Q) Mau tanya lagi nih kak. Perbedaanya “Honto” dengan “maji” apa ya?

A) Sebagai ungkapan ekspresi, umumnya “hontou” digunakan untuk nuansa kasual maupun formal. Dan masih mengandung nuansa yang halus dan sopan. Contoh : (1) Ano uwasa wa hontou da. / Rumor itu benar (adanya). (2) Kare no itta koto wa hontou kamoshirenai. / Apa yang dia (laki-laki) katakan mungkin benar (adanya). Sedangkan “maji” merupakan bentuk informal atau bahasa gaul (slang) dari “hontou”, yang secara luas digunakan orang Jepang dalam percakapan sehari-hari. Contoh : (1) Maji de omoshiroi. / Benar-benar menarik. (2) A : Shiken ni ukatta yo! / Aku lulus ujian loh! B : Maji ka?! / Beneran?!. Penjelasan ungkapan “hontou” yang lebih lengkap bisa dibaca di halaman ini ya.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Saya belum hafal kata keterangan mohon dibantu

A) Kata keterangan / adverbia (fukushi) tentunya bisa dipahami jika kita belajar dari contoh kalimat dan mencoba membuat kalimat sendiri menggunakan adverbia yang telah dipelajari. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini.

Q) Saya ingin tahu tips agar bisa lulus JLPT.

A) Silakan baca halaman ini , dan coba ukur kemampuan JLPT kalian.

Q) Saya ingin melihat momiji. Kapan musim terbaik untuk melihatnya?

A) Berbeda-beda tergantung tempatnya. Di Tokyo paling bagus melihat momiji itu sekitar awal November – awal Desember. Di tempat dingin seperti Hokkaido, munculnya lebih cepat sekitar pertengahan September – Oktober.