Q) Konnichiwa, Karena belajar bahasa jepang otodidak masih suka bingung bab mana yang harus lebih dulu dipelajari, apakah ada urutan materi yang lebih mudah dipelajari dari sensei?

A) Saat mempelajari bahasa Jepang mungkin kamu akan bingung dari mana harus memulainya, apalagi jika kamu mempelajarinya secara otodidak. Jika kamu ingin mempelajari bahasa Jepang dengan serius, maka kamu harus menyiapkan waktu untuk mempelajari dasar-dasar bahasa Jepang itu sendiri. Langkah pertama yang harus kamu kuasai adalah huruf yang digunakan, karena ini nantinya akan memudahkanmu dalam mempelajari bahan materi ajar yang lainnya. Kamu bisa mulai mempelajari huruf Hiragana sebagai huruf yang paling umum digunakan, kemudian huruf Katakana sebagai huruf yang digunakan sehari-hari untuk kata-kata tertentu. Kemudian, kamu bisa mulai mempelajari Aisatsu (salam sapa) dan juga konteks penggunaannya. Setelah itu, barulah kamu bisa memperbanyak kosakata bahasa Jepang yang biasa digunakan sehari-hari sambil mempelajari tata bahasa dimulai dari yang paling dasar. Kosakata dan tata bahasa tersebut juga bisa kamu pelajari melalui berbagai aktivitas, seperti menonton, mendengarkan lagu, membaca buku, menulis karangan, atau bahkan mencoba berbicara dengan native jika kamu memiliki kenalan yang mumpuni. Sambil mempelajari kosakata dan tata bahasa, kamu bisa sambil mempelajari dasar-dasar huruf kanji. Untuk penjelasan lengkap mengenai langkah awal belajar bahasa Jepang bagi pemula, kamu bisa melihatnya di halaman ini yaa! Yang terpenting, jangan bosan untuk mengulang kembali materi yang telah dipelajari dan cobalah untuk mengaplikasikannya pada kehidupan sehari-hari agar tidak mudah lupa. Semangat terus belajarnya ya!

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Bagaimana cara agar tidak lupa berlatih kotoba dan perubahan kosakata?

A) Cara terbaik untuk berlatih kotoba (kosakata) dan bentuk perubahan kosakata dalam bahasa Jepang adalah dengan mengingatnya melalui kalimat. Selengkapnya lihat di halaman ini ya!

Q) Min aku mau tanya dong mengenai kalimat bentuk lampau. Apa bedanya penggunaan ~ていました dengan ~ました Terima kasih

A) Secara sederhana, keduanya memang digunakan untuk kalimat dalam bentuk lampau. Namun, memang nuansanya sedikit berbeda. Untuk perbedaannya bisa langsung dibaca penjelasannya di halaman ini ya!

Q) Kak, apa perbedaan partikel wa dan ga?

A) Penggunaan partikel wa dan ga dalam tatabahasa Jepang memang terkadang membingungkan. Untuk penjelasannya bisa langsung dibaca di halaman ini ya!