Q) Apa arti とんでもない?

A) とんでもない (tondemonai) secara sederhana diartikan “mustahil”, “sama sekali tidak”, “tidak begitu”. “Tondemonai” sering sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, sehingga maknanya pun akan berubah sesuai dengan konteks pecakapannya. Yang pertama, “tondemonai” digunakan untuk menyangkal suatu pendapat yang disampaikan lawan bicara. Namun, penyangkalan ini bisa berupa perasaan sesungguhnya karena memang pembicara ingin menyangkal sebuah tanggapan atau bisa juga digunakan sebagi bentuk merendahkan diri. Misalnya => A : Kare no koto suki na no? (Kamu suka dia?) B : Tondemonai (mustahil). ATAU A : Kirei desu ne (kamu cantik ya) B : Ieie, tondemonai desu. (Ah tidak sama sekali). Selain itu, “tondemonai” juga digunakan ketika pembicara menolak sesuatu atau seseorang dengan cara yang lugas. Atau menyangkalnya sama sekali. Contoh : Kare to deeto nante tondemonai (tidak mungkin aku berkencan dengan dia). Penggunaan lainnya “tondemonai” juga sering digunakan sebagai balasan “terima kasih”. Contoh => A : Kyou arigatou gozaimasu (terima kasih untuk hari ini) B : Ieie, tondemonai desu (tidak jadi masalah kok). “Tondemonai” juga bisa digunakan ketika pembicara berusaha menolak secara halus ajakan, kebaikan atau tawaran yang diberikan lawan bicara. Misalnya => A : Ie made okurimashouka? (bagaimana kalau saya antarkan sampai rumah?) B : Tondemonai desu. Densha de kaerimasu. (Tidak perlu. Saya pulang dengan kereta). Semoga penjelasannya membantu memahami penggunaan “tondemonai”.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Bagaimana cara agar tidak lupa berlatih kotoba dan perubahan kosakata?

A) Cara terbaik untuk berlatih kotoba (kosakata) dan bentuk perubahan kosakata dalam bahasa Jepang adalah dengan mengingatnya melalui kalimat. Selengkapnya lihat di halaman ini ya!

Q) Saya ingin tahu tips agar bisa lulus JLPT.

A) Silakan baca halaman ini , dan coba ukur kemampuan JLPT kalian.

Q) Semisal sudah punya sertifikat JLPT N2, bagaimana caranya step by step melamar pekerjaan “kantor” di Jepang?

A) Bagi yang sedang berada di luar Jepang, mulailah dengan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai Job Fair. Meski jumlahnya tidak banyak, ada job fair perusahaan Jepang yang diadakan di Indonesia, atau yang diadakan khusus untuk orang asing yang bisa bahasa Jepang. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini