Q) Pola kalimat 代わりに seperti apa sensei

A) Pola kalimat “~kawari ni” secara harfiah bisa diartikan dari pada (melakukan)~, alih-alih, atau sebagai ganti/pengganti. Pola kalimat ini digunakan ketika kalian menyarankan hal lain alih-alih hal yang sudah ada. Secara sederhana maknanya adalah, dari pada melakukan A, lakukanlah B (untuk kata kerja). Atau Alih-alih A, bagaimana kalau B saja (untuk orang atau kata benda lainnya). Oleh karena itu, pola kalimat “~kawari ni” digunakan hanya dengan kata kerja dan kata benda. Pembentukan pola kalimatnya adalah : (KK) Kata kerja bentuk kasual + kawari ni / (KB) Kata benda + no + kawari ni (untuk KB, bisa juga diganti menjadi ~ni kawatte). Contoh : (KK) Kinou zangyou shita kawari ni, kyou wa sukoshi hayaku kaette ii to iwareta. (Sebagai ganti kerja lembur kemarin, saya diberi tahu bahwa saya bisa pulang lebih cepat hari ini.) / Saikin no ryokou wa maikaa de iku kawari ni, basutsuaa ni sanka suru hito ga ooku natta. (Akhir-akhir ini, banyak orang menggunakan tur bus daripada menggunakan mobil.) / (KB) Saikin wa, meeru no kawari ni LINE wo tsukau hito ga fuete iru. (Belakangan ini, orang yang menggunakan LINE sebagai pengganti email semakin meningkat.) / Inkan no kawari ni, sain demo kamaimasen yo. (Anda dapat menggunakan tanda tangan sebagai pengganti inkan (cap/segel nama.) Penjelasannya mungkin sampai di sini ya. Semoga dengan adanya contoh-contoh seperti di atas, bisa membantu kamu memahami penggunaan pola kalimat “~kawari ni”. Sebagai tambahan, pola kalimat ini bisa kamu temukan dalam JLPT N3.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Saya belum hafal kata keterangan mohon dibantu

A) Kata keterangan / adverbia (fukushi) tentunya bisa dipahami jika kita belajar dari contoh kalimat dan mencoba membuat kalimat sendiri menggunakan adverbia yang telah dipelajari. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini.

Q) Bagaimana cara agar tidak lupa berlatih kotoba dan perubahan kosakata?

A) Cara terbaik untuk berlatih kotoba (kosakata) dan bentuk perubahan kosakata dalam bahasa Jepang adalah dengan mengingatnya melalui kalimat. Selengkapnya lihat di halaman ini ya!

Q) Bagaimana menggunakan kata “imasu”?

A) Kata “imasu” digunakan untuk menyatakan “ada” untuk benda hidup seperti manusia dan hewan. Misalnya, “isu no shita ni neko ga imasu” artinya “di bawah kursi ada kucing”. Untuk penjelasan lebih lengkap silahkan lihat halaman ini.