Universitas Gakushuin. Fakultas di bidang seni liberal seperti Fakultas Ilmu Sosial Internasional dan Fakultas Hukum dianggap sebagai fakultas paling sulit, di mana peringkatnya ada di bawah Universitas Waseda, Universitas Keio Gijuku dan Universitas Sophia yang berada di Tokyo. Selain itu, sebagai universitas tempat keluarga kerajaan berkuliah, nama Universitas Gakushuin sangat terkenal di seluruh penjuru Jepang. 

Sebagai tambahan, saat ini Universitas Gakushuin terdiri dari 5 fakultas program sarjana dan 17 jurusan, tetapi, di antara fakultas-fakultas ini hanya 2 jurusan dari Fakultas Ekonomi dan 3 jurusan dari Fakultas Sastra yang menerima mahasiswa asing. 

Lokasi Universitas Gakushuin

Salah satu kampus Universitas Gakushuin adalah “Kampus Mejiro” yang akan diperkenalkan di bawah ini. Kampusnya dekat dengan stasiun dan berada di wilayah yang dapat diakses dengan mudah dari stasiun utama yang ada di Tokyo.

Kampus Mejiro

  • Alamat : 1-5-1 Mejiro, Toshima-ku, Tokyo 171-8588
  • Jalur Kereta :
    JR Yamanote Line (Stasiun Mejiro, 30 detik jalan kaki)
    Tokyo-Metro Fukutoshin Line (Stasiun Zoshigaya, 7 menit jalan kaki)

Biaya Pendidikan untuk Mahasiswa Asing

Berikut biaya pendidikan tahun pertama masuk di Universitas Gakushuin tahun ajaran 2020 untuk fakultas dan jurusan yang membuka pendaftaran bagi mahasiswa asing.

Biaya pendidikan tahun pertama dibayar dengan sistem 2 kali pembayaran pada saat registrasi ulang masuk kuliah dan pada semester musim gugur (bulan September). Tahun kedua dan selanjutnya, mahasiswa bisa memilih membayar 2 kali di bulan April dan September, atau membayar sekaligus di bulan September. 

Fakultas Ekonomi

  • Biaya Masuk : 200.000 yen
  • Biaya Registrasi : 60.000 yen
  • Biaya Kuliah Semester 1 : 343.000, Semester 2 : 343.000 yen
  • Biaya Peralatan Fasilitas : 280.000 yen
  • Iuran Keanggotaan Orang Tua Mahasiswa : 5.000 yen
  • Iuran Keanggotaan Sponsorship : 6.300 yen
  • Biaya Surat Kabar Universitas Gakushuin : 500 yen
  • Total Biaya 1 Tahun Pertama : 1.237.800 yen

Fakultas Sastra 

  • Biaya Masuk : 200.000 yen
  • Biaya Registrasi : 60.000 yen
  • Biaya Kuliah Semester 1 : 385.000, Semester 2 : 385.000 yen
  • Biaya Peralatan Fasilitas : 270.000 yen
  • Iuran Keanggotaan Orang Tua Mahasiswa : 5.000 yen
  • Iuran Keanggotaan Sponsorship : 6.300 yen
  • Biaya Surat Kabar Universitas Gakushuin : 500 yen
  • Iuran Himpunan Mahasiswa : 2.000 yen
  • Total Biaya 1 Tahun Pertama : 1.313.800 yen

※Selain rincian biaya yang disebutkan di atas ada Iuran Keanggotaan Umum Sakurayukai (biaya keanggotaan alumni jangka panjang) sebesar 35.000 yen, yang bisa dibayarkan setelah menyelesaikan prosedur registrasi masuk kuliah atau saat sedang berkuliah.
※Biaya registrasi, biaya kuliah dan biaya peralatan fasilitas tidak mengalami perubahan sampai waktu kelulusan. Sedangkan untuk biaya lainnya ada kemungkinan mengalami perubahan. 

Jumlah Mahasiswa Asing dan Kewarganegaraan

Per bulan Mei 2019, ada 146 orang mahasiswa asing yang berkuliah di program sarjana Universitas Gakushuin, dan 74 orang di program pascasarjana. Adapun rinciannya bisa kalian lihat di bawah ini :

Program Sarjana

  • Mahasiswa yang mendanai sendiri (program reguler) : 117 orang
  • Mahasiswa riset (kenkyuusei) dan mahasiswa khusus mata kuliah tertentu yang mendanai sendiri : 7 orang
  • Mahasiswa pertukaran pelajar dari universitas mitra : 25 orang

Program Pascasarjana

  • Mahasiswa yang dibiayai pemerintah (program reguler) : 2 orang
  • Mahasiswa yang mendanai sendiri (program reguler) : 65 orang
  • Mahasiswa riset (kenkyuusei) dan mahasiswa khusus mata kuliah tertentu yang mendanai sendiri : 2 orang 
  • Mahasiswa pertukaran pelajar dari universitas mitra : 5 orang

Adapun urutan jumlah mahasiswa asing berdasarkan kewarganegaraan adalah China dan Hongkong (155 orang), Korea Selatan (34 orang), Taiwan (6 orang), Perancis (8 orang), Inggris (5 orang), dan beberapa mahasiswa dari negara lainnya.  

Mahasiswa dari Indonesia menjadi mahasiswa asing pertama dari wilayah ASEAN, dan jumlahnya sampai saat ini tidak terlalu banyak, hanya sekitar 1 sampai 3 orang terdaftar setiap tahunnya.  

Seleksi Masuk Universitas Gakushuin

Dokumen yang Diperlukan untuk Pendaftaran

  • Formulir Pendaftaran Masuk ※Format ditentukan universitas
  • Pas Foto
  • Ijazah SMA atau Surat Keterangan Kelulusan Asli
  • Transkrip Nilai SMA Asli
  • Fotokopi Paspor
  • Laporan Nilai Ujian EJU Asli
  • Dokumen kualifikasi lainnya ※Apa saja. Misalnya, hasil JLPT, dan sebagainya.
  • Dokumen tanda terima pendaftaran dan pembayaran dengan lampiran foto (diajukan ke pihak universitas) ※Format ditentukan universitas

※Apabila dokumen pribadi tidak ditulis dalam bahasa Jepang atau bahasa Inggris, harap terlebih dahulu diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang atau bahasa Inggris, dan dilegalisir oleh instansi publik seperti kedutaan Jepang, konsulat Jepang atau sekolah asal peserta ujian, kemudian kirimkan lampiran dokumen terjemahan bersamaan dengan dokumen aslinya.
※Peserta yang memiliki pengalaman bersekolah di Sekolah Bahasa Jepang atau Sekolah Khusus Kejuruan di Jepang, dan yang masih tinggal di Jepang, perlu mengirimkan dokumen khusus lainnya.

Sebagai tambahan, mahasiswa asing yang mengikuti ujian masuk di Universitas Gakushuin bisa mendaftar 1 jurusan untuk 1 fakultas. Jadi, peserta bisa mendaftar di setiap 1 jurusan untuk Fakultas Ekonomi dan Fakultas Sastra, tetapi, dikarenakan waktu seleksi terakhir diadakan secara bersamaan, misalnya peserta lulus seleksi tahap 1 di Fakultas Ekonomi, maka peserta tidak bisa mengikuti seleksi terakhir di kedua fakultas. 

Mengirimkan Dokumen Pendaftaram

Dokumen pendaftaran dikirimkan via pos dengan tujuan “Pusat Penerimaan Universitas Gakushuin (Gakushuin Daigaku Admission Center)”. Bagi kalian yang mengirimkan dokumen dari luar Jepang, mohon perhatikan batas waktu tiba dokumen.

Kriteria Pemeriksaan dan Seleksi Dokumen

Ujian masuk bagi mahasiswa asing di Universitas Gakushuin dinilai berdasarkan kriteria seperti di bawah ini. Seleksi tahap 1 Fakultas Ekonomi, umumnya dilihat berdasarkan hasil nilai ujian EJU.

Fakultas Ekonomi

  • Formulir Pendaftaran :
    Pertimbangan ditekankan pada kemampuan akademik dasar yang dibutuhkan untuk belajar di Universitas Gakushuin, serta adanya keselarasan antara alasan mendaftarkan diri dan program pendidikan yang ditawarkan oleh universitas.
  • Ujian EJU – Wawancara (Bahasa Jepang) :
    Pertimbangan ditekankan pada kemampuan dasar bahasa Jepang, kemampuan berkomunikasi untuk menyampaikan pendapat pribadi dalam bahasa Jepang dan sikap untuk belajar secara berkelompok.

Fakultas Sastra 

  • Formulir Pendaftaran :
    Pertimbangan ditekankan pada tujuan pembelajaran setelah masuk kuliah dan kemampuan yang dimiliki sesuai dengan jurusan yang dipilih.
  • Ujian EJU – Wawancara (Bahasa Jepang) :
    Pertimbangan ditekankan pada kemampuan dasar bahasa Jepang, kemampuan berpikir, kemampuan mengekspresikan diri, memiliki kemandirian, dan sikap untuk belajar bekerja sama dengan berbagai macam orang.

Sebagai tambahan, peserta ujian masuk Fakultas Ekonomi dianggap memenuhi persyaratan dengan mengikuti ujian EJU mata pelajaran “Bahasa Jepang” dan “Mata Pelajaran Komprehensif (Japan and the World)”, sedangkan untuk Fakultas Sastra, peserta cukup mengikuti ujian EJU untuk “Bahasa Jepang” saja. Akan tetapi, kriteria nilai tidak ditetapkan untuk proses penyeleksian dan penerimaan. 

Jenis Ujian (Tertulis, Wawancara)

Seleksi tahap akhir untuk Fakultas Ekonomi berupa wawancara, sedangkan Fakultas Sastra menyelenggarakan ujian tertulis bahasa Jepang, menulis karangan dan wawancara.

Jadwal Pendaftaran, Seleksi Hingga Pengumuman Kelulusan

  1. Pembayaran biaya pendaftaran ujian masuk (pertengahan Agustus)
  2. Mengirimkan dokumen pendaftaran via pos (pertengahan Agustus)
  3. Pengumuman kelulusan seleksi tahap 1 (pertengahan September) ※Fakultas Ekonomi saja
  4. Pembayaran biaya ujian seleksi tahap akhir (pertengahan September)
  5. Ujian seleksi tahap akhir (awal Oktober)
  6. Pengumuman kelulusan (awal Oktober)

※Fakultas Sastra hanya menyelenggarakan 1 tahapan seleksi, sehingga beberapa waktu ujiannya mungkin sedikit berbeda.
※Biaya pendaftaran ujian untuk seleksi tahap 1 sebesar 15.000 yen, dan seleksi tahap akhir sebesar 20.000 yen. Biaya pendaftaran ujian untuk Fakultas Sastra dibayarkan sekaligus sebesar 35.000 yen.

Metode Pendaftaran

Pendaftaran ujian masuk bagi mahasiswa asing di Universitas Gakushuin (tahun ajaran 2021), tidak menggunakan sistem pendaftaran online melalui website. Dokumen pendaftaran dikirimkan via pos, kemudian membayar biaya pendaftaran ujian masuk, dan proses pendaftaran pun selesai.

Metode Pembayaran Biaya Ujian Masuk

Pembayaran biaya pendaftaran ujian masuk bagi mahasiswa asing di Universitas Gakushuin (tahun ajaran 2021), tidak bisa menggunakan kartu kredit atau pembayaran dengan internet banking. Apabila peserta membayar dari luar Jepang, peserta perlu mengirimkan bukti pengiriman uang sesuai ketentuan (biaya ujian masuk dan biaya lainnya) yang dibuat oleh Bank kemudian mengirimkannya via pos.  

Pengumuman Kelulusan

Setelah tanggal pengumuman penerimaan, nomor peserta ujian yang lulus akan ditampilkan di halaman utama website Pusat Penerimaan Universitas Gakushuin (Gakushuin Daigaku Admission Center). Pada saat yang bersamaan, peserta dari luar Jepang akan diberi tahu dengan surat melalui perwakilan yang ada di Jepang atau mengirimkan surat pengumuman langsung ke alamat di negara asal peserta.

Beasiswa dari Universitas Gakushuin

Beasiswa yang Tersedia

Mahasiswa asing yang berkuliah di Universitas Gakushuin bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa baik dari organisasi luar kampus seperti Monbukagakusho/MEXT, pemerintah daerah, atau organisasi masyarakat lainnya, maupun beasiswa mandiri dan sistem pengurangan biaya kuliah yang disediakan oleh Universitas Gakushuin.

Jumlah Beasiswa yang Diberikan

Berikut adalah beasiswa dalam kampus Universitas Gakushuin yang ditujukan untuk mahasiswa asing. Informasi diambil berdasarkan data tahun 2019.

Beasiswa Mahasiswa Asing

  • Penerima : Mahasiswa asing program reguler yang mendanai sendiri, dan kesulitan menanggung biaya sekolah karena masalah finansial. Mahasiswa dengan pencapaian nilai akademik tertentu di tahun sebelumnya (mahasiswa tahun kedua ke atas).
  • Jumlah Beasiswa : 130.000 – 260.000 yen/tahun
  • Jumlah Penerima : 127 orang

Dana Bantuan bagi Mahasiswa Asing 

  • Penerima :  Penerima “Beasiswa Mahasiswa Asing” di atas dengan prestasi akademik terbaik (mahasiswa tahun kedua ke atas).
  • Jumlah Beasiswa : 300.000 yen/tahun
  • Jumlah Penerima : 13 orang

Sistem Pengurangan Biaya Kuliah bagi Mahasiswa Asing

  • Penerima :  Mahasiswa asing program reguler yang mendanai sendiri, dan kesulitan menanggung biaya sekolah karena masalah finansial.
  • Pengurangan : 30% biaya kuliah
  • Jumlah Penerima : 130 orang

Proses dan Jadwal Seleksi

Pendaftaran dan seleksi ketiga beasiswa di atas dan sistem pengurangan biaya kuliah, semuanya dibuka 1 kali dalam setahun pada bulan April.

Informasi Universitas Gakushuin untuk Mahasiswa Asing (Website)