Q) konnichiwa.shitsumon ga arundesuga. Penjelasan dari kata keterangan tokuni bagaimana ya kak ? Arigatou gozaimashita

A) 特に (toku ni) secara sederhana diartikan “khususnya” atau “terutama”. Pada umumnya, kata keterangan ini digunakan ketika ingin menunjukkan suatu hal yang “tidak seperti biasanya”, “beda dari yang lain”, “spesial”, atau “diperlakukan secara khusus untuk membedakannya dengan yang lain”. Selain itu digunakan juga untuk menggambarkan sesuatu yang sangat menonjol dibandingkan yang lain. Contoh : 彼はその問題を特に強調した。/ Kare wa sono mondai wo toku ni kyouchou shita. / Dia memberikan penekanan khusus pada masalah ini. 特に juga dapat digunakan dalam kalimat negatif untuk menekankan bahwa ada sesuatu yang tidak “sebanyak” yang pembicara harapkan atau memberikan nuansa bahwa tidak ada masalah atau hal penting tertentu yang perlu dibicarakan. Contoh : 特に言うことはありません。/ Toku ni iu koto wa arimasen. / Tidak ada yang khusus (penting) untuk saya katakan. Itulah sedikit penjelasan tentang “toku ni”. Semoga bisa membantu menjawab pertanyaan di atas.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Bisakah Sensei jelaskan macam macam penggunaan じゃない selain digunakan dalam kalimat negatif?

A) Pada umumnya じゃない digunakan dalam kalimat negatif kasual, tetapi bisa juga digunakan dalam bentuk untuk mengekspresikan konfrimasi. Untuk lebih jelasnya, silakan baca halaman ini ya!

Q) Untuk belajar kaiwa itu gimana ya Kak ?

A) Kaiwa secara sederhana diartikan sebagai “percakapan” dalam bahasa Jepang. Saat mempelajari bahasa Jepang, berlatih kaiwa alias percakapan menjadi salah satu cara untuk menguasai bahasa Jepang dengan lebih mudah. Penjelasan lengkapnya di halaman ini ya!

Q) Halo admin Kepo Jepang. Saya mau tanya hal apa saja yang perlu diketahui oleh tour gaido Indonesia terhadap kebiasaan turis Jepang secara umum. Terima kasih

A) Ada kebiasaan-kebiasaan yang dimiliki para turis asing termasuk turis Jepang yang berbeda dengan kebiasaan dan budaya orang Indonesia sendiri. Beberapa kebiasaan orang Jepang yang mungkin perlu untuk diketahui sebagai seorang Tour Guide kurang lebihnya bisa kamu lihat di halaman ini ya!