Kuliah di Universitas Sophia

Universitas Sophia

Pendiri Universitas Jouchi (Jouchi, Universitas Sophia) adalah Serikat Yesus (Yesus-kai) yang dimiliki oleh Gereja Katolik Roma. Konon katanya, asal-usul berdirinya Universitas Sophia berawal dari Xavier Francis, seorang anggota misionaris Yesuit yang datang ke Jepang pada abad ke-16, yang mengungkapkan keinginannya untuk mendirikan universitas di ibu kota Jepang melalui surat yang dikirimnya ke Roma.

Namun, tepat setelah Xavier tiba di Jepang, Jepang memasuki era di mana muncul larangan bagi agama Kristen. Oleh karena itu, baru pada tahun 1908 tiga orang misionaris akhirnya datang ke Jepang dengan tujuan mendirikan universitas di Tokyo. Akhirnya, dibukalah Universitas Sophia pada tahun 1913. 

Universitas Sophia merupakan universitas Katolik pertama di Jepang, ada banyak pengajar yang merupakan anggota Yesuit dan penganut agama Katolik, jadi jika kalian bukan mahasiswa Fakultas Teologi sekalipun, kalian memiliki kesempatan untuk mempelajari agama Kristen. Di sisi lain, baik pengajar maupun pelajar tidak diharuskan menganut agama Kristen.

Lokasi Universitas Sophia

Universitas Sophia memiliki beberapa kampus, namun, sebagian besar kegiatan dipusatkan di kampus Yotsuya, dan semua mahasiswa program sarjana belajar di satu tempat.

Kampus Yotsuya

  • Alamat : 7-1 Kioi-cho, Chiyoda-ku, Tokyo, 102-8554
  • Jalur Kereta : JR Chuo Line, Tokyo Metro Marunouchi Line – Namboku Line (Stasiun Yotsuya, 5 menit jalan kaki)

Tingkat Kesulitan dan Ketenaran Universitas Sophia

Universitas Sophia dikenal sebagai salah satu universitas swasta tersulit di Jepang, sejajar dengan universitas yang dikenal paling sulit lainnya, yaitu Universitas Waseda dan Universitas Keio. Nilai standar kelulusan untuk bisa masuk ke Universitas Sophia mencapai 50% dan tergantung fakultasnya masing-masing, rata-rata nilai kelulusan berkisar antara 55,0 – 71,0. 

Yang paling tinggi tingkat kesulitannya adalah Fakultas Bahasa Asing Jurusan Bahasa Inggris, selanjutnya adalah Fakultas Hukum (Jurusan Hukum dan Jurusan Studi Hukum Lingkungan Global), Fakultas Ilmu Sosial (Jurusan Psikologi, Jurusan Sosiologi), di mana nilai standar kelulusan mencapai lebih dari 70. 

※Nilai standar mungkin sedikit berbeda tergantung pada survei.

Biaya Pendidikan untuk Mahasiswa Asing

Berikut biaya pendidikan Universitas Sophia tahun ajaran 2020. Bagi kalian yang tertarik untuk kuliah di Universitas Sophia, kalian bisa mencari tahu informasi terbaru lainnya.

  • Biaya Masuk, dibayar saat masuk kuliah : 200.000 yen (semua fakultas)
  • Biaya Orientasi Kampus, tahun pertama : 20.000 yen (semua fakultas)
  • Premi Asuransi Kecelakaan dan Bencana selama Mengenyam Pendidikan dan Penelitian (dibayarkan saat masuk kuliah) : 2.650 yen (semua fakultas)
  • Biaya Pendaftaran Semester : 30.000 yen/semester (semua fakultas)
  • Biaya Kuliah : 390.000 – 581.000 yen/semester (tergantung fakultas masing-masing)
  • Biaya Lainnya : 127.000 – 231.150 yen/semester (tergantung fakultas masing-masing)
  • Total biaya untuk tahun pertama : 1.272.650 – 1.816.650 yen (tergantung fakultas masing-masing)

Biaya pendaftaran semester, biaya kuliah dan biaya lainnya merupakan biaya yang diperlukan setiap tahun, jadi di tahun kedua dan selanjutnya pun biaya-biaya tersebut tetap dibayarkan setiap semester (dibayar 2 kali dalam 1 tahun). 

Jumlah Mahasiswa Asing dan Kewarganegaraan

Setiap tahunnya, ada sekitar 1.100 – 1.400 mahasiswa asing yang berkuliah di Universitas Sophia.

Mereka berasal dari negara-negara yang berbeda, yang paling banyak adalah mahasiswa yang berasal dari China dengan jumlah hampir 40%, diikuti oleh mahasiswa dari Korea Selatan, Amerika, Perancis, Jerman dan negara-negara lainnya. Pada tahun 2019, tercatat mahasiswa asing yang berkuliah di Universitas Sophia berasal dari 88 negara.

Seleksi Masuk Universitas Sophia

Dokumen yang Diperlukan untuk Pendaftaran

  • Formulir Pendaftaran Universitas Sophia – Esai tentang alasan mengajukan pendaftaran 
    ※ Formulir dibuat secara online di halaman website pendaftaran kemudian dicetak
  • Pas Foto
    ※ diunggah di halaman website pendaftaran
  • Dokumen yang menyatakan kualifikasi untuk masuk universitas (Ijazah Kelulusan SMA, Surat Keterangan Kelulusan, dan Transkrip Nilai Kelulusan)
  • Transkrip Nilai Akademik selama di SMA (3 tahun)
  • Fotokopi Paspor atau KTP
  • Fotokopi Sertifikat Ujian Pelajar Asing untuk Sekolah di Jepang (EJU) dengan jangka waktu ujian yang ditetapkan
  • Surat rekomendasi pejabat gereja atau biara 
    ※ khusus untuk Fakultas Teologi
  • Dokumen yang menyatakan hasil atau kelulusan ujian bahasa asing dengan nilai yang memenuhi syarat pendaftaran ※ hanya untuk beberapa fakultas
  • JLPT N1 atau hasil ujian kemampuan bahasa Jepang lainnya (opsional)

Mengirimkan Dokumen Pendaftaran

Untuk formulir pendaftaran yang kalian buat saat melakukan pendaftaran online bisa langsung kalian kirimkan secara online atau dikirimkan ke pihak universitas melalui pos. Berhati-hatilah agar kalian sebisa mungkin mengirimkan masing-masing dokumen sesuai dengan format yang sudah ditentukan. 

Sebagai tambahan, Universitas Sophia menerima mahasiswa asing untuk semua fakultas dan jurusan, kecuali Fakultas Seni Liberal Internasional. Masing-masing calon mahasiswa hanya diperbolehkan mendaftar untuk 1 jurusan saja, tidak boleh mengikuti ujian lebih dari 1 jurusan.  

Kriteria Pemeriksaan dan Seleksi Dokumen

Untuk menentukan kelulusan calon mahasiswa asing yang mengikuti ujian masuk di Universitas Sophia, keputusan dilakukan secara komprehensif berdasarkan “ujian yang dilaksanakan tiap jurusan”, “wawancara” dan “pemeriksaan dokumen”. Kelulusan tidak ditentukan hanya dengan pemeriksaan dokumen saja.

Ujian Pelajar Asing untuk Sekolah di Jepang (EJU)

Calon mahasiswa yang mendaftarkan diri wajib mengirimkan hasil EJU, namun untuk nilai ujiannya sendiri tidak ditentukan. Harap memilih mata pelajaran EJU yang sesuai dengan jurusan yang akan kalian pilih, dan ikuti ujian sesuai dengan waktu yang memenuhi persyaratan pendaftaran. Kalian bisa mengikuti EJU dalam format bahasa Inggris maupun bahasa Jepang.

Ujian Bahasa Asing

Untuk fakultas dan jurusan yang harus menyerahkan hasil ujian bahasa asing, calon mahasiswa wajib lulus dengan level tertentu untuk setiap ujian atau memenuhi salah satu poin standar. 

Fakultas dan jurusan yang mewajibkan hasil ujian bahasa asing :

Fakultas Sastra (Jurusan Sastra Inggris), Fakultas Ilmu Sosial (Jurusan Psikologi, Jurusan Sosiologi), Fakultas Bahasa Asing (semua jurusan), Fakultas Studi Global, Fakultas Sains dan Teknologi (semua jurusan)   

Ujian bahasa asing yang diakui : 

STEP EIKEN, TOEFL ® iBT, TOEIC® L&R atau TOEIC® S&W, ujian bahasa inggris lainnya seperti IELTS, TEAP, GTEC, Cambridge English Examination   

※ Level dan nilai kelulusan yang memenuhi syarat pendaftaran berbeda untuk masing-masing fakultas dan jurusan. Harap periksa “Persyaratan aplikasi untuk ujian sertifikasi bahasa asing” sesuai dengan tahun ujian yang akan kalian ikuti.
※ Jurusan Bahasa Jerman dan Jurusan Bahasa Perancis bisa memilih ujian Dokken (tes kemampuan bahasa Jerman) atau APEF (ujian kemampuan bahasa Perancis).

Jenis Ujian (Tertulis, Wawancara)

Beberapa fakultas di Universitas Sophia ada yang melaksanakan satu tahap ujian atau dua tahap ujian.

Fakultas yang melaksanakan satu tahap ujian biasanya menyelenggarakan ujian tertulis dan wawancara secara bersamaan dan tidak ada tahap kedua ujian. Untuk fakultas dan jurusan yang mengadakan dua tahap ujian, tahap pertama adalah ujian tertulis untuk masing-masing jurusan, dan hanya peserta yang lulus ujian tahap pertama saja yang bisa mengikuti ujian wawancara yang diselenggarakan di tahap kedua. Untuk ujian tertulis, ujian berisi pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan pengetahuan dasar akademik masing-masing fakultas dan jurusan atau membuat esai pendek.  

※ Fakultas dengan 1 tahap ujian :
Fakultas Teologi, beberapa jurusan di Fakultas Sastra, beberapa jurusan di Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Bahasa Asing, Fakultas Studi Global

Jadwal Pendaftaran, Seleksi Hingga Pengumuman Kelulusan

Ujian masuk untuk mahasiswa asing di Universitas Sophia diselenggarakan jauh lebih cepat dibandingkan universitas yang lain.

  1. Pendaftaran online, memasukkan data diri yang diperlukan (pertengahan Juli)
  2. Membayar biaya pendaftaran, pendaftaran online selesai
  3. Mengirimkan dokumen-dokumen penting lainnya via pos (paling lambat awal Agustus)
  4. Ujian tahap pertama (akhir September)
  5. Pengumuman hasil ujian tahap pertama (awal Oktober)
  6. Ujian tahap kedua (awal Oktober)
  7. Pengumuman kelulusan (pertengahan Oktober)

※ Apabila kalian mendaftar beasiswa untuk mahasiswa baru, jangka waktu pengajuan dokumen aplikasi beasiswa akan ditentukan sebelum ujian pertama.
※ Fakultas yang menyelenggarakan satu tahap ujian tidak ada “pengumuman hasil ujian tahap pertama” dan “ujian tahap kedua”.

Beasiswa Universitas Sophia

Jenis Beasiswa yang Tersedia

Bagi mahasiswa asing yang berkuliah di Universitas Sophia, mereka bisa mengajukan beasiswa dari Universitas Sophia (beasiswa dalam kampus), beasiswa Monbukagakusho/MEXT, dan beasiswa dari organisasi masyarakat (beasiswa luar kampus).

Ada 2 jenis beasiswa utama dalam kampus, beasiswa dari Universitas Sophia dan beasiswa dari pihak relawan. 

Untuk beasiswa yang berasal dari relawan, ada beasiswa yang dapat diajukan secara langsung oleh mahasiswa (sistem pendaftaran), dan ada juga beasiswa yang diberikan oleh pihak relawan berdasarkan rekomendasi dari pihak program sarjana dan pascasarjana (sistem rekomendasi). Umumnya, beasiswa yang diberikan berkisar sesuai dengan biaya kuliah di tahun tersebut. 

Jumlah Beasiswa yang Didapatkan

Berikut akan saya jelaskan beberapa beasiswa dalam kampus yang bisa diajukan oleh mahasiswa asing (program reguler) dari Indonesia yang mendanai biaya kuliah secara pribadi. Semua periode beasiswa berkisar sekitar 1 tahun (atau 1 semester), jika kalian ingin terus mendapatkan beasiswa kalian perlu melakukan pendaftaran ulang.

Sebagai tambahan, jumlah beasiswa di bawah ini merupakan beasiswa angkatan tahun 2019. Harap periksa kembali untuk informasi terkini. 

Beasiswa dari Universitas Sophia

Beasiswa Mahasiswa Baru
  • Target : Mahasiswa yang kesulitan masuk kuliah karena masalah finansial walaupun pilihan pertama mereka adalah Universitas Sophia. Merupakan siswa berprestasi dari sekolah asal. Beasiswa ditujukan untuk orang Jepang dan orang asing. 
  • Jumlah Beasiswa : Pembebasan atau pengurangan biaya kuliah tahun pertama (100%, 50% atau 30%)

※ Pendaftaran dilakukan sebelum mengikuti ujian

Beasiswa Bantuan Studi Universitas Sophia
  • Target : Mahasiswa asing yang memiliki motivasi belajar yang tinggi namun kesulitan melanjutkan studi karena masalah finansial.
  • Jumlah Beasiswa : Pembebasan atau pengurangan biaya kuliah tahun pertama (100%, 50% atau 30%)

※ Tidak perlu dikembalikan
※ Tidak bisa diajukan bersamaan dengan beasiswa lain

Beasiswa dari Pihak Relawan (Sistem Pendaftaran)

Beasiswa Adachi
  • Target : Mahasiswa berprestasi yang diharapkan bisa berkontribusi dalam kehidupan masyarakat internasional di masa depan. Mahasiswa program sarjana dan pascasarjana yang berasal dari wilayah Asia Tenggara atau Afrika yang mengalami kesulitan melanjutkan studi karena masalah finansial.
  • Jumlah Penerima : 20 orang
  • Jumlah Beasiswa :  Biaya kuliah penuh dan biaya peningkatan pendidikan
Beasiswa Odaka
  • Target : Mahasiswa asing program sarjana dengan prestasi akademik yang baik namun mengalami kesulitan untuk melanjutkan studi karena masalah finansial.
  • Jumlah Penerima : 3 orang
  • Jumlah Beasiswa : 308.000 yen/tahun
Beasiswa Daiichikyoushou
  • Target : Mahasiswa berprestasi yang diharapkan bisa berkontribusi dalam kehidupan masyarakat global di masa depan, mahasiswa program sarjana dan pascasarjana yang berasal dari Asia Timur dan Asia Tenggara.
  • Jumlah Penerima : 4 orang
  • Jumlah Beasiswa : 152.000 yen/tahun
Beasiswa Frank & Jane Scolinos
  • Target : Mahasiswa program sarjana yang berprestasi dan mengalami kesulitan untuk melanjutkan studi karena masalah finansial.
  • Jumlah Penerima : 1 orang
  • Jumlah Beasiswa : 457.000 yen/tahun
VOLVO GLOBAL CHALLENGE SCHOLARSHIP
  • Target : Mahasiswa yang tertarik terhadap isu global dan memiliki motivasi yang tinggi untuk bekerja di organisasi global. Mahasiswa program sarjana tahun ke-1 sampai ke-3, mahasiswa pascasarjana tahun ke-1. Wajib memiliki kemampuan bahasa Inggris.
  • Jumlah Penerima : 4 orang
  • Jumlah Beasiswa : 1.000.000 yen/tahun

Beasiswa dari Pihak Relawan (Sistem Rekomendasi)

Beasiswa Lemos (Perekrutan Semester)
  • Target : Mahasiswa program sarjana Fakultas Seni Liberal yang berprestasi dan kesulitan melanjutkan studi karena masalah finansial.
  • Jumlah Penerima : 5 orang
  • Jumlah Beasiswa : 114.500 yen – 228.000 yen
Beasiswa Asosiasi Donatur
  • Target : Mahasiswa program sarjana yang berprestasi secara akademik dan mengalami kesulitan finansial. 
  • Jumlah Penerima : 48 orang
  • Jumlah Beasiswa : 100.000 yen/tahun
Beasiswa Sentetsu Jurusan Bahasa Inggris
  • Target : Mahasiswa program sarjana yang berprestasi dan kesulitan melanjutkan studi karena masalah finansial.
  • Jumlah Penerima : 7 orang
  • Jumlah Beasiswa : 135.000 yen – 157.000 yen/tahun

Beasiswa Lainnya (Sistem Rekomendasi)

Beasiswa Dana Bantuan Kehidupan untuk Mahasiswa Asing
  • Target : Mahasiswa asing berprestasi yang mendanai kuliah secara pribadi dan dianggap perlu dibantu secara finansial.
  • Jumlah Penerima : 48 orang
  • Jumlah Beasiswa : 600.000 yen/tahun

Kalian bisa melihat informasi mengenai beasiswa lainnya di Website Universitas Sophia

Proses Seleksi

Pembukaan pendaftaran untuk semua beasiswa akan diinformasikan melalui “Loyola” (portal berita online untuk mahasiswa). Periode pendaftaran masing-masing beasiswa biasanya berbeda-beda, oleh karena itu pastikan kalian mengecek informasi terbaru. Waktu pendistribusian atau pengunduhan formulir pendaftaran mungkin dibatasi tergantung jenis beasiswanya.

Untuk beasiswa dalam kampus, akan dilakukan pemeriksaan dokumen setelah kalian mengirimkan formulir pendaftaran dan dokumen-dokumen yang diperlukan. Ada tes wawancara untuk beberapa beasiswa. Setelah semua selesai, penerima beasiswa akan diumumkan. 

Informasi Universitas Sophia untuk Mahasiswa Asing (Website)

・Panduan Ujian Masuk Universitas Sophia : Admissions
・Informasi Biaya Pendidikan, Beasiswa dan sebagainya : Campus Life
・Ujian Pelajar Asing untuk Sekolah di Jepang (EJU) : JASSO (Japan Student Services Organization)

・Photo:Website Universitas Sophia