Q) Permisi saya mau tanya kalau ingin kuliah dan kerja di Jepang, apakah menguasai bahasa Jepang saja cukup atau harus ada skill skill lain? Dan nilai dokumen ijazah,raport SMA/sederajat harus tinggi ya? *Arigatou Gozhaimasu sensei*

A) Persyaratan kuliah di Jepang berbeda-beda tergantung jurusan, fakultas, dan universitas masing-masing. Ada universitas yang mewajibkan calon mahasiswa menguasai bahasa Jepang, ada juga yang tidak (biasanya program internasional). Selain kemampuan bahasa Jepang, kemampuan bahasa Inggris juga biasanya menjadi salah satu persyaratan untuk mendaftar kuliah di Jepang. Adapun nilai akademik SMA/sederajat biasanya ditentukan oleh fakultas masing-masing. Untuk keperluan tertentu, persyaratan di luar akademik juga biasanya dipertimbangkan, seperti kesehatan calon mahasiswa, kemampuan finansial, dan hal-hal lainnya yang bisa mendukung selama perkuliahan di Jepang. Selain persyaratan dokumen yang harus dipenuhi, ada juga ujian masuk universitas, baik itu ujian tertulis maupun wawancara. Sistem ujian sendiri biasanya berbeda-beda tergantung jurusan, fakultas, dan universitas masing-masing. Oleh karena itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan jurusan dan universitas mana yang sekiranya menarik minatmu, dan universitas mana saja yang menerima mahasiswa asing. Untuk daftar universitas swasta di Jepang yang banyak diminati mahasiswa asing, bisa dicek di halaman ini. Kamu bisa melihat persyaratan nilai, kemampuan bahasa, dan sebagainya di masing-masing artikel tentang universitasnya. Sama halnya dengan persyaratan masuk kuliah, persyaratan untuk bekerja di Jepang pun berbeda-beda tergantung jenis pekerjaan dan perusahaannya. Sebagian besar perusahaan memang mewajibkan calon pekerja memiliki kemampuan bahasa Jepang minimal JLPT N3, tetapi ada juga beberapa perusahaan yang cukup menerima mereka yang memiliki kemampuan bahasa Inggris level tinggi (biasanya jenis pekerjaan yang berhubungan dengan IT dan engineering). Untuk skill lain selain bahasa, tentu saja sangat penting. Kemampuan di luar bahasa biasanya berbeda-beda tergantung apa jenis pekerjaan yang kamu pilih dan di perusahaan mana kamu melamar pekerjaan. Tentunya setiap perusahaan memiliki persyaratan dan kriteria masing-masing untuk calon karyawannya. Penjelasan singkat mengenai bekerja di Jepang untuk lulusan S1 bisa dilihat di halaman ini atau di sini. Selain itu, ada juga perekrutan pekerja dengan kemampuan khusus. Informasi mengenai cara bekerja dengan kemampuan khusus (Tokutei Ginou) bisa dilihat di halaman ini. Semoga penjelasannya membantu menjawab pertanyaan di atas.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Saya ingin tahu tips agar bisa lulus JLPT.

A) Silakan baca halaman ini , dan coba ukur kemampuan JLPT kalian.

Q) Apakah lulusan S1 dari “luar” bisa mencari pekerjaan di Jepang? Contoh pekerjaan seperti pekerjaan kantoran misalnya

A) Lulusan S1 dari universitas di luar Jepang tentu bisa saja mendapatkan pekerjaan di Jepang, misalnya sebagai pekerja kantoran di Jepang, selama mereka memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini ya!