Q) Ketika saya ingin mengatakan “bulannya indah” dalam bahasa Jepang, partikel apa yang seharusnya digunakan wa atau ga?

A) Partikel “ga” terkesan lebih baik untuk digunakan mengatakan “bulannya indah” dalam bahasa Jepang. Hal ini karena “tsuki ga kirei” memiliki makna bahwa bulan yang sedang dilihat pada saat malam itu indah, sehingga hanya menekankan fakta/kenyataan saat itu, sedangkan jika menggunakan partikel “wa”, maknanya berbeda, karena “tsuki wa kirei” memiliki makna mengungkapkan kesan secara umum bahwa bulan adalah sesuatu yang indah. Kata “tsuki” dengan partikel “ga” merupakan “subjek”, sedangkan dengan partikel “wa” merupakan topik pembicaraan. Untuk mengingat kembali fungsi partikel “wa” dan partikel “ga” silahkan lihat penjelasan mengenai partikel “wa” dan partikel “ga” tersebut ya.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Ohayou gozaimasu. apa itu godan verb, intransitive verb, transitive verb, interjection, ichidan verb, suffix, suru verb? Arigatou gozaimasu.

A) Di Kepo Jepang ada beberapa artikel yang menjelaskan kata kerja apa saja yang ada dalam bahasa Jepang. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini ya.

Q) Bagaimana cara penggunaan である ?

A) Meski sulit diartikan secara langsung, pola “de aru” maknanya dekat dengan kata “adalah”, “merupakan”, atau “yang merupakan”. Penjelasan lebih lengkap mengenai penggunaan pola “de aru” bisa dilihat di halaman ini.

Q) Kira kira gimana ya cara kita bisa tinggal di Jepang dengan jangka waktu yang lama,atau jadi warga negara, ada berapa aja kak caranya, contoh nikah ama orang jepang, terus ada lagi kak cara lain?

A) Selain menikah dengan orang Jepang, ada beberapa cara untuk bisa tinggal di Jepang dalam jangka waktu yang lama, misalnya adalah dengan bekerja atau kuliah. Untuk penjelasan lebih lengkap silahkan lihat halaman ini.