Kuliah di Universitas Kokusai Kirisutokyou

Universitas Kokusai Kirisutokyou

Universitas Kokusai Kirisutokyou adalah universitas swasta di Tokyo yang menyelenggarakan pendidikan berbasis ajaran agama Kristen. Sistem pendidikannya memiliki keunikan, yaitu hanya membuka satu fakultas seni liberal untuk mahasiswa baru dan berfokus pada kajian pendidikan seni liberal umum yang bisa dipelajari melalui lintas disiplin ilmu. Universitas Kokusai Kirisutokyou memiliki misi berusaha sebisa mungkin untuk mempertahankan standar akademik terbaik dan kebebasan pembelajaran, serta memastikan setiap mahasiswa bisa menjadi bagian dari globalisasi. 

Selain itu, sebagai universitas Kristen, terlepas dari kepercayaan setiap mahasiswa, mereka dianjurkan mengikuti ibadah penyembahan, ceramah, kegiatan berkelompok dan kegiatan sukarela yang berhubungan dengan agama Kristen yang dilaksanakan secara teratur.  

Universitas Kokusai Kirisutokyou didirikan pada tahun 1949 oleh para penasihat ajaran agama Kristen dari Jepang dan Amerika. Rencana pembangunan universitas Kristen di Jepang dimulai hanya beberapa minggu setelah Perang Dunia II berakhir, dan membutuhkan waktu sampai 4 tahun untuk terwujud sembari membentuk yayasan dan melakukan penggalangan dana. Adanya penekanan sistem globalisasi sejak pertama kali Universitas Kokusai Kirisutokyou didirikan, dilatarbelakangi oleh adanya hubungan yang dibangun oleh kedua negara.

Lokasi bangunan sekolah yang ada saat ini dibeli pada tahun 1950 dan pada tahun 1953 mendapatkan izin untuk mendirikan lembaga universitas dari Kementerian Pendidikan. Di tahun yang sama, berdirilah Universitas Kokusai Kirisutokyou sebagai universitas seni liberal dengan sistem pendidikan 4 tahun pertama di Jepang. 

Di mulai sejak tahun ajaran 2008, dilakukan reformasi akademik dan perubahan dalam sistem penerimaan mahasiswa baru, di mana sebelumnya dibagi ke dalam 6 jurusan penerimaan menjadi sistem penerimaan tanpa harus memilih jurusan apa pun. Saat ini, mahasiswa yang masuk Universitas Kokusai Kirisutokyou memulai perkuliahan dengan mempelajari berbagai macam bidang studi, setelah menyelesaikan perkuliahan di tahun kedua, mahasiswa bisa memilih bidang yang diminatinya sendiri di antara 31 bidang jurusan yang ada di Universitas Kokusai Kirisutokyou.

Tingkat Kesulitan dan Ketenaran Universitas Kokusai Kirisutokyou

Diperlukan nilai standar sekitar 69 untuk bisa masuk ke Universitas Kokusai Kirisutokyou. Seperti yang sudah disebutkan di atas, untuk mahasiswa baru hanya ada satu fakultas yaitu Fakultas Seni Liberal, walaupun begitu, Universitas Kokusai Kirisutokyou terkenal sebagai salah satu universitas tersulit di Tokyo setelah Universitas Waseda, Universitas Keio Gijuku dan Universitas Sophia.

Lokasi Universitas Kokusai Kirisutokyou

Universitas Kokusai Kirisutokyou hanya memiliki 1 kampus yang berlokasi di Mitaka-shi, Tokyo.

Bangunan sekolah yang luas dan sebanding dengan jumlah mahasiswa merupakan salah satu ciri khas kampus ini, di mana luasnya mencapai 620.000 m2. Selain itu, lokasinya yang hijau, dekat langsung dengan taman dan ada di Tokyo, menjadikannya lokasi yang sangat menyenangkan.

  • Alamat : 3-10-2 Osawa, Mitaka-shi, Tokyo 181-8585
  • Jalur Kereta :
    JR Chuo Line, Seibu Tamagawa Line (Stasiun Musashisakai, 12 menit dengan bus)
    JR Chuo Line (Stasiun Mitaka, 20 menit dengan bus)
    Keio Line (Stasiun Chōfu, 20 menit dengan bus + 10 menit jalan kaki) 

Biaya Pendidikan untuk Mahasiswa Asing

Berikut biaya pendidikan di Universitas Kokusai Kirisutokyou untuk tahun ajaran masuk 2021. Universitas Kokusai Kirisutokyou mulai menerapkan sistem tiga semester, oleh karena itu pembayaran dilakukan dengan mencicil 3 kali dalam setahun, dengan pengecualian ada beberapa pembayaran yang harus dilunasi saat prosedur registrasi masuk kuliah. 

  • Biaya Masuk : 300.000 yen
    ※1 tahun persiapan sarjana atau mahasiswa riset (kenkyuusei) : 150.000 yen 
  • Biaya Kuliah : 1.077.000 yen
  • Biaya Fasilitas : 354.000 yen
  • Biaya Penerimaan Pendaftaran : 90.000 yen
  • Total Biaya : 1.821.000 yen

Selain itu akan dipungut biaya-biaya lainnya seperti Biaya Pelatihan, Biaya Percobaan, Biaya Material dan lain sebagainya.    

Jumlah Mahasiswa Asing dan Kewarganegaraan

Setiap tahun, mahasiswa asing yang terdaftar berkuliah di program sarjana Universitas Kokusai Kirisutokyou ada sekitar 200 orang. Selain itu, ada sekitar 100 mahasiswa asing di program pascasarjana dan 100 mahasiswa asing di program pertukaran pelajar.

Berdasarkan data mahasiswa asing tahun 2019 (mahasiswa reguler program sarjana dan pascasarjana), urutan jumlah mahasiswa asing berdasarkan kewarganegaraan adalah Amerika Serikat (97 orang), China (65 orang), Korea Selatan (51 orang), Inggris (17 orang), Filipina (16 orang), Vietnam (12 orang), dan beberapa mahasiswa dari negara lainnya. Tahun ini, terdaftar ada 2 orang mahasiswa yang berasal dari Indonesia.

Mungkin mahasiswa asing di Universitas Kokusai Kirisutokyou terlihat sedikit, tetapi, presentasinya mendekati hampir 10%. Sebagai universitas yang sangat berusaha memajukan globalisasi di dalam kampus, Universitas Kokusai Kirisutokyou menerapkan sistem perkuliahan bilingual dengan bahasa Jepang dan bahasa Inggris. Selain itu 1 dari 3 dosen adalah dosen warga negara asing.

Seleksi Masuk Universitas Kokusai Kirisutokyou

Jenis Seleksi Masuk Universitas Kokusai Kirisutokyou

Mulai tahun ajaran masuk 2021, penerimaan mahasiswa asing baru di Universitas Kokusai Kirisutokyou dinamai “Universal Admissions (Penerimaan Universal)”. Adapun “Universal Admissions” dibagi menjadi 3 ujian masuk seperti di bawah ini :

  • Ujian masuk bagi mahasiswa yang kembali ke negara asal (ujian masuk bulan April)
  • English language based admissions (ujian masuk bulan April dan September)
  • Seleksi menggunakan ujian EJU (ujian masuk bulan April dan September)

Di antara ketiga pilihan ujian masuk di atas, ujian masuk yang bisa diikuti oleh calon mahasiswa Indonesia yaitu seleksi masuk yang menggunakan ujian EJU. Mengenai informasi jenis ujian masuk yang lain, bisa kalian periksa di website resmi Universitas Kokusai Kirisutokyou.

Seleksi masuk menggunakan ujian EJU adalah ujian masuk yang secara aktif menerima orang-orang yang memiliki latar belakang beragam, yang bahasa ibunya bukan bahasa Jepang atau bahasa Inggris dan memiliki niat untuk memperkenalkan latar belakang budaya mereka di Jepang dan seluruh dunia.

Apabila tidak lulus dalam ujian masuk menggunakan EJU, maka calon mahasiswa hanya bisa mendaftar lagi setelah menunggu jangka waktu 1 tahun. Dengan kata lain, jika mengikuti ujian masuk di bulan April dan tidak lulus, maka peserta tidak bisa mengikuti ujian masuk di bulan September di tahun yang sama. 

Sebagai tambahan, apabila memenuhi setiap persyaratan pendaftaran, maka peserta bisa mendaftar ujian masuk menggunakan EJU dan jenis ujian masuk lainnya secara bersamaan.

Dokumen yang Diperlukan untuk Pendaftaran

  • Formulir Pendaftaran Masuk ※Diisi secara online melalui website
  • Pas Foto
  • Transkrip Nilai SMA (selama 3 tahun)
  • Dokumen yang menyatakan telah menyelesaikan pendidikan kurang lebih 12 tahun 
    ※Ijazah dan Transkrip Nilai SMA atau Surat Keterangan Kelulusan lainnya dengan tanggal kelulusan yang tercantum jelas
  • Salinan Laporan Nilai Ujian EJU 
  • Surat Keterangan Nilai IELTS atau TOEFL
  • Fotokopi Zairyuu Card (Kartu Izin Tinggal di Jepang) ※hanya untuk peserta yang mendaftar di bulan April

※Peserta yang mendaftar ujian masuk menggunakan ujian EJU di bulan April, perlu memiliki status izin tinggal jangka menengah maupun jangka panjang (visa “pelajar”, “permanen”, dan sebagainya), dan masih berlaku sampai waktu masuk kuliah. Untuk peserta yang mendaftar di bulan September, izin tinggal bisa didapatkan setelah ujian masuk.
※Apabila dokumen pribadi tidak ditulis dalam bahasa Jepang atau bahasa Inggris, harap terlebih dahulu diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang atau bahasa Inggris, lampirkan dokumen terjemahan yang sudah dilegalisir oleh instansi publik seperti kedutaan Jepang, konsulat Jepang atau sekolah asal peserta ujian, dan kirimkan bersamaan dengan dokumen aslinya.

Mengirimkan Dokumen Pendaftaran

Dokumen pendaftaran seleksi ujian masuk menggunakan EJU di Universitas Kokusai Kirisutokyou tidak perlu dikirimkan via pos, proses pendaftaran selesai setelah kalian meng-upload semua dokumen pendaftaran yang diperlukan via website pendaftaran online. Namun, apabila ada dokumen yang tidak bisa diubah ke dalam bentuk PDF, atau jika kalian tidak bisa meng-upload dokumen ke dalam situs pendaftaran, maka kalian bisa mengirimkan dokumen pendaftaran via pos dengan tujuan Pusat Penerimaan Pendaftaran Universitas Kokusai Kirisutokyou.  

Apapun metode yang kalian gunakan, harap perhatikan batas waktu pengiriman dan peng-upload-an dokumen pendaftaran.

Sebagai tambahan, peserta yang dinyatakan lulus ujian harus mengirimkan dokumen-dokumen pendaftaran via pos setelah pengumuman kelulusan. 

Kriteria Pemeriksaan dan Seleksi Dokumen

Peserta seleksi ujian masuk menggunakan EJU di Universitas Kokusai Kirisutokyou wajib mengirimkan hasil ujian EJU, nilai IELTS atau TOEFL, tetapi, tidak ada kriteria nilai yang ditetapkan secara khusus untuk proses penerimaan dan pemeriksaan. 

Harap mengikuti ujian EJU sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan, dengan memilih mata pelajaran ujian yang sesuai persyaratan dan menggunakan “bahasa Jepang”.   

Untuk IELTS dan TOEFL, sesuai dengan aturan umum, peserta bisa menggunakan hasil ujian yang masa berlakunya masih dalam jangka 2 tahun sejak tanggal mengikuti ujian tersebut. 

Jenis Ujian (Tertulis, Wawancara)

Untuk seleksi ujian masuk menggunakan EJU di Universitas Kokusai Kirisutokyou, pelaksanaannya tidak ada perbedaan baik untuk pendaftaran di bulan April maupun September

Seleksi tahap I adalah pemeriksaan dokumen, hanya peserta yang lulus seleksi tahap ini yang bisa lanjut ke seleksi tahap II. Adapun seleksi tahap dua berisi wawancara langsung dalam bahasa Jepang dan bahasa Inggris.

Sebagai tambahan, seleksi ujian masuk menggunakan EJU untuk bulan September 2021, wawancara akan dilaksanakan secara online bagi peserta yang tinggal di luar Jepang. Harap periksa informasi terbaru untuk mengetahui metode seleksi masuk tahun ajaran 2022 dan selanjutnya.

Jadwal Pendaftaran, Seleksi Hingga Pengumuman Kelulusan

  1. Pendaftaran online via website (awal Desember / akhir Januari)
  2. Pembayaran biaya pendaftaran masuk
  3. Mengirimkan atau meng-upload dokumen pendaftaran
  4. Mencetak Kartu Ujian Peserta (awal / akhir Februari)
  5. Pengumuman hasil seleksi tahap I (pertengahan Februari / pertengahan Maret)
  6. Seleksi tahap II (pertengahan Februari / awal April)
  7. Pengumuman kelulusan (akhir Februari / akhir April) 

※Biaya pendaftaran ujian masuk : 35.000 yen.

Beasiswa dari Universitas Kokusai Kirisutokyou

Beasiswa yang Tersedia

Mahasiswa asing yang berkuliah di Universitas Kokusai Kirisutokyou bisa mendaftarkan diri untuk berbagai macam beasiswa yang ada di luar kampus maupun dalam kampus.

Mahasiswa juga bisa mendaftarkan diri sebelum masuk kuliah untuk beasiswa mandiri dalam kampus dan sistem pengurangan biaya kuliah yang disediakan oleh Universitas Kokusai Kirisutokyou. 

Jumlah Beasiswa yang Diberikan

Berikut beasiswa dalam kampus di Universitas Kokusai Kirisutokyou yang bisa diikuti oleh mahasiswa asing. Sebagai tambahan, selain “Beasiswa untuk Mahasiswa Asing”, beasiswa dan sistem pengurangan biaya kuliah di bawah ini bisa juga diikuti oleh mahasiswa Jepang.

Beasiswa yang didaftarkan sebelum masuk kuliah

Beasiswa ICU Peace Bell
  • Penerima : Mahasiswa baru yang berhasil mendapatkan nilai terbaik saat ujian masuk, dan memiliki kesulitan dalam melaksanakan pendidikan karena masalah finansial. Pemilihan akan dilakukan dengan pertimbangan dokumen pendaftaran dan surat rekomendasi.
  • Jumlah Beasiswa : 1.000.000 yen/tahun, umumnya diberikan untuk 4 tahun
Beasiswa ICU Torch Relay High Endeavor
  • Penerima : Mahasiswa baru yang berhasil mendapatkan nilai terbaik saat ujian masuk, dan memiliki kesulitan dalam melaksanakan pendidikan karena masalah finansial. 
  • Jumlah Beasiswa : Biaya masuk, ⅓ biaya kuliah untuk tahun pertama masuk, pembebasan ⅓ biaya fasilitas
  • Jumlah Penerima : 40 orang 

Beasiswa yang bisa didaftarkan setelah masuk kuliah 

Beasiswa ICU Torch Relay bagi Mahasiswa yang Sedang Berkuliah
  • Penerima : Mahasiswa tahun ke-2 sampai ke-4 yang memiliki prestasi akademik sangat baik dan membutuhkan bantuan finansial.
  • Jumlah Beasiswa : ⅓ biaya kuliah/tahun, pengurangan ⅓ biaya fasilitas/tahun
  • Jumlah Penerima : 120 orang
Beasiswa untuk Mahasiswa Asing
  • Penerima : Mahasiswa asing dengan status visa “Pelajar”, yang memiliki prestasi akademik sangat baik dan membutuhkan bantuan finansial
  • Jumlah Beasiswa : ⅓ biaya kuliah/tahun, pengurangan ⅓ biaya fasilitas/tahun

Proses dan Jadwal Seleksi

Beasiswa manapun bisa didaftarkan dengan mengikuti petunjuk yang ada di halaman utama website ICU Student Affairs Group.

Beasiswa sebelum masuk kuliah bisa didaftarkan setelah melakukan pendaftaran ujian masuk secara online dengan meng-upload dokumen-dokumen yang diperlukan ke website pendaftaran online. Namun, surat rekomendasi yang diperlukan untuk pendaftaran Beasiswa ICU Peace Bell harus dikirimkan langsung via pos ke Pusat Penerimaan Pendaftaran Universitas Kokusai Kirisutokyou. Batas waktu pendaftaran sama dengan batas waktu pengiriman (peng-upload-an) dokumen pendaftaran ujian masuk. 

Pendaftaran beasiswa setelah masuk kuliah biasanya berbeda-beda, pastikan kalian memeriksa informasi terbaru. Beasiswa ICU Torch Relay bagi Mahasiswa yang Sedang Berkuliah dan Beasiswa untuk Mahasiswa Asing perlu mengajukan pendaftaran setiap tahun.  

Informasi Universitas Kokusai Kirisutokyou untuk Mahasiswa Asing (Website)