Q) Apa perbedaan antara 〜た/ 〜ました dan ていた/~ていました?

A) Secara sederhana baik 〜た/ 〜ました maupun ていた/~ていました merupakan tata bahasa yang digunakan untuk kalimat lampau. Apabila 〜た/ 〜ました menunjukkan bahwa sesuatu “sudah terjadi”, maka ていた/~ていました menunjukkan suatu keadaan yang sudah terjadi dan berlanjut dari suatu waktu hingga waktu tertentu. 〜た/〜ていた sendiri merupakan bentuk dasar yang umumnya digunakan sebagai bahasa kasual dalam percakapan, sedangkan 〜ました/~ていました digunakan sebagai bahasa yang lebih sopan dan halus. Penjelasan singkat mengenai perbedaan penggunaan kedua tata bahasa ini bisa dilihat di halaman ini. Semoga penjelasannya membantu menjawab pertanyaan di atas.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Kapan waktu penggunaan perubahan kosakata saat membuat kalimat?

A) Dalam bahasa Jepang terdapat berbagai bentuk perubahan kosakata, baik kata kerja maupun kata sifat. Saat ingin mengungkapkan kalimat lampau, maka kita perlu menggunakan bentuk lampau (kata kerja : mashita, kata sifat i : katta desu, kata sifat na / kata benda : dewa arimasen deshita, dan lain-lain). Untuk penjelasan lebih lengkap silahkan lihat halaman ini.

Q) Apa arti mou sugu dalam kalimat ini? もうすぐ春です

A) もうすぐ (mou sugu) dalam kalimat di atas diartikan “segera” atau sebentar lagi”. Untuk penjelasannya bisa dilihat di halaman ini.

Q) Makanan apa yang di rekomendasikan dan di atur oleh pemerintah Jepang untuk anak sekolah yang bagus untuk kesehatan dan kecerdasan anak ?

A) Pada dasarnya pemerintah Jepang, baik kementerian maupun lembaga pemerintahan dan sekolah tidak menetapkan apa yang harus dan wajib dimakan untuk kesehatan tubuh. Namun, pemerintah lebih menganjurkan untuk menerapkan pola makan yang baik (sesuai dengan jumlah yang diperlukan oleh tubuh dengan gizi yang seimbang). Penjelasan lengkapnya, silakan baca di halaman ini