Artikel kali ini akan membahas salah satu binatang yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari yaitu niwatori. Apa itu niwatori? Yuk, langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Penjelasan “Niwatori

Niwatori adalah bahasa Jepang untuk ayam. Niwatori merupakan sejenis tori (unggas, burung) yang termasuk ke dalam suku unggas tanah (kijika). Asal muasal kata niwatori sendiri diambil dari niwa no tori (burung yang ada di halaman). Sama halnya dengan jenis binatang lain, ayam dalam bahasa Jepang pun memiliki bahasa yang berbeda secara spesifik, yaitu :

  • Ondori : ayam jantan
  • Mendori : ayam betina
  • Hyoko / Hinadori : anak ayam

Berdasarkan cara baca kanji Jepang (kunyomi), kanji niwatori bisa juga dibaca tori. Penggunaan cara baca tori ini biasanya digunakan ketika digabungkan dengan huruf kanji lain seperti toriniku (daging ayam). Untuk daging ayam sendiri, selain toriniku kalian bisa menggunakan kata chikin yang diambil dari bahasa Inggris “chicken”.

Contoh Kalimat

Berikut contoh-contoh kalimat yang menggunakan kata niwatori.

Niwatori no nakigoe de me wo samashita.
Oba-san wa tamago wo uru tame ni, niwatori wo katteiru.
Uchi no niwatori wa mada tamago wo umimasen.
Kore wa niwatori no niku desu.
Shichimenchou wa niwatori yori sukoshi ookii.
Sono niwatori wa saikin, tamago wo undeinai.
Watashi-tachi wa san-biki no neko to roku-wa no niwatori wo katteimasu.
Usagi ka niwatori wo kau you ni shinasai.
Rinjin no niwatori wa uchi no niwatori ni masaru.
Niwatori ga tsuchi wo kaite mushi wo asaru.

Kesimpulan

Itulah penjelasan singkat tentang niwatori (ayam) dan beberapa contoh kalimatnya. Jadi, niwatori digunakan untuk ayam secara umum. Sedangkan istilah lain yang lebih spesifiknya ada ondori (ayam jantan), mendori (ayam betina) dan hyoko atau hinadori (anak ayam).

Bagaimana penjelasannya? Semoga mudah dipahami ya. Jangan lupa buat contoh kalimat versi kalian agar kosakatanya mudah untuk diingat. Semangat terus belajar bahasa Jepangnya dan terus ikuti info-info bahasa Jepang di blog Kepo Jepang ya!