Q) Apa maksud kata 「いただける」dari kalimat「見せていただけるんですー?」?

A) “Itadakeru” pada kalimat di atas berasal dari kata “itadaku”, yang merupakan bentuk hormat dari “morau” (menerima/mendapatkan). Adapun “itadaku” digunakan saat menerima suatu perlakuan dari orang yang sangat dihormati atau disegani. Sedangkan “itadakeru” pada kalimat “misete itadakerundesu(ka)” di atas memiliki makna bahwa “saya meminta kepada lawan bicara untuk diperlihatkan/ditunjukkan (sesuatu)”. Secara sederhana, kalimat ini menunjukkan bahwa lawan bicara memiliki sesuatu yang ingin kamu lihat, dan ketika kamu meminta lawan bicara memperlihatkan sesuatu tersebut kepada kamu, kalimat inilah yang kamu ucapkan “misete itadakerundesuka”, atau secara sederhana bisa diartikan “bisakah perlihatkan/tunjukan hal itu?”. Semoga jawaban ini bisa membantu. Untuk memahami penggunaan te morau, kamu bisa langsung baca di halaman ini ya!

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Langkah yang mudah belajar bahasa jepang untuk pemula?

A) Untuk yang baru belajar bahasa Jepang, kalian bisa mulai dari belajar huruf Jepang, yaitu Hiraganadan Katakana. Kemudian coba pelajari ungkapan salam sederhana ya! Setelah itu, kamu bisa mulai belajar dan menghafal kosakata bahasa Jepang! Lebih lengkapnya lihat halaman ini ya! 

Q) Mesjid terbesar di Jepang ada di mana?

A) Mesjid paling besar ada di Tokyo, yaitu Masjid Tokyo Camii .

Q) Bagaimana orang Jepang menyambut tahun baru?

A) Sebagian besar orang melewatkannya bersama keluarga di rumah. Banyak juga orang yang pergi untuk hatsumode (berdoa pertama kali di kuil di tahun baru) pada tanggal 1 Januari. Selain itu, orang Jepang juga makan Osechi dan Ozouni, yang merupakan hidangan khas tahun baru.