Q) Apa arti pola kalimat bentuk てところ?

A) Tidak ada bentuk てところ dalam pola kalimat bahasa Jepang. Bentuk pola kalimat ところ yang umum digunakan termasuk ke dalam tata bahasa JLPT N4, yaitu : kata kerja kamus+ところ (baru akan melakukan), kata kerjaている+ところ (sedang melakukan) dan kata kerja bentuk た+ところ (baru saja selesai melakukan). Akan tetapi jika yang dimaksud adalah ってところ, ini adalah kependekan atau singkatan dari といったところだ/というところだ (JLPT N1) yang artinya “berkisar”, “rata-rata”, “sekitar”, “sekedar”. Misalnya いったい何時に帰れるのかってところだ。Kalimat yang tidak disingkatnya adalah いったい何時に帰れるのかといったところだ (saya bertanya-tanya kira-kira jam berapa saya bisa pulang.)

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Belajar bahasa Jepang awal mulanya lewat apa?

A) Belajar bahasa Jepang bisa dimulai dari ungkapan salam sederhana dan huruf Jepang seperti Hiragana dan Katakana, ya! Setelah itu, cobalah mulai mengingat berbagai kosakata bahasa Jepang ya.. Selengkapnya lihat halaman ini yuk! 

Q) Bagaimana rumus menyusun dan mengartikan bahasa jepang? Apa kata sifat harus selalu di depan?

A) Mengartikan bahasa Jepang ke bahasa Indonesia sangat dipengaruhi oleh keberadaan posisi subjek, predikat, keterangan dan objek. Sedangkan untuk posisi kata sifat, tidak harus selalu di depan. Untuk lebih jelasnya, baca di halaman ini ya.

Q) Saya tidak mengerti tentang partikel.

A) Mari kita belajar bersama dimulai dari halaman ini !