Q) Apa perbedaan引き出すdan引き出し?

A) Perbedaan 引き出し dan 引き出す yang paling mendasar adalah pada ‘kelas kata’ nya. 引き出し (ひきだし) termasuk ke dalam kelas kata benda, yang berarti “laci”atau “penarikan”. Sedangkan 引き出す (ひきだす) termasuk ke dalam kelas kata kerja golongan 1, yang berarti “menarik” atau “mengambil”. Kedua kata ini menggunakan kanji 引(ひ(く))yang berarti “menarik” dan kanji 出(で(る)・だ(す))yang berarti “keluar”, “meninggalkan (tempat asal)”, atau “pergi keluar”. Dalam konteks perbankan/uang, kedua kata ini sering digunakan. 引き出し dimaknai sebagai penarikan uang, sedangkan 引き出す dimaknai sebagai aktivitas menarik uang. Kamu bisa membaca kosakata lainnya juga yang berkaitan dengan uang di halaman ini untuk sekedar menambah wawasan ya. Semoga penjelasan di atas dapat membantu!

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Konnichiwa, Karena belajar bahasa jepang otodidak masih suka bingung bab mana yang harus lebih dulu dipelajari, apakah ada urutan materi yang lebih mudah dipelajari dari sensei?

A) Jika kamu ingin mempelajari bahasa Jepang dengan serius, maka yang terpenting adalah kamu harus menyiapkan waktu untuk mempelajari dasar-dasar bahasa Jepang itu sendiri. Untuk langkah-langkahnya, bisa kamu lihat di di sini yaa.

Q) Apa perbedaan妙danおかしい?

A) Baik 妙 (myou) maupun おかしい (okashii) bisa diartikan “aneh”. Namun, nuansa makna “aneh” dari kedua kata ini sedikit berbeda. Untuk lebih jelasnya, silakan baca di halaman ini ya.

Q) Apa perbedaan逃すdan逃げる?

A) Baik 逃す dan 逃げる ditulis dengan menggunakan huruf kanji yang sama, yaitu 逃(に‐げる、のが‐す、に‐がす・トウ)yang memiliki makna “kabur, bebas, melarikan diri, atau lepas”. Sedangkan makna dari 逃す(のがす) dan 逃げる(にげる) memiliki sedikit perbedaan dalam konteks pemakaiannya. Untuk penjelasan lengkapnya lihat di halaman ini ya!