Q) Bagaimana pola kalimat yang digunakan untuk menyebutkan beberapa hobi kita? Contoh kalimat : Hobi saya menari, menonton film dan menjahit.

A) Pola kalimat untuk menyebutkan beberapa hal bisa dengan pola “tari” atau “to”. Misalnya, “hobi saya adalah menari dan menonton film” adalah “watashi no shumi wa odoru koto to eiga wo miru koto desu”. Bisa juga disampaikan dengan “watashi no shumi wa odottari, eiga wo mitari suru koto desu”. Kita perlu menambah kata “koto” setelah kata kerja untuk menjadikannya sebagai kata benda ya! Bisa juga dengan langsung menggunakan kata benda, misalnya “hobi saya adalah menari, menonton film, dan menjahit” adalah “watashi no shumi wa dansu to eiga to nuimono desu”. Untuk referensi contoh kalimat lebih banyak, silahkan lihat penjelasan kosakata hobi, partikel “tari”, dan partikel “to”.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Bagaimana cara agar tidak lupa berlatih kotoba dan perubahan kosakata?

A) Cara terbaik untuk berlatih kotoba (kosakata) dan bentuk perubahan kosakata dalam bahasa Jepang adalah dengan mengingatnya melalui kalimat. Selengkapnya lihat di halaman ini ya!

Q) Saya belum hafal kata keterangan mohon dibantu

A) Kata keterangan / adverbia (fukushi) tentunya bisa dipahami jika kita belajar dari contoh kalimat dan mencoba membuat kalimat sendiri menggunakan adverbia yang telah dipelajari. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini.

Q) Bagaimana membedakan penggunaan “yona” dan “yoni”?

A) Tata bahasa “you na” dan “you ni” memang memiliki fungsi yang sama, yaitu menyampaikan kata “seperti”. Hal yang membedakan adalah kosakata yang disampaikan setelah pola tersebut. Untuk penjelasan lebih lengkap, silahkan lihat halaman ini ya.