Q) Apakah bisa melanjutkan study di jepang jika berangkat dengan visa tokuteigino?

A) Visa Tokutei-ginou umumnya digunakan untuk mereka yang bekerja dengan keterampilan khusus yang didapatkan setelah melewati berbagai macam ujian kemampuan yang sesuai dengan pekerjaan yang dipilih. Berdasarkan beberapa ketentuan, pemegang Visa Tokutei-ginou bisa mengubah status izin tinggal di Jepang menjadi “Ryuugakusei” atau pelajar asing. Namun, mungkin ada beberapa persyaratan tertentu yang harus dipenuhi, seperti kemampuan akademik atau apakah tempat study yang dituju terkait dengan keterampilan atau pekerjaan tertentu. Selain itu, persyaratan dari pihak sekolah pun bisa menjadi salah satu persyaratan yang harus diperhatikan. Jadi, sebelum memutuskan mengubah visa tokutei-ginou ke visa pelajar asing, terlebih dahulu kita harus mengetahui persyaratan dari setiap sekolah juga. Untuk sekilas informasi tentang Sekolah Bahasa Jepang bisa dibaca di halaman ini. Untuk daftar universitas swasta di Jepang yang banyak diminati mahasiswa asing, bisa dicek di halaman ini. Dan untuk informasi seputar Visa Tokutei Ginou bisa dilihat di halaman ini. Semoga penjelasannya membantu menjawab pertanyaan di atas.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Apakah lulusan S1 dari “luar” bisa mencari pekerjaan di Jepang? Contoh pekerjaan seperti pekerjaan kantoran misalnya

A) Lulusan S1 dari universitas di luar Jepang tentu bisa saja mendapatkan pekerjaan di Jepang, misalnya sebagai pekerja kantoran di Jepang, selama mereka memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini ya!

Q) Permisi saya mau tanya kalau ingin kuliah dan kerja di Jepang, apakah menguasai bahasa Jepang saja cukup atau harus ada skill skill lain? Dan nilai dokumen ijazah,raport SMA/sederajat harus tinggi ya? *Arigatou Gozhaimasu sensei*

A) Persyaratan untuk kuliah di Jepang sebagian besar berbeda-beda tergantung jurusan, fakultas, dan universitas masing-masing. Begitu juga untuk bekerja di Jepang, persyaratan mengenai kemampuan bahasa dan skil lainnya ditentukan sesuai jenis pekerjaan dan setiap perusahaan. Untuk lebih jelasnya, silakan baca di halaman ini.

Q) Cara pengajuan visa designated activities, bagi warga negara asing yang tidak bisa bahasa Jepang bagaimana ? Bisakah di arahkan dengan jelas dan detail ?

A) Visa Designated Activities adalah aplikasi untuk status izin tinggal khusus yang bisa didapatkan hanya untuk orang asing tertentu yang sudah memiliki tempat penerimaan atau perwakilan orang di Jepang (baik itu tempat kerja, penyelenggara kegiatan, maupun keluarga yang menetap di Jepang), terlepas apakah orang tersebut fasih atau tidak dalam berbahasa Jepang. Penjelasan lengkapnya bisa lihat halaman ini ya!