Q) Perbedaan sumimasen dan gomenasai?

A) Sumimasen dan gomennasai adalah 2 istilah yang umum digunakan untuk mengatakan “maaf”. Yang membedakan keduanya adalah “sumimasen” mengandung kesan yang lebih sopan dan formal. Sehingga “maaf” dengan “sumimasen” bisa digunakan dalam situasi apapun dan kepada siapapun, baik kepada orang terdekat, orang yang lebih tua maupun atasan. Sedangkan “gomennasai” lebih mengandung nuansa keakraban dan kedekatan, sehingga lebih umum digunakan kepada orang-orang terdekat seperti keluarga, teman sekolah, atau kerabat. Hal lain yang paling membedakan kedua kata ini adalah, “sumimasen” bisa digunakan untuk mengungkapkan hal lain seperti “permisi” dan “terima kasih”. Sedangkan, gomennasai lebih cenderung hanya digunakan untuk meminta maaf saja. Untuk penjelasan lebih lengkap tentang kedua kata ini bisa dibaca langsung di artikel sumimasen dan gomennasai ya!

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Belajar bahasa Jepang awal mulanya lewat apa?

A) Belajar bahasa Jepang bisa dimulai dari ungkapan salam sederhana dan huruf Jepang seperti Hiragana dan Katakana, ya! Setelah itu, cobalah mulai mengingat berbagai kosakata bahasa Jepang ya.. Selengkapnya lihat halaman ini yuk! 

Q) Saya ingin tahu tips agar bisa lulus JLPT.

A) Silakan baca halaman ini , dan coba ukur kemampuan JLPT kalian.

Q) Tempat rekomendasi untuk melihat bunga sakura?

A) Hampir di seluruh Jepang banyak sekali tempat bagus untuk melihat sakura! Di Tokyo ada Meguro-gawa (Meguro river), yang sakuranya sangat indah!