Q) Apa arti dari 「文学、英米、経済、社会学は文系で、理工学、科学とかが理系かな?伝わるかな?」?

A) Kalimat yang dibaca “bungaku, eibei, keizai, shakaigaku wa bunkei de, rikougaku, kagaku toka wa rikei kana? Tsutawaru kana?” tersebut berarti “Ilmu Sastra, Sastra Inggris, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial adalah bidang soshum, dan Ilmu Teknik serta Ilmu Pengetahuan Alam adalah bidang saintek? Apakah maksudnya tersampaikan?”. Kata “bungaku” artinya “Ilmu Sastra”, “eibei (bungaku)” artinya “Sastra Inggris”, “keizai (gaku)” artinya “Ilmu Ekonomi”, “shakaigaku” artinya “Ilmu Sosial”, “bunkei” artinya “bidang soshum”, “rikougaku” artinya “Ilmu Teknik”, “kagaku” artinya “sains/ilmu pengetahuan alam”, “rikei” artinya “bidang saintek”, dan “tsutawaru” artinya “tersampaikan”. Tata bahasa yang ada adalah partikel “wa” untuk penunjuk subjek, partikel “de” sebagai kata sambung, partikel “toka” untuk memberi suatu contoh, partikel “ga” untuk penekanan subjek, dan partikel “kana” untuk memperhalus suatu pertanyaan.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Belajar bahasa Jepang awal mulanya lewat apa?

A) Belajar bahasa Jepang bisa dimulai dari ungkapan salam sederhana dan huruf Jepang seperti Hiragana dan Katakana, ya! Setelah itu, cobalah mulai mengingat berbagai kosakata bahasa Jepang ya.. Selengkapnya lihat halaman ini yuk! 

Q) Apa arti dari「これから春休みが始まるまで学校はずっとお昼までなの!嬉しい」?

A) Cara terbaik untuk berlatih kotoba (kosakata) dan bentuk perubahan kosakata dalam bahasa Jepang adalah dengan mengingatnya melalui kalimat. Selengkapnya lihat di halaman ini ya!

Q) Kata “tamago” apakah selalu 「卵」? Bagaimana dengan 「玉子」, apakah artinya sama?

A) Kanji “tamago”「卵」dan「玉子」memiliki perbedaan makna, karena kanji「卵」 merujuk pada makluk hidup, sedangkan「玉子」merujuk pada bahan masakan. Penjelasan lebih lengkapnya, bisa lihat di halaman ini ya!