Q) Apa maksud kanji 「組」dari kalimat「みんな何組?」?

A) Sederhananya, “kumi” atau “gumi”「組」merujuk pada suatu “kelompok” atau “grup”, misalnya kelas di sekolah, suatu bagian tugas/divisi di suatu perusahan, dan kelompok lainnya. Perlu diketahui bahwa cara baca kanji「何組」ada dua, yaitu “nani gumi?” atau “nan kumi?” tergantung konteks kalimatnya. Jika sedang membicarakan mengenai grup berupa angka, maka cara bacanya adalah “nan kumi?”, yang artinya “kelompok/grup apa?”. Misalnya, “watashi wa ni-nen san-kumi no Tanaka desu”, artinya “saya adalah Tanaka, kelas 2-3”. Sederhananya, “kumi” itu merujuk pada 1, 2, 3 pada keterangan kelas X-1, X-2, X-3, dan lain-lain. Namun, jika grup yang dibicarakan bukan berupa angka, misalnya berupa huruf, warna, nama divisi, dan sebagainya, maka kanji akan dibaca “nani gumi?”, yang artinya juga sama, yaitu “kelompok/grup apa?”. Misalnya, “watashi wa ni-nen A-gumi no Yamada desu”, yang artinya saya Yamada, kelas 2-A”. Sederhananya, “gumi” itu merujuk pada A, B, C pada keterangan kelas 2-A, 2-B, 2-C, dan lain-lain. Untuk penjelasan lain mengenai “kumi” dan kosakata terkait lainnya, silahkan lihat penjelasan di halaman ini ya. 

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Belajar bahasa Jepang awal mulanya lewat apa?

A) Belajar bahasa Jepang bisa dimulai dari ungkapan salam sederhana dan huruf Jepang seperti Hiragana dan Katakana, ya! Setelah itu, cobalah mulai mengingat berbagai kosakata bahasa Jepang ya.. Selengkapnya lihat halaman ini yuk! 

Q) Kata どうも itu ada di pola kalimat apa saja dan bermakna apa ? Tolong jelaskan semuanya tentang itu.

A) Kata どうも (doumo) dalam kamus sering diartikan “terima kasih” atau “maaf”. Namun, sebenarnya maknanya luas sekali loh. Untuk jawaban lengkapnya bisa kamu baca langsung di halaman ini ya! 

Q) Saya tidak mengerti tentang partikel.

A) Mari kita belajar bersama di halaman ini !