Q) Sensei, apa arti wazawaza dalam kalimat?

A) “Wazawaza” dalam kalimat bahasa Jepang digunakan sebagai kata keterangan. Ada beberapa makna yang terkandung dalam kata keterangan ini. (1) “Wazawaza” digunakan ketika kita berusaha menghargai seseorang karena berusaha keras atau melewati kesulitan dan waktu yang lama untuk melakukan sesuatu untuk kita atau datang mengunjungi kita. Contoh : わざわざ来ていただいて、すみません。/ Wazawaza kite itadaite, sumimasen. / Saya minta maaf karena Anda sudah datang jauh-jauh (sudah repot-repot datang). “Wazawaza” pada kalimat ini mengekspresikan ungkapan rasa terima kasih atas upaya dan rasa terima kasih karena sesorang datang khusus hanya untuk tujuan tertentu. (2) Di sisi lain, “wazawaza” juga bisa memiliki kesan negatif. Biasanya digunakan ketika kita menganggap seseorang membuang waktu atau energi mereka untuk hal yang tidak penting. Contoh : どうしてわざわざそんなことをするの?/ Doushite wazawaza sonna koto wo suru no? / Ngapain sih kamu repot-repot (dengan sengaja) melakukan hal itu? (3) Selain itu, “wazawaza” juga bisa digunakan untuk diri sendiri ketika kita telah bersusah payah melakukan sesuatu tetapi hasilnya mengecewakan. Contoh : わざわざ銀行に行ったのに閉まっていた。/ Wazawaza ginkou ni itta noni shimatte ita. / Padahal saya pergi jauh-jauh ke bank tapi sudah tutup. Jadi, “wazawaza” memiliki makna yang berbeda tergantung pada bagaimana kita menggunakannya. Karena dalam nuansa tertentu “wazawaza” mungkin memberikan kesan yang tidak menyenangkan kepada pihak lain, jadi berhati-hatilah ketika menggunakannya. Semoga penjelasannya membantu menjawab pertanyaan di atas.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Apa perbedaan字書dan辞典?

A) Secara umum, 辞書 (Jisho) dan 辞典 (Jiten) keduanya diartikan sebagai kamus. Untuk perbedaannya, silahkan baca penjelasan lengkapnya di halaman ini ya!

Q) Konnichiwa, Karena belajar bahasa jepang otodidak masih suka bingung bab mana yang harus lebih dulu dipelajari, apakah ada urutan materi yang lebih mudah dipelajari dari sensei?

A) Jika kamu ingin mempelajari bahasa Jepang dengan serius, maka yang terpenting adalah kamu harus menyiapkan waktu untuk mempelajari dasar-dasar bahasa Jepang itu sendiri. Untuk langkah-langkahnya, bisa kamu lihat di di sini yaa.