Q) Sensei oshiete :’3 Tentang tata bahasa ため ( に ) dalam penggunaan untuk kata benda dan kata kerja. Terima kasih sebelumnya!

A) Tatabahasa ために (tame ni) bisa digunakan dengan kata benda, kata kerja, maupun kata sifat. Adapun aturan penggunaannya adalah sebagai berikut : (1) kata benda + no + tame ni. Contoh : 健康のために、毎朝に走っています。/ kenkou no tame ni, mai asa hashitte imasu. / untuk kesehatan, saya berlari setiap pagi. (2) kata kerja + tame ni. Contoh : 日本へ旅行するために、貯金しています。/ nihon e ryokou suru tame ni, chokin shite imasu. / saya menabung untuk liburan ke Jepang. (3) Kata sifat ~i + tame ni. Contoh : 血圧が高いために頭が痛くなることがある。/ ketsuatsu ga takai tame ni atama ga itakunaru koto ga aru. / tekanan darah tinggi bisa menyebabkan sakit kepala. (4) Kata sifat ~na + tame ni. Contoh : とても不安なために、寝られません。/ totemo fuan-na tame ni, neraremasen. / tidak bisa tidur karena merasa sangat khawatir. Adapun tatabahasa ために (tame ni) digunakan untuk menunjukkan penyebab seperti pada kalimat 3 & 4. Dan juga untuk menunjukkan tujuan seperti pada kalimat 1 & 2. Semoga penjelasannya membantu.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) perbedaan makna dalam mengungkapkan “感じがする”, “気がする” atau “感じる”?

A) “感じがする”, “気がする” atau “感じる” digunakan untuk mengungkapkan sesuatu yang berhubungan dengan apa yang pembicara rasakan. Namun masing-masing memiliki makna yang berbeda. Penjelasan lebih lengkapnya bisa dilihat di halaman ini.

Q) Bagaimana cara agar tidak lupa berlatih kotoba dan perubahan kosakata?

A) Cara terbaik untuk berlatih kotoba (kosakata) dan bentuk perubahan kosakata dalam bahasa Jepang adalah dengan mengingatnya melalui kalimat. Selengkapnya lihat di halaman ini ya!

Q) saya mau bertanya tentang beasiswa sekolah bahasa jepang di jepang, apakah ada beasiswa untuk sekolah bahasa di jepang kak? kalau ada mohon infonya kak terimakasih

A) Ada beberapa beasiswa yang disediakan untuk pelajar Sekolah Bahasa Jepang, baik setelah terdaftar sebagai siswa maupun sebelum keberangkatan ke Jepang. Untuk lebih detailnya, silakan baca halaman ini.