Q) Sebenaranya apa perbedaan 混んでいる dan 込んでいる?

A) 混んでいる dan 込んでいる merupakan bentuk “~te iru (dalam keadaan)” dari 混む (komu) dan 込む (komu). Kata “komu” sendiri sebagai istilah lama memiliki salah satu makna dasar di mana kata ini digunakan untuk menunjukkan “jam sibuk”. Di mana, “jam sibuk” ini menunjukkan “kepadatan” dan “keramaian”. Sebenarnya, awal penulisan Kanji “komu” sendiri adalah 込む, dan 混む merupakan Kanji baru yang disesuaikan dengan makna dari kata 混ぜる (mazeru / bercampur). Makna dasar dari 込む (komu) sendiri adalah sesuatu yang menunjukkan suatu pengerjaan dan mekanisme yang rumit, termasuk (ke dalam sesuatu), masuk (ke dalam sesuatu), atau keadaan tumpang tindih. Sedangkan 混む (komu) arti dasarnya adalah bercampur, dan secara umum mendeskripsikan keadaan orang dan barang yang berkumpul di suatu tempat ramai. Secara sederhana ada makna tersirat yang hampir sama antar kedua kata ini, yaitu “keadaan padat dan ramai”. 込む menunjukkan “kepadatan” karena adanya yang masuk dan saling betumpang tindih, sedangkan “kepadatan” dari 混む ditunjukkan dengan berkumpul dan bercampurnya orang atau barang. Dulu penggunaannya memang dibedakan, tetapi saat ini kedua Kanji ini digunakan dengan cara yang hampir sama untuk menyatakan “keramaian” atau “kepadatan”. Itulah penjelasan Kanji 混む dan 込む. Semoga bisa menjawab pertanyaan di atas.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Apa perbedaan決して,必ずdan絶対に?

A) Pada dasarnya 決して (kesshite), 必ず (kanarazu), dan 絶対に (zettai ni) digunakan untuk menyatakan kepastian atau ketidakpastian. Untuk lebih jelasnya silakan baca di halaman ini ya!

Q) Sebenarnya, apa artinya もの di dlalam kalimat?そういうものです 冬は寒いだものだ 早く暖かくなって欲しいものだ 彼もなかなかやるものだね

A) Makna “mono” dalam tatabahasa Jepang cukup banyak tergantung konteks kalimat yang disampaikan. Untuk lebih jelasnya, silakan baca di halaman ini ya!

Q) Saya ingin melihat momiji. Kapan musim terbaik untuk melihatnya?

A) Berbeda-beda tergantung tempatnya. Di Tokyo paling bagus melihat momiji itu sekitar awal November – awal Desember. Di tempat dingin seperti Hokkaido, munculnya lebih cepat sekitar pertengahan September – Oktober.