Q) Kaa, aku mau ikut program tokutei ginou. Aku mau test JFT dan latihan soalnya. Apa ada kisi-kisi ujian JFT ya? Aku mau beli kalau ada contoh soal-soalnya. Terima kasih

A) Sebelumnya kami mohon maaf karena Kepo Jepang tidak menyediakan kisi-kisi ujian JFT. Namun, untuk ujian JFT dasar sendiri isinya kurang lebih seputar pemahaman “Huruf dan Kosakata”, “Percakapan dan Ungkapan”, “Pendengaran”, dan “Pemahaman Bacaan”. Beberapa kriteria ini bisa dicari di website Kepo Jepang. Untuk huruf, bisa dipelajari di halaman ini. Kosakata bisa dilihat di daftar kosakata kata benda dan kosakata kata kerja dan kata sifat. Beberapa ungkapan percakapan dalam bahasa Jepang ada di halaman ini. Untuk pendengaran bisa mencoba dengan mendengarkan percakapan bahasa Jepang yang ada di halaman ini. Untuk informasi lengkap seputar ujian JFT sendiri, dari mulai kriteria penilaian, materi ujian dan contoh-contoh soal bisa dilihat langsung di halaman website JFT.. Semoga jawabannya membantu pertanyaan yang sudah diajukan.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Permisi saya mau tanya kalau ingin kuliah dan kerja di Jepang, apakah menguasai bahasa Jepang saja cukup atau harus ada skill skill lain? Dan nilai dokumen ijazah,raport SMA/sederajat harus tinggi ya? *Arigatou Gozhaimasu sensei*

A) Persyaratan untuk kuliah di Jepang sebagian besar berbeda-beda tergantung jurusan, fakultas, dan universitas masing-masing. Begitu juga untuk bekerja di Jepang, persyaratan mengenai kemampuan bahasa dan skil lainnya ditentukan sesuai jenis pekerjaan dan setiap perusahaan. Untuk lebih jelasnya, silakan baca di halaman ini.

Q) Apakah lulusan S1 dari “luar” bisa mencari pekerjaan di Jepang? Contoh pekerjaan seperti pekerjaan kantoran misalnya

A) Lulusan S1 dari universitas di luar Jepang tentu bisa saja mendapatkan pekerjaan di Jepang, misalnya sebagai pekerja kantoran di Jepang, selama mereka memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini ya!

Q) Apakah bisa melanjutkan study di jepang jika berangkat dengan visa tokuteigino?

A) Berdasarkan beberapa ketentuan, pemegang Visa Tokutei-ginou bisa mengubah status izin tinggal di Jepang menjadi “Ryuugakusei” atau pelajar asing. Namun, ada beberapa persyaratan tertentu yang harus dipenuhi, seperti kemampuan akademik atau apakah tempat study yang dituju terkait dengan keterampilan atau pekerjaan tertentu. Untuk lebih jelasnya, silakan baca di halaman ini.