Q) Gimana orang jepang membuat nama? kek maksudnya kan disana ada marga-marga, nah marga itu dikasih dibelakang atau didepan nama? dan tolong kasi contoh juga.

A) Selama beberapa dekade sebelum Zaman Meiji (1868~), pada dasarnya, hanya orang-orang berpangkat sosial tinggi saja yang diizinkan memiliki nama keluarga (myoji). Baru setelah Zaman Meiji, seluruh warga Jepang menggunakan marga atau nama keluarga (myoji). Sebagian besar dari mereka (orang biasa / tidak berpangkat tinggi) mengambil alih nama keluarga (myoji) yang dimiliki nenek moyang mereka sebelum warga biasa dilarang memiliki nama keluarga, tetapi ada juga yang memutuskan “myoji” sesuka hati, berdasarkan kemauan sendiri atau menyesuaikan dengan daerah. Selanjutnya, “myoji” umumnya didapatkan dari garis keluarga ayah. Adapun untuk perempuan, “myoji” mereka akan berubah mengikuti suami setelah menikah, karena tidak boleh memiliki dua “myoji” atau “myoji” yang berbeda (akhir-akhir ini penggunaan myoji suami untuk istri dikembalikan kepada kesepatakan bersama, apakah akan mengikuti suami atau istri. Namun, sebagian besar masih menggunakan nama marga suami). Pada dasarnya pemberian nama di Jepang adalah 1 nama asli + 1 nama marga, untuk penulisannya sendiri, jika ditulis dengan huruf Jepang “myoji” terlebih dahulu baru nama asli. Misalnya 山崎賢人 (Yamazaki Kento) -> Yamazaki nama keluarga (myoji) dan Kento nama asli. Jika ditulis dalam huruf alfabet secara internasional, umumnya nama kecil dulu baru nama keluarga, menjadi Kento Yamazaki. Namun saat ini, penulisan dalam alfabet tidak terlalu dipermasalahkan apakah nama keluarga terlebih dahulu atau nama kecil terlebih dahulu. Mungkin itu saja penjelasan singkat tentang marga keluarga di Jepang. Semoga penjelasannya bisa membantu menjawab pertanyaan di atas.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Langkah yang mudah belajar bahasa jepang untuk pemula?

A) Untuk yang baru belajar bahasa Jepang, kalian bisa mulai dari belajar huruf Jepang, yaitu Hiraganadan Katakana. Kemudian coba pelajari ungkapan salam sederhana ya! Setelah itu, kamu bisa mulai belajar dan menghafal kosakata bahasa Jepang! Lebih lengkapnya lihat halaman ini ya! 

Q) Seijin shiki itu kapan ya?

A) Seijin shiki adalah upacara atau hari kedewasaan. Ini diperingati setiap hari senin pada minggu ke dua di bulan Januari. Orang Jepangyang telah berumur 20 tahun akan dianggap dewasa, dan mereka akan mengikuti upacara ini. Perempuan biasanya memakai kimono, dan laki-laki biasanya memakai jas, atau ada juga yang mungkin memakai hakama.

Q) Saya berminat tinggal di Jepang. Mohon beritahu informasi mengenai Visa.

A) Ada berbagai macam jenis visa, dan jenisnya bisa berubah tergantung dari tujuannya. Untuk informasi mengenai Visa bisa kalian lihat dihalaman ini.