Q) Bagaimana penggunaanげ?

A) Pola kalimat ~げ (~ge) yang termasuk ke dalam JLPT N2 ini digunakan untuk menyatakan dugaan atau kemungkinan. Maknanya hampir sama dengan tata bahasa JLPT N4 “~sou na/~sou ni/~sou da. Penggunaannya : (1) Kata sifat golongan 1 => い dihilangkan + げ. Contoh : 彼女はうれしげだ。/ Kanojo wa ureshige da. / Di terlihat/tampaknya senang. (2) Kata sifat golongan 2 => な dihilangkan + げ. Contoh : そのニュースを聞いて、彼は不安げな顔をした。/ Sono nyuusu wo kiite, kanojo wa fuange na kao wo shita. / Ketika dia (perempuan) mendengar berita itu, dia tampak gelisah. (3) Kata kerja => Bentuk “masu” (masu dihilangkan) + げ. Contoh : 自信ありげだね。/ Jishin arige da ne. / Kamu keliatan/tampak percaya diri ya. (4) Kata benda + げ. Contoh : 上司に大人気ない態度をとってしまった。/ Joushi ni otonagenai taido wo totte shimatta. / Saya mengambil sikap yang tampak tidak dewasa terhadap bos saya. Jadi, pada dasarnya pola kalimat “げ” digunakan untuk menyatakan suatu dugaan atau pendapat dari hal yang kita lihat, sehingga pola ini dalam bahasa Indonesia dapat diartikan : terlihat / tampaknya / sepertinya. Namun, perlu diingat bahwa pada dasarnya pola kalimat “ge” ini sebagian besar digunakan dengan kata kerja golongan 1 (i-keiyoushi). Penggunaanya dengan kata sifat 2 (na-keiyoushi), kata kerja dan kata benda hanyalah untuk pengecualian tertentu dan cukup terbatas. Selain itu, pola kalimat “ge” ini secara umum digunakan untuk menunjukkan “keadaan” dan “emosi”, seperti “tanoshii”, “yasashii”, “yawawakai”, dan sebagainya, dan tidak digunakan untuk menunjukkan perubahan atau gerakan. Oleh karena itu, pola kalimat ini tidak terlalu sering digunakan dengan kata sifat golongan 2 dan kata kerja. Contoh pada kata sifat 2 (fuan) dan kata benda (otona) di atas adalah kosakata yang umum digunakan dengan pola kalimat “ge”. Semoga penjelasannya bisa membantu menjawab pertanyaan di atas.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Konnichiwa, Karena belajar bahasa jepang otodidak masih suka bingung bab mana yang harus lebih dulu dipelajari, apakah ada urutan materi yang lebih mudah dipelajari dari sensei?

A) Jika kamu ingin mempelajari bahasa Jepang dengan serius, maka yang terpenting adalah kamu harus menyiapkan waktu untuk mempelajari dasar-dasar bahasa Jepang itu sendiri. Untuk langkah-langkahnya, bisa kamu lihat di di sini yaa.

Q) Halo admin Kepo Jepang. Saya mau tanya hal apa saja yang perlu diketahui oleh tour gaido Indonesia terhadap kebiasaan turis Jepang secara umum. Terima kasih

A) Ada kebiasaan-kebiasaan yang dimiliki para turis asing termasuk turis Jepang yang berbeda dengan kebiasaan dan budaya orang Indonesia sendiri. Beberapa kebiasaan orang Jepang yang mungkin perlu untuk diketahui sebagai seorang Tour Guide kurang lebihnya bisa kamu lihat di halaman ini ya!

Q) Ingin bertanya, apakah jika ingin kerja di jepang akaa di tes matematika? kalau iya apa yang harus di pelajari? terimakasi 🙏

A) Sama seperti di Indonesia, saat melamar pekerjaan di Jepang yang membutuhkan kemampuan khusus tentunya memerlukan tes ataupun sertifikat uji kemampuan atas skill yang dimaksud, termasuk Matematika. Penjelasan lengkapnya lihat di halaman ini ya.