Q) Apa arti dekiru dalam kalimat kalimat ini? 背中におできができた. 甘いものを食べ過ぎて顔ににきびが​できちゃった​。

A) Kata “dekiru” yang sering digunakan dalam kalimat bahasa Jepang pada umumnya digunakan untuk menyatakan “bisa melakukan sesuatu”. Untuk penjelasan lengkap penggunaan makna “dekiru” yang ini bisa dilihat di artikel ini dan di sini. Akan tetapi, selain menunjukkan makna “bisa melakukan”, “dekiru” juga bisa memiliki makna bahwa “akan terjadi sesuatu” atau menyatakan “sesuatu hal yang sebelumnya tidak ada menjadi ada”. Adapun bentuk lampau “dekita” seperti pada kalimat di atas bisa diartikan “sudah ada”, “sudah jadi”, dan hal-hal yang menyatakan “sesuatu hal yang sebelumnya tidak ada menjadi ada” lainnya, tergantung konteks kalimat yang disampaikan. Makna inilah yang digunakan pada kalimat-kalimat yang ditanyakan di atas. Misalnya, kalimat 背中におできができた di atas bisa diartikan “ada (tumbuh) bisul di punggung saya”. Untuk penjelasan singkatnya bisa dibaca di di sini. Semoga penjelasannya membantu.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Mau nanya, buku yang bagus untuk mempelajari N5 apa ya? apakah mina no nihonggo Cukup?

A) Buku Minna no Nihongo merupakan salah satu buku panduan belajar bahasa Jepang yang materinya lengkap. Tapi untuk belajar sendiri sepertinya sulit dan harus tetap ada guru yang mengajarkan ya… Selain itu kalau untuk latihan ujian JLPT juga perlu dari sumber lain. Lengkapnya bisa lihat di halaman ini ya.

Q) Apa perbedaan輝くdanキラキラ?

A) 輝く(kagayaku) secara sederhana diartikan berkilau, bersinar, bercahaya atau berseri.Begitu pun dengan キラキラ (kira-kira), secara sederhana diartikan sama dengan “kagayaku”. Yang membedakannya adalah kelas kata masing-masing kata. Untuk lebih jelasnya, silakan baca halaman ini

Q) Apa ada kisi-kisi ujian JFT untuk program tokutei ginou?

A) Mohon maaf karena Kepo Jepang tidak menyediakan kisi-kisi ujian JFT. Namun, untuk ujian JFT dasar sendiri isinya kurang lebih seputar pemahaman “Huruf dan Kosakata”, “Percakapan dan Ungkapan”, “Pendengaran”, dan “Pemahaman Bacaan”. Beberapa kriteria ini bisa dicari di website Kepo Jepang. Untuk lebih jelasnya, silakan baca di halaman ini.