Q) Konnichiwa. Aku mau tanya apa perbedaan たびに, おきに, dan ごとに dalam mengungkapkan kata SETIAP? Apakah saat menggunakannya, ketiganya bisa saling menggantikan atau ada makna dan arti yang lebih spesifik dalam menggunakan setiap kata dalam kalimat? Terima kasih.

A) たびに digunakan untuk menyampaikan hal lain yang terjadi atau dirasakan setiap kali suatu hal tertentu terjadi. Penjelasan lengkapnya bisa dibaca di artikel ini. おきに dan ごとに sama-sama diartikan “(sekali) setiap”. Hanya saja, おきに digunakan untuk menunjukkan adanya interval hari, minggu, bulan dan tahun atau interval detik, menit, jam dan jarak. Sedangkan ごとに hanya memiliki makna “sekali setiap” untuk menunjukkan keterangan waktu atau jarak apapun. Penjelasan lengkap untuk おきに bisa dilihat di artikel ini dan ごとに di halaman ini. Semoga penjelasannya membantu menjawab pertanyaan di atas.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Apa perbedaan antara 〜た/ 〜ました dan ていた/~ていました?

A) Secara sederhana baik 〜た/ 〜ました maupun ていた/~ていました merupakan tata bahasa yang digunakan untuk kalimat lampau. Adapun penjelasannya bisa dibaca di halaman ini.

Q) Apa arti mou sugu dalam kalimat ini? もうすぐ春です

A) もうすぐ (mou sugu) dalam kalimat di atas diartikan “segera” atau sebentar lagi”. Untuk penjelasannya bisa dilihat di halaman ini.

Q) Permisi saya mau tanya kalau ingin kuliah dan kerja di Jepang, apakah menguasai bahasa Jepang saja cukup atau harus ada skill skill lain? Dan nilai dokumen ijazah,raport SMA/sederajat harus tinggi ya? *Arigatou Gozhaimasu sensei*

A) Persyaratan untuk kuliah di Jepang sebagian besar berbeda-beda tergantung jurusan, fakultas, dan universitas masing-masing. Begitu juga untuk bekerja di Jepang, persyaratan mengenai kemampuan bahasa dan skil lainnya ditentukan sesuai jenis pekerjaan dan setiap perusahaan. Untuk lebih jelasnya, silakan baca di halaman ini.