Q) Apa perbedaan 温まる (atatamaru) dan 温かい (atatakai)?

A) Sederhananya, “atatamaru” merupakan kata kerja, sedangkan “atatakai” merupakan kata sifat i, sehingga “atatamaru” bisa diartikan “(menjadi) hangat”, dan “atatakai” berarti “hangat”. Contoh kalimat dengan “atatamaru” adalah “suupu ga atatamaru made, mou sukoshi matte kudasai”, artinya “sampai supnya (menjadi) hangat” tolong tunggu sebentar lagi”. Contoh lain, “kono hon wo yomu to, kokoro ga atatamaru”, artinya “jika membaca buku ini, hati menjadi hangat”. Kemudian, contoh kalimat dengan “atatakai” adalah “atatakai uchi ni tabete kudasai”, artinya “tolong dimakan selagi masih hangat”. Contoh lain, “kare wa kokoro no atatakai hito da”, artinya “dia laki-laki adalah orang dengan hati yang hangat”. Untuk mempelajari lebih banyak mengenai kosakata bahasa Jepang, silakan lihat kumpulan kosakata dan kosakata JLPT N5 dan N4 itu ya. 

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Kak bahasa Jepangnya “kamu yang terbaik” apa kak?

A) Bahasa Jepangnya “kamu yang terbaik” adalah “anata wa saikou desu”. Selain itu, bisa juga menggunakan “ichiban” atau “subarashii”. Penjelasan lengkapnya bisa kamu lihat di halaman ini ya.

Q) Bagaimana bahasa Jepangnya perhitungan, contoh : 2+2=4, 2-2=0, 2×2=4 dengan 2:2=1?

A) Bahasa Jepang perhitungan untuk tanda “tambah” (+) adalah “tasu”, “kurang” (-) adalah “hiku”, “kali” (x) adalah “kakeru”, dan “bagi” (:) adalah “waru”. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini ya.