Kuliah di Universitas Rikkyo

Universitas Rikkyo

Universitas Rikkyo (Ritsu-Dai) adalah universitas swasta di Tokyo yang menyelenggarakan pendidikan berbasis ajaran agama Kristen. Namun, dikarenakan pendidikan agama Kristen di Universitas Rikkyo bertujuan untuk mempelajari agama Kristen sebagai disiplin ilmu, meskipun hal ini dilakukan untuk mendorong dan mendukung kegiatan gereja mahasiswa, tidak menjadi masalah apakah mahasiswa memiliki kepercayaan atau tidak. 

Pendahulu Universitas Rikkyo adalah Sekolah Swasta “Rikkyo Gakkou” yang dibuka pada tahun 1874 oleh seorang Misionaris Amerika Serikat, Channing Moore Williams. Oleh karena itu, tahun 1874 dianggap sebagai tahun berdirinya Universitas Rikkyo.

Pada saat pertama kali didirikan, Rikkyo Gakkou hanyalah sekolah kecil yang mengajarkan Alkitab dan bahasa Inggris kepada beberapa murid, tetapi seiring berjalannya waktu sekolah ini diakui secara hukum sebagai sekolah khusus, dan pada tahun 1922, bersamaan dengan bertambahnya Fakultas Sastra dan beberapa jurusannya, serta Fakultas Bisnis, Rikkyo Gakkou diakui sebagai lembaga universitas. Universitas Rikkyo adalah yang kedua setelah Universitas Doshisha di Kyoto, sebagai universitas yang menyelenggarakan pendidikan berbasis agama Kristen.

Setelah Perang Dunia II, Rikkyo memulai sistem baru sebagai universitas dengan 3 fakultas baru yaitu, Fakultas Sastra, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Sains, dan terus mendirikan fakultas sarjana dan pascasarjana baru, serta kampus dan gedung-gedung perkuliahan yang baru hingga berdirinya Universitas Rikkyo yang sekarang.  

Universitas Rikkyo terkenal dengan bangunan bata merah dan tanaman rambatnya, bahkan beberapa bangunan kampus dipilih sebagai bangunan bersejarah oleh Pemerintahan Metropolitan Tokyo. 

Tingkat Kesulitan dan Ketenaran Universitas Rikkyo

Nilai standar masuk Universitas Rikkyo berkisar antara 61 – 69. Khususnya fakultas-fakultas dan jurusan di bidang seni liberal dianggap yang paling sulit, di antaranya Fakultas Komunikasi Antar Budaya, Fakultas Sastra, Fakultas Sosiologi dan sebagainya, nilai standar masuk yang diperlukan mencapai lebih dari 65.

Universitas Rikkyo merupakan salah satu universitas terkenal yang bisa disejajarkan dengan Universitas Meiji dan Universitas Chuo, dan menjadi universitas tersulit setelah Universitas Waseda dan Universitas Keio Gijuku

Lokasi Universitas Rikkyo

Kampus Universitas Rikkyo terletak di Tokyo dan satu kampus lainnya di Saitama.

Kampus Ikebukuro

  • Alamat : 3-34-1 Nishi-Ikebukuro, Toshima-ku, Tokyo 171-8501
  • Jalur Kereta : Semua Kereta JR Line, Tobu-Tojo Line, Seibu Ikebukuro Line, Semua Kereta Tokyo-Metro Line (Stasiun Ikebukuro, 7 menit jalan kaki)
  • Fakultas : Fakultas Sastra, Fakultas Komunikasi Antar Budaya, Fakultas Ekonomi, Fakultas Bisnis, Fakultas Sains, Fakultas Sosiologi, Fakultas Hukum, Global Liberal Arts Program (GLAP)  

※Global Liberal Arts Program (GLAP) tidak menyelenggarakan ujian masuk untuk mahasiswa asing.

Kampus Niiza

  • Alamat : 1-2-26 Kitano, Niiza-shi, Saitama 352-8558
  • Jalur Kereta :
    Tobu-Tojo Line (Stasiun Shiki, 15 menit jalan kaki, 10 menit dengan bus)
    JR Musashino Line (Stasiun Niiza, 10 menit dengan bus)
  • Fakultas : Fakultas Pariwisata, Fakultas Kesejahteraan Masyarakat, Fakultas Psikologi Kontemporer

Biaya Pendidikan untuk Mahasiswa Asing

Berikut biaya pendidikan 1 tahun pertama di Universitas Rikkyo berdasarkan tahun ajaran 2020.

Biaya pendidikan awal dibayarkan pada saat registrasi ulang masuk kuliah dengan membayar biaya masuk dan setengah dari biaya lainnya, sisanya dibayarkan di semester musim gugur. Tahun kedua dan selanjutnya, cukup mengurangi biaya masuk dan dibayar dengan dua kali sistem pembayaran di semester musim semi dan semester musim gugur.

Biaya Pendidikan untuk Fakultas Non-Sains

  • Biaya Masuk : 200.000 yen (semua fakultas)
  • Biaya Kuliah : 1.121.000 – 1.190.000 yen
  • Biaya Lab (Pelatihan dan Eksperimen) : Gratis – 30.000 yen
  • Biaya Keanggotaan Penelitian : Gratis – 3.000 yen
  • Biaya Asosiasi Bantuan Asuransi Kesehatan Pendidikan : 3.500 yen (semua fakultas)
  • Total Biaya Tahun Pertama : 1.326.500 – 1.411.500 yen

Biaya Pendidikan untuk Fakultas Sains

  • Biaya Masuk : 200.000 yen (semua fakultas)
  • Biaya Kuliah : 1.548.000 yen (semua fakultas)
  • Biaya Lab (Pelatihan dan Eksperimen) : Gratis – 80.000 yen
  • Biaya Keanggotaan Penelitian : Gratis
  • Biaya Asosiasi Bantuan Asuransi Kesehatan Pendidikan : 3.500 yen (semua fakultas)
  • Total Biaya Tahun Pertama : 1.751.000 – 1.831.500 yen

※Biaya Lab (Pelatihan dan Eksperimen) mungkin akan berbeda setiap tahunnya.

Jumlah Mahasiswa Asing dan Kewarganegaraan

10 fakultas dan 27 jurusan yang ada di Universitas Rikkyo membuka penerimaan bagi mahasiswa asing (Kecuali Global Liberal Arts Program (GLAP)).

Per bulan Oktober 2020, tercatat ada 714 orang mahasiswa asing yang sedang berkuliah di Universitas Rikkyo, yang termasuk sebagai mahasiswa reguler (program sarjana dan pascasarjana) dan mahasiswa asing khusus (program pertukaran pelajar asing).

Adapun urutan jumlah mahasiswa asing berdasarkan kewarganegaraan adalah China (415 orang), Korea Selatan (205 orang), Indonesia (12 orang), Vietnam (12 orang), Taiwan (11 orang), Malaysia (10 orang) dan mahasiswa asing dari negara lainnya. 

Sebagai tambahan, Universitas Rikkyo sedang mengimplementasikan globalisasi menuju peringatan berdirinya Rikkyo yang ke-150 di tahun 2024 nanti. “Rikkyo Global” yang berisi 24 projek yang telah dimulai sejak tahun 2014, menetapkan tujuan untuk meningkatkan jumlah mahasiswa asing yang pada saat itu ada 500 orang menjadi 2.000 orang pada tahun 2024 nanti. Mitra universitas di luar Jepang pun ditargetkan meningkat, dari 133 menjadi 300 universitas dalam kurun waktu 10 tahun.    

Universitas Rikkyo tidak memiliki lembaga pendidikan bahasa Jepang bagi calon mahasiswa asing, tetapi Pusat Pendidikan Bahasa Jepang menyediakan pendidikan bahasa Jepang secara terperinci khusus untuk mahasiswa asing.  

Seleksi Masuk Universitas Rikkyo

Jenis Seleksi Universitas Rikkyo

Umumnya ujian masuk Universitas Rikkyo hanya dilakukan dengan penyeleksian dokumen saja, oleh karena itu peserta ujian tidak perlu datang ke Jepang. Namun, untuk Fakultas Komunikasi Antar Budaya, selain seleksi dokumen, peserta ujian wajib mengikuti ujian lainnya, yaitu ujian tertulis dan wawancara.

Pada prinsipnya, peserta ujian hanya boleh mendaftarkan diri untuk 1 jurusan (spesialisasi) saja, dan tidak bisa mendaftarkan diri untuk fakultas atau jurusan yang lain. Namun, peserta ujian Fakultas Komunikasi Antar Budaya bisa mendaftarkan diri untuk ujian di fakultas lain.  

Penjelasan di bawah ini sebagian besar membahas rincian ujian masuk dengan seleksi dokumen saja. 

Dokumen yang Diperlukan untuk Pendaftaran

  • Pas Foto ※Upload ke website pendaftaran online
  • Formulir Pendaftaran ※Cetak dari website pendaftaran online
  • Esai tentang alasan mengajukan pendaftaran ※Cetak dari website universitas
  • Transkrip Nilai Asli SMA (selama 3 tahun)
  • Ijazah SMA atau Surat Keterangan Kelulusan Asli
  • Fotokopi Kartu Peserta atau Laporan Hasil Ujian EJU
  • Surat Keterangan Kemampuan Bahasa Inggris
  • Fotokopi Paspor  

※Untuk Ijazah SMA, Surat Keterangan Kelulusan Asli dan Transkrip Nilai Asli SMA yang tidak ditulis dalam bahasa Jepang atau bahasa Inggris, harap diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang atau bahasa Inggris. Universitas Rikkyo tidak memerlukan surat keterangan yang sudah dilegalisasi oleh lembaga publik, oleh karena itu peserta bisa menerjemahkannya sendiri. 
※Bagi peserta yang tinggal di Jepang, pernah bersekolah di SMP Jepang, atau pernah kuliah di Universitas lain, ada dokumen lain yang perlu dipersiapkan.

Mengirimkan Dokumen Pendaftaran

Dokumen pendaftaran dikirimkan via pos ke Departemen Penanggung Jawab Universitas Rikkyo. Dokumen pendaftaran yang dikirimkan dari luar Jepang diharapkan tiba sebelum batas waktu pendaftaran. Alamat tujuan mungkin berbeda-beda tergantung metode pengiriman yang dilakukan, oleh karena itu, pastikan kalian memeriksanya kembali.

Kriteria Pemeriksaan dan Seleksi Dokumen

Hasil Nilai Ujian EJU

Semua peserta yang mengikuti ujian masuk Universitas Rikkyo bagi mahasiswa asing, wajib mengirimkan kartu peserta atau laporan hasil nilai ujian EJU yang diikuti pada periode ujian yang telah ditentukan. Mata pelajaran ujian yang harus diikuti ditentukan oleh fakultas masing-masing, tetapi kriteria penilaian dan pemeriksaan tidak ditentukan. 

Hasil Nilai Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Untuk ujian masuk mahasiswa asing di Universitas Rikkyo, setiap fakultas mewajibkan peserta untuk mengirimkan surat keterangan kemampuan bahasa Inggris. Jenis ujian bahasa Inggris dan nilai standarnya berbeda-beda untuk setiap fakultas, oleh karena itu, pastikan kalian memeriksa informasi terbaru.

Fakultas Sastra – Fakultas Sosiologi – Fakultas Kesejahteraan Masyarakat – Fakultas Ekonomi (pilih salah satu ujian di bawah ini)

(a) Cambridge Assessment English, skor lebih dari 140
(b) The Eiken Test in Practical English Proficiency, skor lebih dari 1.950 (bisa mengikuti Tes Format Konvensional, Eiken CBT, Eiken 2020 1 day S-CBT, atau Eiken 2020 2 days S-Interview) 
(c) GTEC, skor lebih dari 960 (bisa mengikuti tes Tipe CBT atau Level Ujian 4 Skill) ※Terbatas untuk skor resmi
(d) IELTS (Academic Module), skor menyeluruh lebih dari 4,0
(e) TEAP, skor lebih dari 225
(f) TEAP CBT, skor lebih dari 420
(g) TOEFL iBT, skor lebih dari 42
(h) Total skor TOEIC L&R dan skor TOEIC S&W dikalikan 2,5 melebihi 1.150 (Tes IP juga diperbolehkan) ※Khusus untuk Fakultas Bisnis

Fakultas Bisnis – Fakultas Pariwisata – Fakultas Psikologi Kontemporer

Mengirimkan salah satu tes bahasa Inggris (a) – (h) yang disebutkan di atas. Skor tidak ditentukan.  

Fakultas Sains – Fakultas Hukum 

Mengirimkan salah satu tes bahasa Inggris (a) – (g) yang disebutkan di atas. Skor tidak ditentukan.

Fakultas Komunikasi Antar Budaya

IELTS (Academic Module), skor keseluruhan lebih dari 6,0. Atau TOEFL iBT dengan skor lebih dari 80. 

Jenis Ujian (Tertulis, Wawancara)

Di luar Fakultas Komunikasi Antar Budaya yang menyelenggarakan ujian tertulis dan wawancara, ujian masuk bagi mahasiswa asing di Universitas Rikkyo hanya dinilai berdasarkan seleksi dokumen pendaftaran saja. Penilaian dilakukan secara komprehensif berdasarkan nilai-nilai yang dimiliki peserta sesuai dengan dokumen pendaftaran yang sudah dikirimkan seperti nilai akademik sekolah, esai tentang alasan mendaftarkan diri, nilai ujian EJU, nilai tes bahasa Inggris dan sebagainya.

Jadwal Pendaftaran, Seleksi Hingga Pengumuman Kelulusan

  1. Pendaftaran online (awal – pertengahan November)
  2. Pembayaran biaya ujian masuk (15.000 yen)
  3. Mengirimkan dokumen pendaftaran via pos (sampai akhir November)
  4. Mendapatkan Kartu Peserta Ujian (pertengahan Desember)
  5. Seleksi
  6. Pengumuman kelulusan (akhir Januari)

Beasiswa dari Universitas Rikkyo

Beasiswa yang Tersedia 

Mahasiswa asing yang berkuliah di Universitas Rikkyo bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa dari organisasi luar kampus seperti Monbukagakusho/MEXT atau pemerintah daerah, atau beasiswa mandiri yang disediakan oleh Universitas Rikkyo. 

Ada banyak sistem beasiswa mandiri yang disediakan Universitas Rikkyo bagi mahasiswa asing, oleh karena itu, pastikan kalian memanfaatkan kesempatan ini.

Jumlah Beasiswa yang Diberikan

Berikut akan dijelaskan beberapa beasiswa mandiri yang disediakan Universitas Rikkyo yang bisa didapatkan oleh mahasiswa asing (mahasiswa program sarjana reguler). Sebagai tambahan, jumlah penerima dan jumlah beasiswa yang disebutkan di bawah ini adalah data lama. Pastikan kalian memeriksa informasi terbaru.

Beasiswa Pendidikan bagi Mahasiswa Asing Universitas Rikkyo

  • Penerima : Mahasiswa program sarjana tahun ke-3. Diperlukan surat rekomendasi untuk mendaftarkan diri.
  • Jumlah Beasiswa : 60.000 yen/bulan
  • Jumlah Penerima : 3 orang 

Beasiswa Mahasiswa Asing dengan Nilai Akademi Terbaik Universitas Rikkyo

  • Penerima : Mahasiswa program sarjana. Diperlukan surat rekomendasi untuk mendaftarkan diri.
  • Jumlah Beasiswa : 50.000 yen/bulan
  • Jumlah Penerima : 10 orang

Beasiswa Asosiasi Alumni untuk Mahasiswa Asing Universitas Rikkyo

  • Penerima : Mahasiswa program sarjana. Diperlukan surat rekomendasi untuk mendaftarkan diri.
  • Jumlah Beasiswa : 50.000 yen/bulan
  • Jumlah Penerima : 7 orang

Beasiswa Mahasiswa Asing Universitas Rikkyo

  • Penerima : Mahasiswa program sarjana dan pascasarjana. Diperlukan surat rekomendasi untuk mendaftarkan diri.
  • Jumlah Beasiswa : 200.000 yen/tahun
  • Jumlah Penerima : 85 orang 

Beasiswa Tokyo St. Paul’s Lions Club Universitas Rikkyo

  • Penerima : Mahasiswa program sarjana dan pascasarjana
  • Jumlah Beasiswa : 300.000 yen/tahun
  • Jumlah Penerima : 2 orang

Beasiswa Pertukaran Internasional Ladies Club Asosiasi Alumni Universitas Rikkyo

  • Penerima : Khusus mahasiswa perempuan program sarjana dan pascasarjana
  • Jumlah Beasiswa : 300.000 yen/tahun
  • Jumlah Penerima : 1 orang

Beasiswa Bantuan Darurat bagi Mahasiswa Asing Universitas Rikkyo

  • Penerima : Mahasiswa program sarjana dan pascasarjana
  • Jumlah Beasiswa : 200.000 yen/tahun
  • Jumlah Penerima : 15 orang 

Beasiswa Insentif Akademik Universitas Rikkyo

  • Penerima : Mahasiswa tahun ke-2 ke atas program sarjana. Termasuk mahasiswa Jepang.
  • Jumlah Beasiswa : 200.000 yen/tahun
  • Jumlah Penerima : 65 orang

Proses dan Jadwal Seleksi

Pendaftaran semua beasiswa yang disebutkan di atas dilaksanakan setelah masuk kuliah. Sebagian besar pendaftaran beasiswa dilaksanakan sekitar awal bulan April, tetapi beberapa pendaftaran beasiswa ada yang dilaksanakan pada bulan Juli dan September.

Penjelasan lengkapnya akan dijelaskan pada orientasi mahasiswa yang diselenggarakan khusus untuk mahasiswa asing setelah masuk kuliah. 

Informasi Universitas Rikkyo untuk Mahasiswa Asing (Website)